Pemahaman Profiling Nasabah jadi Faktor Sukses Investasi Reksa Dana

Ajaib: Pemahaman Profiling Nasabah Jadi Faktor Sukses Investasi Reksa Dana

Penjelasan Sederhana Tentang Reksa Dana

Ketika memikirkan investasi, salah satu yang terlintas adalah Reksa Dana. Sering terdengar, diperbincangkan dan dipromosikan, tapi kerapkali akhirnya terlewatkan dalam keraguan. Salah satu penyebabnya adalah sulitnya pemahaman awam tentang kinerja Reksa Dana yang memiliki banyak faktor penentu, plus penalaran non-eksak. Namun dalam logika sederhana, kata Reksa artinya = PENJAGA, Dana artinya = UANG, Reksa Dana artinya = PENJAGA UANG. Jadi investasi yang dipercayakan pada PENJAGA UANG akan terjamin keamanannya, apalagi ditambah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. Lengkapnya, Reksa Dana adalah wadah yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat pemodal, untuk diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Jenis-jenis Reksa Dana dan sifat-sifatnya

Secara umum jenis Reksa Dana terbagi menjadi empat yakni:

1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa Dana pasar uang adalah Reksa Dana yang melakukan investasi pada instrumen investasi pasar uang, dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Resikonya relatif terendah dibanding Reksa Dana lain.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa Dana pendapatan tetap adalah Reksa Dana yang menginvestasikan minimum 80% dari aktivanya dalam bentuk efek utang/obligasi, untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Resikonya relatif lebih besar daripada Reksa Dana pasar uang.

3. Reksa Dana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksa Dana campuran adalah jenis Reksa Dana yang mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio bervariasi. Instrumen investasinya adalah kombinasi saham dan obligasi, demi pertumbuhan harga dan pendapatan. Resikonya moderat dengan potensi tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dibandingkan Reksa Dana pendapatan tetap.

4. Reksa Dana Saham (Equity Fund)

Reksa Dana saham adalah jenis Reksa Dana yang menginvestasikan minimum 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas, untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Resikonya relatif lebih tinggi dari Reksa Dana pasar uang dan Reksa Dana pendapatan tetap, namun potensi tingkat pengembaliannya paling tinggi.

Apakah Yang Anda Harapkan Dari Investasi Reksa Dana?

Kunci sukses Investasi Dana Reksa ada pada kesesuaian sifat produk dengan profil nasabahnya. Sebagaimana karakter tiap individu tak ada yang sama, maka harapan dan ketakutannya pun berbeda-beda. Ada individu yang mendambakan untung besar dengan cepat, dan bersedia menanggung resiko apapun untuknya, maka tipe ini cocok dengan Reksa Dana Saham. Sebaliknya, ada individu yang memilih keuntungan kecil yang stabil, asalkan terhindar dari resiko buruk, maka ia sebaiknya memilih Reksa Dana Pasar Uang. Begitu pula halnya dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Campuran, masing-masing punya karakter dan titik balance untung-rugi tersendiri.

Seleksi Manajer Investasi Anda Adalah Kiat Suksesnya

Tak semua orang dilahirkan untuk menjadi ahli keuangan. Sebagai pemodal, memang sebaiknya Anda menyelami A to Z-nya bisnis, tapi jangan pusingkan diri dengan detail teknis yang “njelimet”. Kalau pun Anda memahaminya, mungkin tidak punya waktu untuk mengelolanya. Karena itu, dedikasikan fokus Anda untuk menyeleksi Manajer Investasi Dana Reksa terhandal, yang bisa menyelami impian finansial Anda, guna mencocokannya dengan jenis produk Dana Reksa yang selaras. Kemampuan profiling Manajer Investasi Anda inilah yang akan megantarkan Anda ke kunci sukses berinvestasi Reksa Dana. Ke mana mencari si Manajer Investasi handal itu? Browsinglah tentang berbagai merek Reksa Dana, lalu klik www.ajaib.co.id untuk jurus sakti pamungkasnya!

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait