Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Toko Bunga

bisnis toko bunga

Salah satu bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu adalah bisnis toko bunga. Walaupun bukan merupakan kebutuhan pokok, usaha jual beli produk bunga terbukti memiliki potensi cemerlang. Bahkan di tengah era perkembangan teknologi seperti saat ini.

Kalaupun ada dampak dari teknologi digital bagi bisnis toko bunga, maka itu adalah sebuah dampak positif. Karena, digital marketing yang terus berkembang, bisa menjadi jalan memasarkan produk pada konsumen yang lebih luas.

Kalau kamu ingin membuka bisnis florist ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memulainya.

Lokasi Strategis Bisnis Toko Bunga

Lokasi merupakan salah satu hal paling penting dalam membuka toko bunga. Biasanya, terdapat sebuah lokasi khusus tempat para penjual bunga berjualan berderetan. Kamu bisa melakukan survei beberapa lokasi tersebut yang memenuhi kriteria, termasuk masalah harga sewa.

Walaupun kamu tidak menemukan lokasi yang sesuai di lokasi khusus tersebut, kamu masih bisa membuka kiosmu di mana saja, selama menurutmu lokasinya strategis dan menjanjikan.

Miliki Keterampilan Merangkai Bunga

Buket, karangan bunga dan papan ucapan bunga merupakan sumber pemasukan besar bagi sebuah toko bunga. Kisaran harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per piece.

Oleh karena itu, saat hendak membuka usaha florist, penting bagi kamu menguasai keterampilannya terlebih dahulu. Kalau kamu belum bisa, maka carilah rekan atau pegawai yang memiliki keterampilan handal dalam merangkai bunga dan membuat papan ucapan.

Kenali Momen-momen Penting

Rangkaian bunga identik dengan perayaan pada momen-momen penting dalam hidup seseorang. Misalnya ulang tahun, kelulusan, pernikahan, hari raya dan lain sebagainya. Kamu harus bisa mengenali kapan momen-momen tersebut tiba. Misalnya pada saat masa-masa kelulusan, kamu bisa membuat promosi menarik untuk para pelajar.

Mulai Promosi Pada Orang Dekat Dan Kerabat

Kesulitan utama dalam memulai usaha baru adalah menemukan pelanggan. Maka kamu bisa memulai promosi dari orang-orang dekat dahulu. Misalnya tetangga, saudara, atau teman kantor. Dengan begitu bisnis toko bunga milikmu bisa mulai dikenali. Kalau kamu berhasil memberikan pelayanan yang terbaik, dengan senang hati pelangganmu tersebut akan mempromosikan bisnismu.

Cari Rekanan yang Potensial

Agar bisnis bisa semakin cepat maju, carilah rekanan-rekanan yang berpotensi meningkatkan keuntungan usahamu. Misalnya supplier bunga yang lebih murah, atau pemilik usaha Wedding Organizer yang bisa kamu suplai kebutuhan bunganya.

Manfaatkan Setiap Peluang Promosi

Promosi. Jangan pernah lewatkan setiap kesempatan mempromosikan usaha toko bunga milikmu. Promosikan produkmu melalui marketplace (tempat jual beli online) yang tersedia.

Selalu update dan tanggap melayani pertanyaan setiap calon pembeli. Kamu juga bisa mengikuti pameran wedding organizer, untuk menawarkan jasamu pada para calon pengantin yang datang ke sana. Promosikan produkmu di website tentang pernikahan, di grup sosial media dan lain sebagainya.

Konsisten

Satu hal yang pasti dalam menjalani sebuah bisnis, adalah tetap berkomitmen dan konsisten. Mungkin awalnya tidak mudah atau mendapatkan keuntungan besar. Tetapi jika kamu menjalani bisnis toko bunga dengan sepenuh hati, maka perlahan tapi pasti bisnismu pasti berkembang. Selama kamu terus belajar dan berusaha keras.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait