Sebelum Gadaikan Emas, Cek Harga Emas Antam Hari Ini

Sebelum Menggadaikan Emas, Cek Harga Emas Antam Hari Ini di Pegadaian
Sebelum Menggadaikan Emas, Cek Harga Emas Antam Hari Ini di Pegadaian

Investasi emas memang menjadi salah satu pilihan investasi favorit. Salah satu sebab investasi emas menjadi pilihan adalah sifatnya yang mudah dicairkan saat dibutuhkan. Emas dapat dijual kembali atau mungkin digadaikan.

Pegadaian sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah yang kegiatannya di bidang usaha gadai dan juga sebagai lembaga resmi Perum Pegadaian dapat membantu mengelola aset konsumen yang digadaikan sesuai hukum yang berlaku. Salah satu barang yang mudah diterima di Pegadaian adalah emas, baik dalam bentuk koin, batangan, ataupun perhiasan. Namun untuk perhiasan, ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Untuk menentukan harga gadai emas Antam, tergantung pada harga emas antam hari ini di pegadaian. Sebagaimana jenis investasi lainnya, emas juga memiliki harga yang naik turun sesuai kondisi pasar. Jadi, sebelum kamu menggadaikan emas di Pegadaian, cek dulu harga emas hari ini dan hitung harga gadai emas di Pegadaian.

Menghitung Harga Gadai Emas di Pegadaian

Harga gadai emas tentu saja berbeda dari harga jual beli emas yang tertera. Pegadaian Indonesia sudah memiliki ketentuan, di mana nilai gadai emas merupakan 85% dari harga emas.

Misalnya kamu memiliki 10 gram emas batangan keluaran Antam. Sementara harga emas Antam hari ini di Pegadaian adalah Rp781.000 per gram.

Maka harga taksiran emas milikmu adalah 10 gram x Rp781.000 = Rp7.810.000

Sementara harga gadai adalah 85% X Rp7.810.000 = Rp6.638.500

Dengan perhitungan tersebut, maka kamu tahu bahwa harga gadai maksimal yang bisa diberikan oleh Pegadaian adalah Rp6.638.500.

Perlu diingat bahwa perhitungan tersebut hanya berlaku untuk gadai emas. Sementara untuk elektronik, memiliki ketentuan gadai yang berbeda.

Harga Emas Antam Hari Ini

Sebetulnya, ada beberapa perusahaan emas yang produknya beredar di pasaran. Namun, emas Antam yang merupakan perusahaan pemerintah memang terbilang memiliki popularitas paling tinggi. Oleh karena itu, harganya pun cenderung lebih tinggi dibandingkan emas UBS, King Halim, atau HWT.

Saat kamu hendak menggadaikan investasi emas Antam milikmu, maka penting untuk mengetahui harga emas Antam hari ini di Pegadaian. 

Per tanggal hari ini, Rabu (2/10/2019), harga emas Antam tidak mengalami perubahan dari harga pada hari Kamis (1/10/2019) kemarin. Sementara jika dibandingkan dengan harga yang berlaku pada hari Rabu (21/8/2019), harga emas cetakan Antam telah mengalami kenaikan yang lumayan.

Pada emas Antam ukuran 0,5 gram, pada hari Rabu (21/8) tercatat Rp414.000, sementara hari ini sudah menginjak di angka Rp420.000.

Anda bisa melakukan pengecekan harga emas langsung melalui website Pegadaian. Walaupun harga emas Antam hari ini di pegadaian masih sama dengan harga kemarin, tetapi belum tentu harganya masih sama dengan hari ini. Jadi, sebelum harga naik, mulai investasi emas sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait