Pajak

Mengenal Lebih Dekat Cara Registrasi e-Filing Pajak.go.id

e-filing pajak.go.id

E-Filing pajak.go.id saat ini gaungnya sudah terdengar di mana-mana dan dimanfaatkan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Karena e-Filing pajak.go.id ini memang mempermudah kamu dalam membuat laporan SPT tahunan yang biasanya akan jatuh setiap bulan Maret di setiap tahunnya.

Kemudahan ini sendiri mulai ada sejak tahun 2016, dan setiap wajib pajak disarankan untuk mendaftarkan diri memiliki e-filing. Dengan adanya e-filing, sekarang melapor pajak pun sudah terintegrasi dengan baik.

Jika kamu belum memiliki e-filing, maka coba pertimbangkan manfaat yang akan kamu dapatkan ini ketika menggunakannya. Sebenarnya tidak ada kerugian yang kamu rasakan ketika bisa memiliki akses e-filing.

E-Filing Membuat Pelaporan Pajak Lebih Praktis

Dulu sebelum ada e-filing, para wajib pajak diharuskan melaporkan pajak dengan mendatangi langsung kantor pajak terdekat. Terkadang karena tidak sempat datang karena memiliki pekerjaan yang cukup padat, maka kamu pun datang ke kantor pajak ketika mendekati masa berakhirnya laporan.

Mendekati berakhirnya masa laporan biasanya membuat kantor pajak membludak, bahkan kantor pajak menyediakan tenda untuk wajib pajak yang ingin laporan pajak saking banyaknya yang mengantri. Sekarang dengan kehadiran e-filing, hal itu tidak perlu dihadapi lagi karena dengan e-filing kini sudah tidak perlu datang mengantri di kantor pajak untuk laporan pajak.

Lebih Hemat Waktu

Jika kamu adalah orang yang sibuk bekerja, maka kamu sekarang bisa tetap melakukan lapor pajak hanya melalui laptop atau PC milikmu. Selama ada koneksi, kamu bisa melakukan laporan di mana saja. Ini tentu lebih menghemat waktu daripada harus ke kantor pajak, dan kamu pun masih bisa bekerja sesuai dengan waktunya.

Fasilitas e-filing pajak.go.id yang dibuat oleh Direktorat Pajak Indonesia ini sudah sewajarnya kamu manfaatkan sebaik mungkin. Sekarang bisa dibilang para wajib pajak disarankan untuk memiliki e-filing untuk mempercepat proses laporan pajak.

Fitur yang Lengkap

Fitur yang lengkap ini maksudnya adalah ada perhitungan otomatis yang muncul ketika kamu memasukkan angka berkenaan dengan laporan pajak milikmu. Jadi, kamu tidak perlu menghitung sendiri karena sudah dihitung secara otomatis.

Kamu pun tidak perlu lagi pusing melakukan hitungan. Yang penting sekarang adalah mengisi laporan pajakmu dengan benar dan teliti. Setelah itu kamu pun bisa langsung mengirimnya tanpa ada gangguan.

Ketika melakukan laporan SPT melalui e-Filling pajak.go.id, agar terhindari dari koneksi terputus dan error selama proses laporan, sebaiknya kamu mengisi laporan SPT di jauh hari sebelum masa laporan pajak berakhir. Biasanya diberi waktu hingga tanggal 31 Maret. Akan lebih aman jika kamu melakukan laporan pajak di awal-awal bulan Maret. Biasanya koneksi akan lancar jaya.

Cara Registrasi E-filing di Website

Nah, setelah tahu manfaat dari e-Filing pajak.go.id, kini saatnya untukmu mengetahui bagaimana cara registrasi e-filing di website https://djponline.pajak.go.id/account/login.

Sebelum melakukan registrasi, kamu diwajibkan untuk memiliki nomor efin. Nomor efin ini yang akan digunakan ketika kamu melakukan registrasi secara langsung di website di atas. Untuk mendapatkan nomor efin, kamu diwajibkan mendatangi kantor pajak terdekat. Tidak perlu khawatir karena untuk mendapatkannya kamu tidak akan dikenai biaya dan tidak perlu mengantri juga.

Untuk pengajuan mendapatkan nomor efin, kamu diwajibkan membawa tanda pengenal seperti KTP dan kartu NPWP milikmu. Jika tidak membawa dua kartu itu, maka proses mendapatkan efin akan terhambat. Ketika sudah tiba di kantor pajak terdekat, ada formulir pengajuan mendapatkan nomor efin yang harus kamu isi.

Jangan lupa untuk mengisi formulir itu secara tepat. Jika kamu ingin semuanya beres dalam satu hari, biasanya petugas di kantor pajak terdekat juga akan membantu proses registrasimu agar lebih mudah. Jadi tak perlu ragu menerima bantuan mereka.

Nomor Efin

Nomor efin ini sebaiknya kamu simpan di tempat yang aman dan jangan sampai hilang. Karena jika kamu lupa password akun e-filing pajak.go.id milikmu, kamu diharuskan memasukkan nomor efin.

Sekarang, kamu sudah memiliki nomor efin. Ini adalah tahapan yang harus kamu lakukan.

  • Masuk ke Website Djponline.pajak.go.id
  • Nanti akan muncul nomor efin yang harus kamu isi, maka isikan kolom itu dengan nomor efin yang sudah kamu dapatkan.
  • Setelah itu ada kode keamanan yang harus kamu isi dengan nomor dan huruf yang benar.
  • Lalu kamu akan mendapatkan email konfirmasi, segera cek emailmu karena isi email itu adalah password sementara yang kamu gunakan untuk login di awal.
  • Setelah itu kamu bisa melanjutkan proses berikutnya, yaitu login di website e-filing pajak.go.id
  • Ada beberapa kolom yang harus diisi, yang pertama adalah isi kolom di atas dengan nomor NPWP milikmu. Ketika akan melakukan login berikutnya pun akan menggunakan NPWP milikmu.
  • Lalu, isi kolom password dengan password yang tadi sudah dikirimkan padamu.
  • Jangan lupa mengisi kode keamanan dengan huruf atau angka yang tepat.
  • Setelah itu kamu pun bisa melakukan login dengan benar.
  •  Sekarang kamu bisa langsung melakukan laporan pajak yang tersedia di akunmu.
  • Jangan lupa mengganti passwordmu dengan password baru yang bisa lebih kamu ingat. Namun, password ini tentu harus memiliki keunikan sehingga tidak bisa ditebak oleh orang lain ya..

Sekarang, kamu bisa melakukan pelaporan pajak tanpa khawatir terlambat atau tanpa khawatir salah hitung dengan memanfaatkan e-filing pajak.go.id.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait