Pajak

Jenis Eror DJP Online Pajak dan Solusinya

djp online

DJP Online e-Filing memang memudahkanmu untuk melaporkan pajak secara online. Dengan itu, kamu bisa menuntaskan kewajiban pajak yang dihadapi. Meski begitu, sebuah sistem, apalagi seperti sistem e-Filing DJP, pasti tidak lepas dari beberapa permasalahan atau eror saat diakses oleh para wajib pajak. Apakah kamu pernah mengalami hal itu?

Berikut ini rangkuman dari berbagai pengalaman wajib pajak yang mengalami gangguan atau masalah saat melakukan DJP Online e-Filing, disertai dengan solusi praktis untuk menghadapinya.

Permasalahan Saat Registrasi dan Log In DJP Online e-Filing

Di awal proses pelaporan pajak online, Kamu akan diminta untuk melakukan registrasi dengan menggunakan EFIN yang telah di aktivasi oleh KPP tempat Kamu terdaftar. Namun, bagi beberapa orang yang belum akrab dengan penggunaan internet, registrasi dan log in di laman e-Filing DJP justru bisa menimbulkan berbagai macam pertanyaan, seperti:

  • Bagaimana jika sudah daftar DJP Online e-Filing tetapi alamat email yang digunakan keliru? Tenang saja, kamu bisa daftar lagi dengan menggunakan alamat email yang benar.
  • Bagaimana jika tautan aktivasi tidak masuk ke email? Pada dasarnya masalah ini sudah jarang terjadi, namun apabila Kamu masih mengalami hal ini, jangan ragu untuk melakukan refresh halaman kotak masuk email Kamu atau mengecek di kolom spam.
  • Mengapa tautan aktivasi sudah diklik tetapi masih gagal melakukan registrasi? Kemungkinan besar internet Kamu sedang tidak stabil, tetapi cobalah meminta kirim ulang tautan aktivasinya dengan masuk ke halaman DJP Online pada bagian “Kirim Link Aktivasi”.
  • Apa yang harus dilakukan apabila kode verifikasi tidak sesuai atau salah? Pastikan server code yang ada di DJP online dan server code (kode server) yang ada di email Kamu sama. Silakan kembali ke kotak masuk email Kamu, periksa kembali email terakhir dan pastikan server code-nya sama. Apabila masih belum sama, kamu bisa mengirim ulang lagi kode verifikasi.
  • Bagaimana jika akses log in tidak bisa digunakan? Apabila kamu tidak bisa log in dengan alamat email yang telah terdaftar, cobalah untuk masuk menggunakan nomor ponsel yang didaftarkan dan password sesuai pendaftaran.
  • Bagaimana jika lupa password? Beberapa pengguna memang sering mengalami hal ini. Kamu tidak perlu panik. Kamu bisa menggunakan fasilitas lupa/ganti (reset) password pada halaman DJP Online.

Kesalahan Input Data pada DJP Online e-Filing

Permasalahan DJP online e-Filing lainnya yang juga sering dialami ialah adanya kekeliruan saat input data wajib pajak. Tak perlu terburu-buru pergi ke KPP tempat Kamu terdaftar untuk memperbaiki data sebab kesalahan ini dapat Kamu perbaiki secara online, sebagai berikut:

NPWP Bendahara/Pemberi Kerja Sudah Diisi, tapi Nama Tetap Tidak Muncul

Solusinya adalah dengan menghapus SPT kamu, kemudian keluar dari halaman DJP online e-Filing atau log out. Kamu bisa mengulangi lagi dari awal.

Mengecek Kelengkapan Isian SPT 1770 S

Periksa dan cek kembali isian SPT 1770 S dengan memastikan telah mengisi daftar harta dan bukti potong pajak.

Mengubah dan Menambah Data SPT yang Sudah Terkirim

Silakan buat SPT pembetulan dengan cara yang sama seperti saat Kamu membuat SPT sebelumnya.

Bukti Penerimaan Elektronik Tidak Muncul

Setelah lapor pajak online, kamu akan secara otomatis menerima BPE (bukti penerimaan elektronik). Namun, apabila tidak muncul silakan cek kembali menu e-Filing DJP Online. Jika sudah ada berarti pelaporan Kamu sudah masuk.

ID Billing Tidak Muncul

Usai mengisi dan menyimpan form Surat Setoran Elektronik (SSE), maka akan muncul halaman PDF ID Billing. Kalau ID Billing tidak muncul, silakan matikan pop up blocker di browser yang Kamu gunakan.

Memahami Error Status Code DJP Online e-Filing

Ada banyak penyebab yang membuat halaman DJP online eiling error saat Kamu mencoba untuk mengaksesnya. Jadi, tak ada salahnya jika Kamu mulai memahami macam-macam error status code dan solusi yang harus dilakukan saat menemukan hal tersebut. Silakan simak penjelasan lengkapnya berikut:

Server Not Found 404 atau Error 405

Kamu bisa melakukan refresh pada halaman DJP Online serta mengulangi tahapan log in.

Error 500 atau Error 502

Untuk mengatasi error yang satu ini, pastikan terlebih dulu apakah Kamu sudah terhubung ke jaringan internet, apakah koneksi internet Kamu stabil, serta Kamu telah menggunakan browser yang dianjurkan, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, atau Mozilla firefox. Apabila semua sudah normal, tetapi tulisan tersebut masih muncul, inilah yang dinamakan e-Filing DJP online sedang down.

Kode Kesalahan: REG008

Kamu akan mendapatkan pesan kesalahan ini saat log in dengan menggunakan NPWP yang sudah terdaftar. Silakan kunjungi halaman reset password DJP Online pada bagian lupa email lalu klik “Ya” dan jangan lupa masukkan alamat email aktif milikmu. Buka kotak masuk email, lalu klik tautan yang dikirimkan dan buatlah password baru. Kamu tak perlu mendaftar lagi.

Kode Kesalahan: SO002

Artinya, data tidak ditemukan atau dengan kata lain Kamu belum terdaftar di e-Filing DJP online. Silakan coba daftar kembali di halaman registrasi DJP Online.

Kode Kesalahan: SO004

Tulisan ini akan muncul apabila Kamu belum mengklik tautan aktivasi yang dikirimkan ke alamat email terdaftar.

Error Status Code: 0

Peringatan error ini akan muncul ketika Kamu akan submit SPT. Untuk mengatasi kesalahan ini, cobalah untuk melihat kembali data isian laporan harta Kamu. Jika ada yang nilainya nol, maka ganti nilainya.

Error 500 : java.lang.NullPointerException

Apabila menemukan kesalahan ini, silakan update profil Kamu terutama bagian nomor ponsel atau telepon yang didaftarkan.

Error 403 atau Error 405

Kamu tidak memiliki otoritas untuk akses layanan ini. Silakan clear cache browser Kamu dan restart komputer Kamu. Apabila belum juga bisa mendapatkan akses, mau tidak mau Kamu perlu datang ke kantor pajak terdaftar.

Error 732: Internal Server Error

Error ini terjadi saat koneksi internet Kamu tidak lancar. Tak perlu panik, cukup reload halaman browser Kamu.

Muncul Tulisan home?acces_token=nul Pada URL

Berbeda dari kondisi error atau kesalahan-kesalahan sebelumnya, apabila tulisan ini muncul saat Kamu mengakses e-Filing DJP Online, maka ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu Kamu terlalu lama membuka halaman situs tanpa melakukan aktivitas apa pun atau Kamu pernah log in menggunakan perangkat lain dan lupa log out. Untuk mengatasi hal tersebut silakan hubungi call center layanan DJP, yaitu Kring Pajak di nomor 1500200.

Itulah jenis DJP Online e-Filing yang eror saat kamu melaporkan pajak dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait