Investasi

Cek Kurs Mata Uang: Satu Dolar Berapa Rupiah di Tahun 2020?

1 dolar singapura berapa rupiah

Ajaib.co.id – Jika kamu hendak bertransaksi di luar negeri atau membeli barang dengan harga dalam dolar, maka kamu harus tahu dulu kurs 1 (satu) Dolar berapa rupiah 2020. Ada beberapa cara untuk bisa mengetahui kurs rupiah terhadap mata uang lain.

Era globalisasi membuat transaksi ekonomi saat ini tidak hanya berlangsung secara lokal atau domestik saja. Mulai dari traveling, jual beli, belajar, bekerja, bahkan berobat, tidak jarang membuat seseorang berhubungan dan melakukan transaksi ekonomi dengan pihak-pihak luar negeri.

Tentunya, dalam proses transaksi tersebut harus menggunakan mata uang setempat. Jika kamu hendak bertransaksi di luar negeri atau membeli barang dengan harga dalam dolar, maka kamu harus tahu dulu kurs 1 Dolar berapa rupiah 2020.

Perbedaan Kurs Jual dan Kurs Beli

Pada saat hendak menukar mata uang, kamu akan menemukan kurs jual dan kurs beli. Lantas, kurs mana yang harus digunakan? Berikut ini penjelasannya.

  • Kurs Jual: Kurs jual adalah kurs yang ditetapkan oleh penjual (bank atau money changer) pada mata uang yang hendak mereka jual. Misalnya, kamu hendak menukar uang rupiah yang kamu miliki, dengan Dolar. Walaupun kamu berada pada posisi hendak membeli Dolar, tapi kurs yang digunakan adalah kurs jual. Karena, kurs tersebut dilihat pada posisi penjual atau penyedia dolar, dalam hal ini bank atau jasa penukaran uang (money changer).
  • Kurs Beli: Sebaliknya, jika kamu memiliki dolar dan hendak menjualnya kembali untuk menukarkan dengan rupiah. Maka, kurs yang harus kamu lihat adalah kurs beli, karena posisi bank atau agen penukaran uang berada dalam posisi mereka membeli dolar milikmu.
  • Kurs Tengah: Kurs tengah adalah kurs antara jual dan beli, selisih antara kedua kurs itulah yang menjadi margin bagi penyedia jasa penukaran uang baik bank atau pun money changer.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui kurs 1 Dolar berapa rupiah 2020 saat hendak bertransaksi, pastikan kamu melihatnya dari sudut pandang bank atau money changer. Sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman saat melakukan transaksi.

Cara Cek Kurs Mata Uang Asing

Kurs jual dan kurs beli dari satu bank atau agen bisa berbeda dengan agen lainnya. Setiap agen memiliki perhitungannya sendiri. Walaupun demikian, kurs umum yang digunakan untuk melihat posisi mata uang suatu negara dari negara lainnya biasanya akan diambil kurs tengah. Kurs tengah ini bisa kamu dapatkan pada beragam sumber informasi.

Cara cek kurs mata uang asing bisa beragam. Bisa secara offline atau online. Untuk cara offline, kamu bisa datang ke bank atau money changer. Di sana, kamu bisa mendapatkan informasi pada kurs jual dan kurs beli pada hari atau jam tersebut.

Cek Kurs Mata Uang Asing Secara Online

Untuk mengetahui kurs mata uang asing kamu bisa menggunakan beberapa cara yang cepat dan praktis.

Menggunakan Mesin Pencari Google

Google Search Engine atau mesin pencari Google sudah menjadi sumber informasi cepat untuk berbagai bidang, termasuk keuangan. Untuk mengetahui kurs mata uang asing melalui Google sangat mudah.

  1. Lewat Google Asisten, kamu cukup bertanya dengan suara: “satu Dolar berapa rupiah 2020” dan Google Asisten akan segera memberikan jawabannya serta mengarahkan pada beberapa situs website terkait.
  2. Lewat Mesin pencari, kamu cukup mengetikkan kata kunci singkat 1 Dolar. Secara otomatis hasil pencarian Google akan memunculkan kurs terkini. Misalnya untuk hari ini (10 Juli):

1 Dolar AS (Amerika Serikat) = 14.462,15 rupiah

Google bisa memberikan informasi secara cepat dan tepat, dikarenakan Google menggunakan algoritma. Sehingga dapat mendeteksi tipe jawaban yang paling banyak dicari dan dibutuhkan pengguna. Dengan demikian, kata kunci singkat sudah bisa memberikan jawabannya.

Mengunjungi Website Investasi Keuangan

Cara selanjutnya untuk mengetahui kurs mata uang asing adalah dengan mengunjungi website investasi keuangan. Misalnya, seperti:

  • Website perbankan: bi.go,id, klikbca.com, uob.co.id, hingga bankmandiri.co.id
  • Website investasi: seputarforex.com, investing.com
  • Website konversi mata uang: in.coinmill.com, mataf.net, hingga curvert.com.

Website perbankan biasanya akan memasang informasi mengenai kurs jual dan kurs beli mata uang yang sering ditransaksikan. Sementara beberapa website lainnya, seperti website investasi dan konversi, menyediakan kalkulator untuk mengkonversi mata uang satu negara dengan negara lainnya secara lengkap.

Dengan kalkulator konversi, kamu bisa mengetahui satu Dolar berapa rupiah 2020 atau langsung menghitung dalam jumlah besar. Misalnya, mengetahui 165 Dolar sama dengan berapa rupiah.

Menggunakan Aplikasi Google Play

Selain mengunjungi website-website bank dan keuangan, kamu juga bisa cek kurs yang berlaku hari ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Google Play. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi yang terdapat di Google Play ke dalam ponsel milikmu.

Beberapa aplikasi bisa diakses secara langsung, beberapa mungkin harus registrasi agar bisa login. Buka aplikasi saat dibutuhkan, tentukan jenis mata uang yang hendak dikonversikan.

Jika kamu ingin mengetahui satu Dolar berapa rupiah 2020, maka pilih mata uang Dolar dan rupiah Indonesia. Masukkan volume mata uang yang hendak dikonversikan.

Salah satu aplikasi terbaik untuk digunakan adalah XE Currency Converter. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat bagi kamu yang aktif bertransaksi dengan berbagai mata uang.

Beberapa fitur yang terdapat pada XE Currency Corverter (XE CC) adalah:

  • Alat konversi mata uang berbagai negara dengan kurs tengah yang diupdate secara real time.
  • Data chart nilai tukar mata uang satu terhadap mata uang lainnya dalam durasi satu hari hingga 10 tahun belakangan.
  • Kalkulator kurs dimana kamu bisa mengetahui secara langsung kurs mata uang dalam jumlah banyak.
  • XE CC dapat digunakan untuk saling berkirim uang dengan bentuk mata uang berbeda kepada sesama pengguna.

Nah, setelah kamu mengetahui kurs dolar, kamu bisa memanfaatkan dolar yang kamu miliki untuk memulai investasi valuta asing. Investasi ini merupakan salah satu investasi yang menguntungkan, karena biasanya investasi ini memiliki imbal hasil yang cukup besar.

Selain investasi valuta asing, kamu juga bisa memilih instrumen investasi lain seperti reksa dana dan saham. Di mana, kedua investasi ini juga memiliki return yang besar dan memiliki risiko yang berbeda tiap instrumennya. Semakin besar return yang didapat, maka semakin besar juga risiko yang harus kamu terima. Sedangkan, semakin kecil risiko yang kamu terima, maka semakin kecil juga return yang akan kamu dapatkan.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Dengan Ajaib, kamu bisa memilih instrumen reksa dana dan saham sesuai dengan tujuan keuanganmu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi kamu di Ajaib sekarang!

Artikel Terkait