Investasi, Reksa Dana

Pemahaman Profiling Nasabah; Kiat Sukses Investasi Reksa Dana

Ajaib: Pemahaman Profiling Nasabah Jadi Faktor Sukses Investasi Reksa Dana

Profiling nasabah adalah proses yang penting dalam dunia keuangan dan investasi. Maksudnya adalah proses menguraikan sikap dan perilaku seseorang dalam menggunakan uangnya. Dengan demikian, bisa dirumuskan produk perbankan atau investasi terbaik yang sesuai dan bisa dijalankan oleh orang tersebut.

Tidak semua orang cocok dengan investasi deposito atau model tabungan berjangka misalnya. Ada banyak faktor, entah itu keterbatasan dana atau memang kebutuhan finansial yang memang masih menggunung. Karena itulah dibutuhkan proses profiling tersebut untuk merumuskan mana yang paling sesuai.

Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam menganalis profil nasabah. Lembaga keuangan semua menerapkannya agar bisa mendapatkan saran terbaik, begitu pula penasihat keuangan profesional. Di sisi lain, orang awam biasanya sulit melakukannya untuk diri sendiri.

Jika kamu berniat memulai investasi pertamamu, paling tidak kamu harus mendapatkan analisi ini. Banyak orang melakukan self analyzing yang kemudian hasilnya tidak maksimal. Pasalnya, butuh sudut pandang objektif untuk mengetahui pola dan karakteristik investasimu.

Hasilnya inilah yang kemudian bisa menjadi gambaran portofolio investasi idealmu. Calon investor dengan rentang usia 20-an mungkin hanya memiliki kebutuhan tujuan investasi berupa uang muka KPR atau biaya pernikahan. Sedangkan pasangan investor usia 30-an mungkin sudah mulai berpikir lebih jauh soal biaya pendidikan anak atau tabungan haji.

Kamu bisa mendapatkan layanan profiling nasabah sederhana ini lewat aplikasi Ajaib. Tersedia tim ahli yang handal untuk membantumu memetakan kebutuhan dan strategi investasimu. Apakah kamu termasuk investor dengan risiko moderat atau jenis lainnya, semua akan dikupas tuntas oleh Ajaib.

Hasilnya kamu bisa mendapatkan rekomendasi terbaik untuk produk reksa dana yang harus dimiliki. Namun tentunya kamu juga harus memahami juga soal seluk beluk investasi reksa dana ini.

Profiling Nasabah, Cara Mendapatkan Strategi Investasi Terbaik

Ketika memikirkan investasi, salah satu yang terlintas adalah Reksa Dana. Sering terdengar, diperbincangkan dan dipromosikan, tapi kerapkali akhirnya terlewatkan dalam keraguan.

Salah satupenyebabnya adalah sulitnya pemahaman awam tentang kinerja Reksa Dana yang memiliki banyak faktor penentu, plus penalaran non-eksak. Namun dalam logika sederhana, kata Reksa artinya = PENJAGA, Dana artinya = UANG, Reksa Dana artinya = PENJAGA UANG.

Jadi investasi yang dipercayakan pada PENJAGA UANG akan terjamin keamanannya, apalagi ditambah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. Lengkapnya, Reksa Dana adalah wadah yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat pemodal, untuk diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

#Jenis-jenis Reksa Dana dan sifat-sifatnya

Berbeda dari model investasi lainnya, reksa dana memiliki banyak jenis dengan karakteristiknya masing-masing. Kamu bisa memilih mana satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kelebihan lainnya dari keragaman ini adalah kamu bisa melakukan diversifikasi investasi tanpa butuh modal maupun upaya yang terlalu besar.

Secara umum jenis reksa dana terbagi menjadi empat yakni:

1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa Dana pasar uang adalah reksa dana yang melakukan investasi pada instrumen investasi pasar uang, dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Resikonya relatif terendah dibanding jenis lainnya sehingga banyak investor pemula yang memiliknya.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa Dana pendapatan tetap adalah Reksa Dana yang menginvestasikan minimum 80% dari aktivanya dalam bentuk efek utang/obligasi, untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Resikonya relatif lebih besar daripada Reksa Dana pasar uang.

3. Reksa Dana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksa Dana campuran adalah jenis Reksa Dana yang mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio bervariasi. Instrumen investasinya adalah kombinasi saham dan obligasi, demi pertumbuhan harga dan pendapatan. Resikonya moderat dengan potensi tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dibandingkan Reksa Dana pendapatan tetap.

4. Reksa Dana Saham (Equity Fund)

Reksa Dana saham adalah jenis Reksa Dana yang menginvestasikan minimum 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas, untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Resikonya relatif lebih tinggi dari Reksa Dana pasar uang dan Reksa Dana pendapatan tetap, namun potensi tingkat pengembaliannya paling tinggi.

#Apakah Yang Kamu Harapkan Dari Investasi Reksa Dana?

Kunci sukses Investasi Dana Reksa ada pada kesesuaian sifat produk dengan profil nasabahnya. Sebagaimana karakter tiap individu tak ada yang sama, maka harapan dan ketakutannya pun berbeda-beda. Ada individu yang mendambakan untung besar dengan cepat, dan bersedia menanggung resiko apapun untuknya, maka tipe ini cocok dengan Reksa Dana Saham.

Sebaliknya, ada individu yang memilih keuntungan kecil yang stabil, asalkan terhindar dari resiko buruk, maka ia sebaiknya memilih Reksa Dana Pasar Uang. Begitu pula halnya dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Campuran, masing-masing punya karakter dan titik balance untung-rugi tersendiri.

#Seleksi Manajer Investasimu Adalah Kiat Suksesnya

Tak semua orang dilahirkan untuk menjadi ahli keuangan. Sebagai pemodal, memang sebaiknya kamu menyelami A to Z-nya bisnis, tapi jangan pusingkan diri dengan detail teknis yang “njelimet”. Kalau pun kamu memahaminya, mungkin tidak punya waktu untuk mengelolanya.

Karena itu, dedikasikan fokusmu untuk menyeleksi Manajer Investasi Dana Reksa terhandal, yang bisa menyelami impian finansialmu, guna mencocokannya dengan jenis produk Dana Reksa yang selaras. Kemampuan profiling nasabah Manajer Investasi inilah yang akan megantarkanmu ke kunci sukses berinvestasi Reksa Dana.

Ke mana mencari si Manajer Investasi handal itu? Browsing lah tentang berbagai merek Reksa Dana, lalu klik www.ajaib.co.id untuk jurus sakti pamungkasnya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait