Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Teknik Pemasaran Yang Harus Kamu Coba Dari Dulu

teknik pemasaran

Naik turun omset dalam menjalankan bisnis sendiri adalah hal yang wajar terjadi. Namun jika omset terus menerus turun dan tidak pernah naik. Pasti ada yang harus segera diperbaiki dan salah satunya adalah melakukan teknik pemasaran.

Pemasaran secara tepat akan kembali menaikkan omset bisnis mu yang sedang sepi. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa memasarkan suatu produk atau jasa merupakan ujung tombak bisnis untuk mencapai target.

Teknik pemasaran merupakan tahap demi tahap dalam memperkenalkan produk atau jasa yang kamu miliki kepada masyarakat luas. Dengan semakin banyak yang mengetahui produk mu, semakin besar pula kemungkinan seseorang mencoba membeli produkmu.

Berikut beberapa teknik untuk pemasaran yang seharusnya sudah kamu coba dari dulu:

Kenali Pelanggan dan Calon Konsumen

Sebelum kamu mulai melakukan pemasaran, hal penting yang harus kamu lakukan terlebih dulu adalah melakukan riset pasar untuk mengenal pelanggan dan calon pelanggan. Jika kamu sudah melakukan riset, kamu akan bisa memilih segmentasi pasar dengan tepat.

Kamu akan mengetahui produk seperti apa yang diharapkan masyarakat untuk produk yang kamu jual. Misal jika bisnismu membuat sepatu, kamu akan mengetahui bahwa masyarakat ternyata menginginkan sepatu yang kuat, tahan lama, enak dipakai dan tetap murah.

Jika kamu salah menentukan target pasar, kamu juga akan salah dalam menentukan target iklan. Kesalahan pemilihan target iklan akan membuatmu membuang uang tanpa timbal balik karena mereka tidak membutuhkan produk mu.

Melakukan Iklan dengan Tepat 

Jika kamu sudah mendapatkan data pada lapangan. Kamu bisa membuat iklan sesuai target pasar dengan segmentasi yang sudah ditentukan. Dengan begitu iklan yang kamu buat akan sampai orang-orang yang sesuai dengan segmentasi pasar mu.

Lakukan iklan secara berkala, bisa seminggu dua kali atau empat kali. Namun yang perlu kamu ingat, iklan tidak menjamin seseorang akan membeli barang hasil produksi mu. Iklan hanya memberitahu bahwa kamu memiliki produk tersebut beserta cara mendapatkannya.

Jika target pasar mu adalah anak muda milenial, hal tersebut akan lebih mudah menjangkau mereka. Karena kebanyakan milenial memiliki akun sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube dan seterusnya yang mendukung pebisnis untuk beriklan di dalamnya.

Memilih Tempat yang Strategis

Memilih lokasi untuk menjajakan produk merupakan hal yang susah-susah gampang. Setiap orang pasti menginginkan lokasi yang strategis. Namun harga sewa di tempat tersebut sudah pasti mahal. Maka dari itu pilihlah tempat yang mudah dijangkau dan mudah ditemukan.

Dengan begitu, ketika ada orang lewat, pasti akan menoleh, jika ada yang ingin datang ke lokasi juga mudah ditemukan. Tinggal share lokasi dan berikan titik acuan untuk meminimalisir Google maps meleset sedikit.

Jika kamu sudah rajin membayar iklan dan banyak orang tertarik pada produk mu. Pasti mereka akan menghubungi sekedar bertanya ketersediaan barang atau ingin ke lokasi untuk melihat-lihat. Jika lokasi mu mudah ditemukan dan dijangkau, itu salah satu keuntungan.

Membuat Hubungan Baik dengan Siapapun

Ketika kamu memiliki bisnis, jalinlah hubungan baik tidak hanya kepada pelanggan. Namun kepada siapa saja. Dengan begitu secara tidak langsung kamu sudah membranding produk dan nama brand mu akan mudah dikenal karena memiliki pelayanan yang baik.

Tidak hanya secara langsung, menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen bisa kamu lakukan juga di sosial media. Seperti merespon komentar netizen dengan komentar lucu dan merepost komentar pada story Instagram.

Kamu bisa memberikan potongan harga kepada pelanggan atau merchandise sebagai bentuk kenang-kenangan. Jangan segan juga untuk meminta kritik dan saran demi kebaikan bisnis yang sedang kamu jalankan. Jika saran yang diberikan sesuai, kamu bisa menerapkannya.

Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Biasanya seseorang akan tetap setia dengan produk yang sudah membuat mereka nyaman. Namun hal tersebut bisa dirubah jika ada teman yang merekomendasikan produk baru. Untuk melakukannya, kamu bisa minta testimoni dan foto diri dari pelanggan mu.

Testimoni beserta foto tersebut bisa kamu unggah ke Instagram brand mu dan menandai pelanggan. Otomatis foto tersebut akan muncul di akun Instagramnya. Jika mereka melakukan repost, secara tidak langsung kamu mendapatkan pemasaran secara gratis.

Cepat atau lambat, teman-teman dari pelanggan mu akan penasaran dan membuka profil sosial media brand mu. Jika mereka tertarik, mereka pasti bertanya dan secara tidak langsung pelanggan mu merekomendasikan kepada temannya-temannya.

Memaksimalkan Internet Marketing

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan sebagai teknik pemasaran adalah SEO atau Search Engine Optimization. Dengan menggunakan SEO website mu bisa muncul pada halaman pertama Google ketika mencari dengan kata kunci tertentu.

SEO sendiri masih dipakai sampai saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan traffic dalam website. Dengan SEO website mu akan semakin cepat dikenal oleh Google. Karena Google akan merekomendasikan sesuai yang dicari pengguna internet.

Itulah beberapa teknik pemasaran yang seharusnya kamu coba dari dulu. Namun jika kamu akan mencobanya saat ini, semuanya belum terlambat. Daripada kamu memulai usaha baru, lebih baik kamu mengoptimalkan usaha yang sudah ada.

Jika semuanya sudah kamu lakukan dan semuanya berjalan dengan baik sesuai rencana. Kamu harus mulai memikirkan cara untuk mengelola keuangan dengan baik. Dengan mengelola keuangan secara tepat, maka bisnismu juga akan berkembang.

Kamu juga harus membuat persiapan sebagai bekal untuk hari tua nanti seperti asuransi dan investasi. Untuk berjaga-jaga jika mengalami kejadian yang tidak terduga tiba-tiba datang dan mengganggu keuangan rumah tangga serta keuangan usahamu.

Bacaan menarik lainnya:

Prentice Hall. Kurtz, D. & L.E. Boone. (2006). Principles of Marketing. London: Thomson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait