Strategi Pemasaran Jitu untuk Menjalankan Bisnis Kecil

strategi pemasaran
strategi pemasaran

Semua bisnis membutuhkan strategi pemasaran. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan mengulasnya dalam himpunan di bawah ini.

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk memulai dan menjalankan usahanya sendiri entah itu dalam skala besar atau pun skala yang kecil. Ketika kamu memutuskan untuk membuka sebuah usaha atau bisnis maka kamu harus menyesuaikan budget yang dimiliki, selain itu tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah bagaimana pengembangan basis pelanggan melalui marketing dan pemasaran.

Teknis pemasaran yang baik merupakan bagian terpenting dari usaha sebuah bisnis untuk berhasil termasuk bisnis kecil dan baru. Bahkan teknik pemasaran ini dikatakan merupakan poin utama dan lebih penting peranannya daripada produk itu sendiri. Tidak jarang produk yang memiliki kualitas tidak begitu bagus sebenarnya namun jika dipasarkan dengan benar maka dapat menjadi sukses.

Pemasaran terdiri dari merek, promosi, iklan, dan hubungan masyarakat. Dalam strateginya, pemasaran juga berbicara mengenai produk, harga, promosi, dan penempatan. Jika kamu menerapkan cara dan strategi pemasaran yang baik maka bisnis yang kamu jalankan akan memperoleh pemasukan sesuai dengan yang diinginkan.

Tujuan utama dari sebuah pemasaran bukan hanya keuntungan sementara tetapi juga menancapkan nama serta strategi pemasaran untuk keuntungan dengan jangka panjang. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran untuk bisnis kecil milik kamu:

Riset Pasar

Hal ini merupakan dasar strategi yang perlu kamu lakukan dan kamu melakukannya bisa melalui survey, wawancara, kuesioner, dan lain sebagainya. Setelah itu buatlah analisis pasar untuk bisnis kecil milkmu. Melalui riset pasar, kamu dapat mengetahui berapa harga yang cocok dan layak untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Menetapkan Anggaran Pemasaran

Untuk membuat sebuah kemasan produk, promosi iklan, dan publikasi tentu saja membutuhkan dana. Alokasikan dana pemasaran kamu untuk hal-hal tersebut dengan membuat sebuah anggaran yang tersusun dengan rapih, selain itu sekecil apapun bisnis milikmu tentu saja kamu harus mempunyai anggaran untuk mempromosikan produk baik itu melalui brosur dan lain-lain.

Memasarkan Produk Dari Mulut Ke Mulut

Cara berikut adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari bisnis kecilmu. Kamu bisa memberitahukannya ke teman-temanmu ketika sedang berkumpul, keluarga, tetangga, dan sebagainya. Namun jika produk dan pelayanan bisnismu bagus tentu saja tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat mendorong mereka untuk memberitahukannya kepada orang lain baik lewat rekomendasi atau pun media sosial.

Perusahaan besar dan raksasa mungkin bisa menyalurkan ratusan atau ribuan dolar untuk memasarkan produk mereka kepada pelanggan baru dengan mudah, tapi bukan berarti pemilik bisnis kecil dan baru tidak bisa bertahan dalam permainan. Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan menghemat anggaran bahkan secara gratis. Berikut adalah beberapa caranya:

Menarik Pelanggan Melalui Content Marketing yang Kece

Saat ini era tekonologi digital tentu saja sudah menyebar luas, berbagai macam inovasi dilakukan termasuk dalam teknik pemasaran. Salah satunya melalui media sosial. Sebuah media sosial yang memiliki konten yang dikemas secara menarik akan memiliki dampak yang signifikan baik itu untuk bisnis besar atau pun kecil.

Konten yang menarik bisa dengan membuat artikel yang bermanfaat, video-video yang menarik, sebuah panduan infografis yang bersih dengan visual yang menakjubkan, dan mengaitkan dengan trend atau hal-hal yang sedang banyak diperbincangkan. Melalui konten-konten tersebut selain kamu dapat menginformasikan para pelanggan, kamu juga dapat menghibur pelanggan dengan cara unik dan praktis terlebih lagi sekarang kebanyakan orang mengetahui suatu brand hanya dengan scrolling di media sosial saja.

Gunakan Email Marketing

Menggunakan strategi pemasaran melalui email tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling hemat biaya. Selain itu kamu juga dapat mencapai potensi dan mengembalikan pelanggan secara sistematis dengan membangun hubungan dan menghasilkan penjualan.

Memanfaatkan Facebook Ads

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, media sosial menjadi wadah yang paling efektif dala mengembangkan pasar usahamu. Salah satunya melalui Facebook. Pengguna Facebook di Indonesia seperti dikutip dari kompas.com saat ini telah mencapai 150 juta orang sehingga apabila kamu memamerkan produk-produk yang kamu dagangkan di sana tentunya akan efektif.

Agar halaman bisnis milikimu mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur Facebook Ads adalah sebuah fitur yang memungkinkan profil bisnismu terpampang di halaman akun pengguna lainnya sehingga berkesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dan sebagai sarana promosi. Eits, namun Facebook Ads tidak gratis ya!

Karena kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menggunakannya tapi tenang saja biayanya dapat disesuaikan dengan jumlah klik dan jumlah pageview yang kamu inginkan kok!

Menggaet Pelanggan Setia di Media Sosial

Tidak hanya Facebook, jika kamu ingin bisnismu semakin berkembang maka manfaatkanlah segala platform media sosial. Ada banyak jenis platform media sosial yang dapat kamu gunakan sebagai sarana promosi dari Twitter, Instagram, hingga YouTube. Saat ini platform yang paling efektif digunakan dan banyak digunakan oleh semua kalangan adalah Instagram.

Melalui platform ini kamu dengan mudah memamerkan produk-produk yang kamu jual selayaknya etalase toko, bahkan banyak juga bisnis kecil yang juga lebih memilih menggunakan platform ini dibandingkan membuka toko asli. Selain itu kamu juga dapat menyisipkan keterangan mengenai produkmu dengan menggunakan caption serta informasi yang menarik dan jelas agar pelanggan tidak bertanya dua kali.

Jika ingin lebih mantap lagi kamu dapat menggunakan fitur Instagram Ads, agar produkmu muncul di halaman utama pengguna lainnya.Namun perlu diingat fitur tersebut juga tidak gratis lho ya!

Setelah berbagai usaha strategi pemasaran yang kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu evaluasi terhadap penjualan produk usahamu dan perhatikan penurunan dan peningkatannya. Apabila terjadi penurunan kamu bisa mencari cara baru untuk strategi pemasaranmu, apabila terjadi kenaikan maka pertahankan strategi pemasaran tersebut dan tingkatkan. Karena apapun jenis produknya jika pemasarannya salah sasaran dan tidak tepat maka penjualan pun tidak akan laku. Selamat berbisnis!

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait