Investasi

Pengertian Investasi dan Jenis-Jenisnya yang Patut Diketahui

pengertian investasi

Ajaib.co.id – Secara umum, pengertian investasi adalah melakukan kegiatan penanaman modal pada suatu usaha, yang tujuannya adalah mendapatkan keuntungan seiring dengan untungnya perusahaan tersebut. Orang yang melakukan kegiatan investasi adalah investor. Saat ini investasi menjadi hal yang cukup sering dibicarakan karena sudah banyak peminatnya. Siapa saja yang memiliki modal, akan mampu melakukan kegiatan investasi.

Pengertian Investasi Menurut Ahli

a. Haming dan Basalamah

Investasi ialah pengeluaran saat ini untuk membeli aktiva real atau aset nyata seperti tanah, rumah, mobil, dan lain-lain, atau aktiva keuangan dengan tujuan mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa yang mendatang.

b. Mulyadi

Investasi menurut pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba atau keuntungan di masa yang akan datang

c. Sadono Sukirno

Menurut Sadono, investasi adalah pengeluaran yang dikeluarkan untuk menanamkan modal untuk membeli barang modal dan juga perlengkapan produksi yang bisa membantu perusahaan untuk menambah kemampuan perusahaan dalam memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Tujuan Investasi

Dulu investasi dikenal hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki uang melimpah sampai tujuh turunan, tapi sekarang siapa pun yang punya niat yang tinggi dan memiliki modal di bawah Rp1.000.000 pun bisa melakukan investasi.

Kegiatan investasi tujuannya adalah menguntungkan, tapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa saja mengalami kerugian. Jadi, mereka yang berinvestasi adalah orang-orang yang berani mengambil risiko. Namun, jika tidak berani mengambil risiko, pastinya tidak akan mendapatkan keuntungan yang didapatkan bukan?

Manfaat Investasi

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memulai investasi. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Financial Freedom

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi ketika kamu memiliki passive income yang dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Di mana, passive income ini bisa didapatkan dari return investasi yang kamu pilih. Sehingga, kamu tidak perlu bekerja atau mengejar karir untuk bisa hidup dengan nyaman.

Jika kamu memiliki investasi dengan return yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, kamu tidak perlu bergantung lagi pada pekerjaan untuk memperoleh pendapatan.

2. Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset

Dengan investasi, kamu juga bisa meningkatkan kekayaan dan nilai aset yang kamu miliki. Suku bunga yang ditawarkan oleh investasi bisa menambah kekayaan yang kamu miliki saat ini. Apalagi jika kamu melakukan investasi jangka panjang, kamu bisa merasakan efek compounding.

Secara sederhana, efek compounding atau bunga bergulung adalah kemampuan aset investasi yang menghasilkan keuntungan berkelanjutan. Istilah ini juga dikenal sebagai bunga berbunga. Efek ini bisa meningkatkan nilai aset dalam investasi yang sedang dilakukan.

3. Melindungi dari Inflasi

Investasi juga bisa melindungi diri dari inflasi. Di mana, berdasarkan sejarah, inflasi rata-rata Indonesia mencapai 8,2% per tahun. Jika kamu hanya menabung di bank, uang yang kamu simpan lama-lama akan habis karena bank hanya bisa memberikan return sebesar 0,5% hingga 1,5% per tahun.

Namun, dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan return paling kecil 5% untuk investasi deposito, dan lebih besar lagi jika kamu memilih investasi saham maupun reksa dana, yaitu hampir 10%-15% per tahun.

4. Memenuhi Kebutuhan yang Memerlukan Biaya Besar

Investasi dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan yang memerlukan biaya besar. Dengan melakukan investasi, kamu bisa mengumpulkan uang yang dapat digunakan untuk membeli kendaraan baru, rumah pribadi, atau mewujudkan impian untuk umrah. Kebutuhan-kebutuhan ini tidak dapat kamu wujudkan jika hanya mengandalkan tabungan apalagi pendapatan bulanan.

Jenis Investasi 

Investasi dapat digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan jangka waktunya yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek memungkinkan kamu sebagai investor mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun. Sehingga, kamu bisa memperoleh keuntungan dengan lebih cepat. Namun, jenis investasi ini hanya bisa memberikan return yang lebih kecil.

Investasi jenis ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Misalnya, rencana ganti gadget tahun depan, mempersiapkan dana liburan bersama teman-teman, mentraktir keluarga untuk makan dan jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Ada berbagai instrumen investasi jangka pendek yang bisa kamu coba mulai dari reksa dana dan investasi P2P Lending.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang lebih lama agar kamu bisa menikmati hasilnya. Di mana, kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tiga tahun, lima tahun, atau belasan hingga puluhan waktu yang akan datang.

Meski lebih lama, investasi jangka panjang memberikan return yang lebih tinggi dan bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan melakukan menginvestasikan uang pada instrumen investasi jangka panjang.

Biasanya, jenis investasi ini digunakan untuk mewujudkan tujuan jangka panjang seperti mempersiapkan dana pensiun, mempersiapkan dana pendidikan anak, dana pernikahan, dan masih banyak lagi.

Investasi saham menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang yang bisa kamu coba untuk investasi jangka panjang ini. Selain saham, kamu juga bisa mencoba berinvestasi logam mulia seperti investasi emas batangan.

Rekomendasi Instrumen Investasi Pilihan

Setelah mengetahui apa itu pengertian investasi, berikutnya adalah kamu perlu tahu rekomendasi investasi yang ada di sekitar kita. Investasi-investasi di bawah ini merupakan investasi yang sering dilakukan. Kamu bisa mengetahui pengertian investasi lebih jauh lagi dengan mengetahui berbagai macam rekomendasi investasi, mulai dari saham, emas, properti, reksa dana, dan masih banyak lagi.

a. Investasi Saham

Investasi saham merupakan investasi yang paling populer saat ini. Pengertian investasi saham adalah membeli saham sebuah perusahaan yang pada akhirnya ketika perusahaan itu meraih keuntungan, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan itu. Investasi saham bisa dikatakan sebagai investasi yang paling membawa keuntungan tinggi, tapi kerugiannya pun tinggi juga karena harga saham ini paling tidak menentu. Yang melakukan investasi pada saham memang orang yang siap dengan segala risiko.

b. Investasi Properti

Pengertian investasi properti adalah kamu melakukan penanaman modal pada sebuah bangunan atau bisa juga mendirikan sebuah bangunan yang nantinya bisa mendatangkan pemasukan. Yang paling umum yang bisa kamu lakukan adalah mendirikan indekos. Investasi properti ini adalah investasi jangka waktu yang lebih panjang karena bisa dilakukan selama bangunan tersebut menjadi milikmu. Namun, tetap ada biaya yang kamu keluarkan dalam waktu tertentu untuk melakukan perawatan bangunan. Agar bangunanmu tetap dilirik orang, tentu saja kamu harus merawatnya dengan baik. Jadi, kamu juga harus siap mengeluarkan uang berlebih,.

c. Investasi Emas

Salah satu investasi yang digandrungi banyak orang adalah investasi emas. Pengertian investasi emas adalah melakukan pembelian emas, baik emas batangan maupun emas dalam bentuk perhiasan, yang nantinya bisa dijual kembali. Penjualan tersebut sangat tepat dilakukan ketika harga emas sedang mengalami kenaikan.

Setiap investasi biasanya akan memiliki risiko. Begitu juga dengan investasi emas. Kamu harus menyimpan emasmu di tempat yang aman. Kalau bisa hanya kamu yang tahu di mana tempat penyimpanan itu karena riskan untuk kecurian. Paling aman jika kamu menyimpannya di bank yang menyediakan tabungan khusus emas.

d. Investasi Mata Uang Asing

Membeli mata uang asing adalah jenis investasi yang bisa jadi rekomendasi buat kamu. Di Indonesia, membeli mata uang asing sebagai alternatif untuk investasi sangat cocok bagi pemula. Biasanya kebantakan dari mereka akan membeli mata uang dollar Amerika (USD).

Kenapa harus dollar Amerika? Karena mata uang inilah yang dijadikan acuan oleh berbagai negara. Namun perlu diperhatikan bahwa USD bisa dijual dengan harga tinggi, namun juga tergolong sering mengalami penurunan nilai. Di mana, dengan investasi ini, keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari selisih konversi mata uang. Jadi, ketika kamu ingin memulai investasi ini cobalah melakukan monitor terhadap kurs mata uang sebagai nilai investasi kamu.

e. Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah salah satu produk bank berupa simpanan dengan jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga yang lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa. Tabungan ini menjadi salah satu investasi populer, khususnya bagi investor pemula.

Untuk memulai investasi ini, biasanya kamu diharuskan menyetorkan dana sebagai setoran awal, kemudian kamu bisa memilih jangka waktu simpanan, biasanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan, ini tergantung dari bank yang kamu pilih. Jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan, kamu akan mendapatkan penalti. Namun, ketika sudah jatuh tempo, kamu bisa mencairkan dana tanpa harus denda yang harus dibayarkan.

f. Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu tempat untuk berinvestasi dan menghimpun dana dari investor. Di mana, dana yang terkumpul akan diolah dan diatur oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi lainnya seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana merupakan jenis investasi aman, di mana manajer investasi yang mengelola dan aplikasi yang digunakan untuk membeli reksa dana telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir sumber dana yang tersimpan didalamnya akan hilang.

Sebelum memulainya, kamu harus mengetahui apa tujuan investasi yang bisa memotivasi kamu dalam menjalankan investasi. Biasanya, setiap tujuan investasi memiliki jangka waktu dan profil risiko yang berbeda.

Bagaimana? Apa kamu mulai tertarik dengan investasi? Kalau begitu kamu bisa memilih salah satu investasi di atas untuk memulai. Jangan lupa terus belajar untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk berinvestasi reksa dana ataupun saham, kamu bisa coba memulai investasi dengan mudah melalui aplikasi Ajaib!

Selain telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, kamu juga bisa berinvestasi kapan dan di mana saja secara online. Di Ajaib, kamu juga bisa mendapatkan bunga atau return lebih besar jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait