Ajaib

Langkah Investasi di Ajaib, Kenapa Penting Memahaminya?

Apakah kamu sudah download dan install aplikasi Ajaib di ponselmu tapi belum pernah berani untuk berinvestasi bersama Ajaib?

Hmm.. kalau begitu sepertinya kamu perlu memahami dulu langkah-langkah investasi di Ajaib. 

Semoga dengan memahami keseluruhan prosesnya akan memantapkan niatmu untuk membeli produk reksa dana sebagai instrumen investasi yang baik bagi kondisi keuanganmu di masa depan.

Kenapa harus berinvestasi di Ajaib? Karena Ajaib merupakan aplikasi investasi yang memudahkanmu untuk berinvestasi reksa dana secara online.

Selain itu, Ajaib juga memberikan rekomendasi reksa dana terbaik serta berbagai pelajaran terkait dunia investasi, agar semua orang dapat memiliki akses terhadap produk investasi yang aman, baik investor ahli dan berpengalaman maupun investor pemula.

Masih meragukan keamanan berinvestasi di Ajaib? Tidak perlu ragu lagi ya, Ajaib merupakan aplikasi investasi yang terpercaya dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Selain itu, semua dana investasi yang kamu setor di dalam aplikasi ini dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Lalu, uangmu juga disimpan di bank kustodian yang telah ditunjuk oleh masing-masing MI. Jadi bukan disimpan oleh Ajaib ya.

Tidak ada alasan kan untuk tidak berinvestasi bersama Ajaib? Namun, setiap calon investor yang ingin memulai langkah investasi di Ajaib harus memiliki akun terlebih dahulu. Jangan khawatir, proses pembuatan akun Ajaib sangat mudah dan tidak memakan waktu lama, kok.

Membuka Akun Ajaib sebagai Langkah Investasi Pertamamu

Ketika kamu membuka aplikasi Ajaib, kamu akan diminta untuk memasukkan data akunmu terlebih dahulu sebelum bisa mengakses berbagai fitur di dalam aplikasi. Namun jika kamu belum memiliki akun, kamu tinggal klik tombol ‘DAFTAR’.

Ini adalah halaman yang akan muncul ketika kamu pertama kali membuka aplikasi Ajaib pada ponselmu. Jika kamu belum memiliki akun, langsung saja klik tombol DAFTAR yang berada di kotak merah.

Setelah itu, kamu akan diminta mengisi beberapa data diri sebagai langkah awal pembuatan akun Ajaib.

Ini adalah langkah pertamamu untuk bisa memiliki akun Ajaib.

Selanjutnya, kamu sudah bisa masuk ke dalam aplikasi Ajaib tapi belum bisa melakukan transaksi hingga kamu selesai melakukan verifikasi email.

Jika kamu belum melakukan verifikasi akun dari email, kamu belum bisa memulai langkah investasi di Ajaib

Untuk dapat melakukan transaksi, segeralah verifikasi akunmu. Cek email yang dikirim oleh Ajaib dan klik tombol ‘Konfirmasi Email’.

Email verifikasi untuk melanjutkan langkah investasi di Ajaib

Setelah akunmu diverifikasi, kamu akan memasuki langkah investasi selanjutnya. Sesuai dengan ketentuan OJK, setiap investor yang ingin berinvestasi di reksa dana harus memiliki kartu identitas (KTP/SIM) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) agar dapat membuka rekening sebelum membeli reksa dana.

Oleh karena itu, penting untuk mengisi setiap kolom di bagian ini dengan akurat.

Langkah investasi awal di Ajaib adalah dengan memasukkan data diri yang diminta.

Nah, setelah mengisi data diri dengan benar, selanjutnya kamu perlu mengunggah foto KTP. Metode unggahnya, kamu bisa memilih foto KTP yang sudah tersimpan di galeri ponselmu, atau langsung mengambil foto baru KTP kamu saat itu juga.

Dalam tahap ini kamu juga diminta mengisi kolom bank yang kamu gunakan, artinya nomor rekening yang kamu cantumkan harus terdaftar dengan nama kamu, sesuai dengan nama yang tercantum di kartu identitasmu. 

Penting untuk diingat, jika kamu memasukkan nomor rekening yang terdaftar bukan atas namamu, terdapat kemungkinan munculnya kendala pada saat proses konfirmasi akun OJK maupun ketika proses transaksi nanti.

Pastikan memasukkan nomor rekening sesuatu dengan namamu di KTP/SIM untuk melanjutkan langkah investasi di Ajaib.

Setelah sistem memastikan bahwa nomor rekening bank yang kamu masukkan sesuai dengan nama yang tertera di KTP/SIM, tahap pembukaan akun selanjutnya akan lebih fokus kepada pengalaman investasimu.

Bagian ini juga tidak kalah pentingnya, karena dengan mengisi kolom pertanyaan yang tertera, sistem di Ajaib bisa membantumu menentukan profil risiko yang sangat penting bagi penerapan strategi investasi yang baik untuk masa depan keuanganmu.

Singkatnya, profil risiko ini nanti yang akan menentukan rekomendasi Ajaib mengenai reksa dana apa yang cocok untuk kamu, baik itu dari segi jangka waktu investasi (investasi jangka panjang/jangka pendek).

Kamu akan diminta menjawab pertanyaan perihal pendapatan bulananmu, gaya investasi, pengalaman berinvestasi, tujuan berinvestasi bersama Ajaib, serta sumber pendapatan yang kamu terima.

Mengisi data pengalaman investasi dengan akurat merupakan langkah investasi yang penting.

Jika semua tahap membuka akun Ajaib sudah kamu lalui, maka kamu resmi menjadi pengguna aktif Ajaib yang dapat melakukan transaksi dan siap untuk mulai berinvestasi di pasar modal. Yeay!

Memilih Produk Reksa Dana di Ajaib

Jika kamu adalah investor pemula, mungkin kamu akan kebingungan untuk memilih produk reksa dana yang tepat untuk mulai investasi. Tidak perlu khawatir, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang memiliki robo advisor dengan kemampuan memberikan layanan wealth management untuk membantumu menyusun portofolio investasi yang tepat dan sesuai dengan profil risikomu.

Pada bagian home di aplikasi Ajaib, kamu akan menemukan produk reksa dana pilihan yang direkomendasikan oleh Ajaib. Rekomendasi ini bisa saja berbeda-beda bagi setiap investor karena disesuaikan dengan data pengalaman investasi yang telah kamu isi dalam proses membuka akun.

Langkah investasi selanjutnya adalah memilih produk reksa dana sesuai dengan profil risiko.

Kamu dapat memilih salah satu produk reksa dana dari daftar rekomendasi tersebut untuk melihat rincian yang akan membantu kamu mengetahui informasi-informasi penting terkait produk tersebut.

Contohnya, jika kamu membuka rincian produk reksa dana dengan nama “Obligas Terbaik Pilihan Para Ahli”, maka kamu akan menemukan informasi yang terkategori sebagai Performa, Kalkulator dan Keterangan.

Dalam kategori Performa, informasi yang kamu dapatkan antara lain:

Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang merupakan harga wajar dari suatu produk reksa dana. Dengan kata lain, NAB adalah jumlah dana investor yang dikelola oleh Manajer Investasi dalam suatu produk reksa dana. NAB dihitung setiap hari bursa dan angkanya akan terperbarui secara otomatis di aplikasi Ajaib.

Return atau pengembalian investasi yang merupakan hasil investasi atau keuntungan yang kamu dapatkan sebagai investor.

Grafik Performa yang akan menunjukkan kinerja produk reksa dana tersebut dalam kurun waktu tertentu. Dalam aplikasi Ajaib, kamu dapat memantau kinerja produk reksa dana dalam satu bulan, tiga bulan, enam bulan, satu tahun, tiga tahun, hingga kinerja dari awal produk reksa dana tersebut diluncurkan hingga hari ini.

Investasi Utama, daftar instrumen-instrumen investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi dan terhimpun dalam suatu produk reksa dana.

Memahami detail informasi dari produk reksa dana tertentu memudahkan langkah investasi.

Sementara itu, kategori Kalkulator menyediakan fitur yang dapat membantu kamu menghitung return atau keuntungan investasi yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi di produk reksa dana tersebut, sesuai dengan modal awal dan kurun waktu investasi tertentu.

Langkah investasi yang memantapkan niatmu adalah dengan melakukan perhitungan kemungkinan return yang akan kamu terima.

Dalam kategori Keterangan, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih detail tentang produk reksa dana tersebut. Di dalamnya tercantum persentase alokasi aset, nama produk reksa dana tersebut di pasar modal hingga berbagai informasi terperinci lainnya seperti jumlah dana kelolaan, tipe investasi, level risiko reksa dana, tanggal peluncuran produk reksa dana, Manajer Investasi yang mengelola produk reksa dana tersebut, hingga nama Bank Kustodian yang ditunjuk oleh Manajer Investasi untuk menyimpan dana kamu.

Terdapat juga rincian biaya yang dibebankan kepadamu sebagai investor jika kamu berinvestasi di produk reksa dana tersebut.

Investasi di Ajaib bebas komisi, sehingga angka biaya setor dan tarik akan selalu 0 persen. Namun, setiap investor akan dibebankan biaya manajemen maksimal sebesar 2 persen untuk Manajer Investasi yang mengelola investasimu.

Jika ingin mempelajari lebih dalam tentang produk investasi tersebut, kamu dapat klik tombol prospektus dan fund fact-sheet. Kedua rincian investasi ini akan langsung dikirimkan ke email kamu sehingga kamu dapat membaca informasi mendalam terkait produk reksa dana yang kamu inginkan.

Setelah memahami semua informasi yang tersedia dan kamu telah mantap untuk berinvestasi di produk reksa dana tersebut, kamu dapat langsung menyetorkan dana investasimu dengan klik tombol “INVESTASI SEKARANG”.

Pelajari secara rinci setiap produk reksa dana agar semakin ringan menentukan langkah investasi.

Mulai Berinvestasi di Ajaib

Setelah kamu klik tombol ‘INVESTASI SEKARANG’, kamu bisa langsung memasukkan nominal dana yang ingin kamu investasikan. Jika memiliki kode promo, bisa juga memasukkannya di kolom yang tersedia untuk mendapatkan bonus investasi sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah itu, klik tombol ‘SETOR’.

Buat setoran pertamamu dan realisasikan langkah investasi.

Setoran kamu akan langsung diproses. Kamu perlu menyelesaikan transaksimu dengan melakukan pembayaran ke rekening bank Manajer Investasi yang tercantum di layar ponselmu. Jika sudah bayar, jangan lupa unggah bukti transaksi dengan klik tombol ‘Unggah Bukti Transfer’.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu membayar melalui rekening bank atas namamu sendiri, ya.

Selesaikan rangkaian prosedur transaksi agar unit reksa danamu segera diproses.

Memasuki langkah investasi ini, kamu dapat melihat status dari setiap transaksi yang kamu lakukan, apakah masih dalam proses atau telah terkonfirmasi. 

Perhatikan kurun waktu yang dibutuhkan bank kustodian dalam memproses transaksimu agar kamu tidak kebingungan di langkah investasi satu ini.

Setelah mengunggah bukti transfer, pesanan unit reksa danamu perlu diproses terlebih dahulu oleh bank kustodian. Transaksi kamu akan selesai dan mulai menghasilkan return paling lama dalam tiga hari kerja, Sabtu dan Minggu tidak termasuk loh ya.

Jika kamu mengunggah bukti transfer di hari Jumat sore (lewat dari pukul 13.00), transaksi mulai diproses di hari Senin.

Tersedia status deposit yang menunjukkan keseluruhan proses transaksi yang sudah kamu selesaikan.

Voila! Akhirnya transaksimu telah terkonfirmasi dan investasimu mulai menghasilkan return! Selamat ya!

Langkah investasi kamu telah lengkap! Investasimu bisa mulai menghasilkan return.

Jadilah investor yang bijaksana dengan selalu berinvestasi secara rutin, memantau kondisi pasar karena return bisa saja negatif dalam kondisi ekonomi tertentu.

Dalam kondisi tersebut, penting untuk tidak terburu-buru menarik investasimu. Ingat loh, berinvestasi dengan rutin dengan target jangka panjang berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, pastikan untuk menerapkan diversifikasi sebagai strategi investasimu.

Langkah investasi selanjutnya adalah belajar menjadi investor handal dan bijaksana dengan terus berinvestasi dan menerapkan metode diversifikasi.

Semangat berinvestasi!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait