5 Alasan Membuat Cantuman Lokal Google Bisnisku

Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah alat gratis yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pemilik bisnis dan pemasar sepertimu untuk mengendalikan bagaimana bisnismu ditampilkan di Google Penelusuran dan Maps. Dengan membuat daftar lokal Google My Business, kamu dapat memainkan peran penting dalam penempatan hasil mesin pencari kamu, ulasan online, dan keterlibatan dengan calon pelanggan kamu.

Jika kamu penasaran tentang cara membuat daftar lokal Google Bisnisku, coba cari di Google tentang Google Bisnisku. Jika kamu masih belum percaya dengan Google Bisnisku, lihat manfaat ini untuk membuat bisnis kamu online dengan Google.

1. Google Bisnisku Membuat Kamu Terlihat

Sederhananya, menggunakan Google Bisnisku meningkatkan visibilitas bisnis kamu di Google Search dan Google Maps. Banyak situs pihak ketiga (juga dikenal sebagai direktori pencarian lokal atau pengumpul data) mengandalkan Google untuk informasi bisnis kamu. Dengan melengkapi profil bisnis kamu, kamu meningkatkan peluang untuk ditampilkan di situs-situs tersebut.

Kamu juga memberi makan informasi berharga tentang bisnis kamu langsung ke Google, yang membuat kamu lebih relevan ketika seseorang mencari.

2. Google My Business Memastikan Konsistensi

Sekali lagi, kamu memasukkan informasi tentang bisnis kamu langsung ke Google, yang merupakan mesin pencari No.1 di dunia. Jadi memperbarui daftar lokal kamu di Google Bisnisku menjamin keakuratan informasi bisnis kamu di Google. Intinya, kamu memegang kunci kerajaan Google. 

Jika kamu pernah memindahkan bisnis kamu ke lokasi baru atau mengubah nomor telepon, kamu dapat memperbarui info hanya dalam beberapa penekanan tombol. Pastikan bahwa pelanggan kamu saat ini dan calon dapat menemukan kamu ketika mereka paling membutuhkan produk atau layanan kamu.

Menggunakan Google Bisnisku juga memungkinkan kamu memperbarui jam bisnis kamu, yang menjadi semakin penting selama bertahun-tahun. Konsumen menginginkan kepuasan instan, dan yang penting adalah mengetahui bahwa kamu terbuka untuk bisnis. 

Hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah menunjukkan bahwa kamu sedang online saat kamu benar-benar tertutup. Ini cara termudah untuk mengasingkan, membingungkan, dan kehilangan pelanggan.

Secara keseluruhan, konsistensi informasi ini sangat berharga untuk memastikan pelanggan menghubungi kamu pada waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini.

3. Google Bisnisku Memberikan Kesan Pertama

Google menciptakan istilah “Momen Mikro” yang menandakan momen di mana konsumen perlu tahu, pergi, melakukan, atau membeli. Konsumen memiliki kebutuhan dan akan mengabaikan loyalitas merek atau perusahaan untuk memuaskan merek tersebut secepat mungkin. Cantuman lokal Google Bisnisku menetapkan kesan pertama yang dapat membuat atau menghancurkan pengalaman pembelian.

Dengan mengunggah foto dan video ke profil Google Bisnisku, kamu mengatur panggung untuk konsumen, dan, jika kamu telah mengunggah konten yang tepat, beri mereka alasan untuk membeli dari kamu. Pertimbangkan mengunggah foto dan video dari:

– Produk dan atau layanan kamu yang kamu tawarkan.

– Tim kamu.

– Tempat bisnis kamu (jika kamu memiliki lokasi fisik).

– Armada layanan kamu (jika kamu memberikan layanan).

– Testimoni pelanggan dan banyak lagi.

Konten ini pasti akan membantu kamu untuk menciptakan kesan pertama yang kamu butuhkan untuk mendapatkan penjualan. Sebagai aturan praktis, kamu harus memiliki setidaknya 5-10 foto atau video untuk memulai dan terus menambahkan 3-5 foto atau video setiap bulan. Semakin banyak konten interaktif yang kamu miliki, semakin baik.

4. Google Bisnisku Mengambil Ruang Berharga

Dalam dunia pencarian, tidak ada ruang yang lebih berharga daripada halaman hasil mesin pencari (SERP). Jika kamu memiliki profil Google Bisnisku yang dioptimalkan sepenuhnya, maka kamu memiliki peluang besar untuk mengambil jumlah ruang yang luar biasa pada SERP .

Misalnya, lihat daftar lokal Google Bisnisku kami ketika seseorang mencari “Desainer Web” di dan sekitar wilayahmu saat ini. Seseorang yang mencari akan melihat foto atau video terbaru, ulasan yang luar biasa, dan lebih banyak informasi dan cara untuk menghubungi mereka untuk memulai proyek desain web dengan klien. Dengan berada di sana dalam momen-mikro itu, mereka memiliki peluang besar untuk memenangkan bisnis. 

5. Google Bisnisku Membantu Reputasi Digital kamu

Di dunia di mana konsumen membuat keputusan sepersekian detik berdasarkan kemampuan kamu untuk memenuhi kebutuhan mereka, kamu memerlukan ulasan online yang positif. Google Bisnisku memungkinkan pelanggan kamu meninggalkan ulasan Google yang akan muncul dalam pencarian. 

Jika kamu memberikan pengalaman pelanggan yang berkualitas, maka ulasan ini harus positif dengan empat atau lima bintang. Faktanya, 88 persen konsumen memercayai ulasan online sebanyak mereka melakukan rekomendasi dari teman atau anggota keluarga. Ulasan memang sekuat itu! Banyak pemilik bisnis khawatir, karena mereka merasa meminta ulasan akan membuka Kotak Pandora dan mengundang pengulas negatif.

Apa yang tidak dipahami oleh pemilik bisnis adalah ulasan negatif masih memberikan kesempatan untuk menunjukkan profesionalisme dan sikap positif kamu terhadap peningkatan pengalaman pelanggan kamu. Hal besar di sini adalah membalas setiap ulasan, apakah positif atau negatif. Untuk melacak ulasan kamu di Google dan situs lain di web, pertimbangkan alat seperti MyReviewDashboard.

Memulai dengan Google Bisnisku

Jadi begitulah. Google My Business adalah platform yang kuat, nilai tambah untuk bisnis kecil kamu. Dari meningkatkan visibilitas kamu hingga membuat kesan pertama yang kuat hingga membantu kamu mengelola reputasi digital kamu, kamu tidak dapat menyangkal nilai yang ditambahkan profil Google Bisnisku ke pemasaran digital kamu. Untuk memulai, buka http://www.google.com/business.

Jika kamu membutuhkan bantuan, saksikan daftar putar Google My Business Bigger Better channel untuk mendapatkan petunjuk dan tips yang bermanfaat.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait