Harga Emas Hari Ini Masih Dipengaruhi Perang Dagang AS-China

harga-emas-hari-ini

Harga emas batangan Antam (PT Aneka Tambang TBK) mengalami penurunan pada 29 Agustus 2019. Harga jual emas Antam hari ini turun Rp 1.000 menjadi Rp 771 ribu. Namun sebaliknya, harga pembelian kembali (buyback) meningkat Rp1.000 dari Rp698 ribu per gram menjadi Rp699 ribu per gram pada hari ini.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp410 ribu, 2 gram seharga Rp1,49 juta, dan takaran 3 gram dijual dengan harga Rp2,21 juta. Harga dengan takaran 5 gram seharga Rp3,67 juta, emas seberat 10 gram senilai Rp7,28 juta, kemudian harga emas antam 25 gram dijual denga Rp18,1 juta, dan 50 gram Rp36,13 juta.

Kemudian, harga emas berukuran 100 gram senilai Rp72,2 juta, 250 gram seharga Rp180,25 juta, 500 gram dijual pada harga Rp360,3 juta, dan 1 kilogram senilai Rp705,6 juta.

Sebagai informasi tambahan, harga jual tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bagi pembeli yang tidak menyertakan NPWP memperoleh potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Harga emas Antam mengalami penurunan karena masih ada sentimen penguatan dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang terus berlanjut. Apalagi negosiasi kedua negara tak kunjung menemui titik terang, penurunan ini masih mungkin akan terjadi. Baik kekuatan ekonomi AS ataupun China memang bisa menjadi beban yang fluktuatif bagi komoditi logam mulia.

Namun, harga ini akan kembali menguat dalam beberapa hari berkat sentimen penurunan tingkat imbal hasil (yield) dari surat utang Amerika Serikat, US Treassury. Saat ini, yield US Treassury bertenor 10 tahun berada di kisaran 1,44 persen.

Perawatan yang Teratur

Emas merupakan alat investasi yang paling diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya, harganya tidak pernah turun dan cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Namun, untuk menjaga harga yang dijual di Antam tetap stabil ketika berada di tangan kamu, perlu dilakukan perawatan secara teratur. Hal ini perlu menjadi perhatian kamu yang berniat melakukan investasi emas. Pasalnya, warna komoditi ini bisa kusam dan memudar bila dipakai terus menerus.

Bila hal ini terjadi, maka mutu dan kualitas emas akan turun, harga jual kembalinya juga akan mengalami penurunan. Selain warna, perhiasan emas juga rawan rusak dan hilang. Oleh karena itu, bila sudah tidak dipakai lagi, lebih baik disimpan dalam wadah tertentu dan diletakan di tempat yang aman. Agar tidak gampang rusak, gunakanlah dengan hati-hati.

So, untuk generasi milenial, sebaiknya mulailah mengumpulkan perhiasan emas dari sekarang. Terlebih, harga emas 24 karat hari ini dan seterusnya tidak pernah mengendur.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait