Jenis Bunga Bank yang Dibebankan Ketika Mengajukan Cicilan

Jenis Bunga Bank yang Dibebankan Ketika Mengajukan Cicilan
Jenis Bunga Bank yang Dibebankan Ketika Mengajukan Cicilan

Ketika kamu sedang atau ingin membeli suatu barang atau produk, pasti kamu sering menemukan suatu label yang menginformasikan mengenai harga barang yang ingin dibeli tersebut. Jika kamu sudah memutuskan akan membeli produk tersebut.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran, setiap tempat perbelanjaan di Indonesia saat ini memiliki metode pembayaran yang berbeda-beda. Misalnya uang tunai, kartu debit, aplikasi uang elektronik, cicilan tanpa kartu kredit, dan kartu kredit.

Bagi kamu yang sedang atau ingin membeli produk idaman dengan cara cicilan, tentu saja kamu akan dikenakan bunga bank untuk setiap bulannya. Oleh karena itu, untuk mempermudah dan mengetahui jenis-jenis bunga apa yang dibebankan kepada kamu. Kamu bisa simak artikel menarik berikut ini terkait jenis bunga yang dibebankan ketika kamu mengajukan cicilan.

Bunga Mengambang (Floating Rate)

Jenis suku bunga mengambang biasanya dikenakan dan dibebankan kepada kamu ketika mengajukan KPR dan KKB. Bunga bank ini akan berubah-ubah atau naik-turun selama periode kredit mengikuti acuan dari BI rate.

Tentu saja dari bunga yang dibebankan kepada kamu tersebut, hal ini bisa bermanfaat negatif dan positif. Hal positif bisa kamu dapatkan ketika suku bunga acuan (BI rate) sedang turun, angsuran bunga bank yang kamu peroleh juga otomatis akan mengalami penurunan. Sedangkan kebalikan, jika BI rate sedang naik bunga bank yang dikenakan kepada kamu pasti akan naik juga.

Bunga Tetap (Fixed Rate)

Jika kamu dikenakan bunga tetap ketika mengajukan cicilan, kamu akan dikenakan bunga bank yang sama selama periode kredit kamu.

Misalnya kamu mengambil cicilan selama satu tahun dengan bunga bank 1%. Kamu akan terus dikenakan bunga bank 1% tersebut hingga periode cicilan kamu selesai.

Namun, hal disayangkan jika sewaktu-waktu terjadi penurunan drastis dari suku bunga acuan (BI rate). Dimana seharusnya itu menjadi keuntungan bagi kamu dengan semakin turunnya biaya angsuran per bulannya.

Bunga Efektif

Jenis bunga ini memiliki nilai beban bunga yang lebih kecil ketimbang bunga flat. Pada realitanya, suku bunga efektif sering digunakan pada kredit jangka panjang. Sama halnya dengan bunga mengambang, yang mana bunga efektif sering dijumpai ketika pengajuan pembelian rumah melalui KPR dan pembelian kendaraan bermotor lewat KKB.

Jadi, keuntungan bunga efektif yang diperoleh oleh kamu adalah angsuran setiap bulannya kian lama kian kecil saja dibandingkan dengan periode kredit sebelumnya.

Bunga Antusias

Suku bunga antusias merupakan hasil modifikasi dari suku bunga efektif yang dikenakan oleh orang yang mengajukan cicilan. Di mana, angsuran cicilan menurun seiring dengan berkurangnya sisa pinjaman, sedangkan biaya pokok per bulan juga mengalami kenaikan seiring dengan perubahan komposisi bunga bank.

Itulah 5 jenis bunga bank yang wajib kamu ketahui sebelum mengajukan cicilan, sehingga kamu tidak kaget jika ketika kamu menyicil nanti kamu dikenakan jenis suku bunga bank seperti di atas. Ini penting agar kamu memiliki wawasan perencanaan keuangan yang matang hingga akhir angsuran cicilan kamu selesai nantinya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait