Rumah Tangga Masa Kini

Biaya Pernikahan: Apa Saja dan Bagaimana Cara Menyiapkannya?

biaya pernikahan

Ajaib.co.id – Menikah adalah impian setiap orang. Namun, untuk mewujudkannya tentulah tidak mudah. Banyak yang harus dipikirkan tidak hanya kesiapan mental, namun juga finansial. Biaya pernikahan merupakan satu hal yang sangat penting.

Biaya pernikahan juga membutuhkan dana yang cukup menguras kantong. Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah menikah tidak butuh modal dan niat saja, namun usaha nyata untuk mewujudkannya dengan biaya pernikahan yang mumpuni.

Kamu tentunya harus meyakinkan pasangan kamu untuk menyiapkan dana pernikahan, mendapatkan restu dan memilih konsep pernikahan yang sesuai dengan biaya pernikahan kamu.

Biaya pernikahan dengan dengan model resepsi pernikahan zaman kekinian, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar impian kamu terwujud tentunya kamu harus bersusah payah mengumpulkan dana dan biaya untuk kamu menikah agar dapat terealisasi dengan benar dan lancar.

Lalu, hal apa saja dan biaya apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengelola biaya pernikahan yang menjadi impian kamu ? Ini beberapa rincian biaya penting yang masuk dalam list biaya pernikahan yang perlu kamu ketahui rinciannya, antara lain :

Biaya Hantaran

Saat melakukan lamaran, tentu saja kamu harus mengetahui mengenai biaya hantaran ataupun biaya seserahan yang menjadi suatu bentuk tradisi turun-temurun yang saat ini kerap dilakukan ketika melalui prosesi acara pernikahan ataupun acara lamaran.

Pada umumnya, isi bentuk seserahan antara lain berupa perlengkapan sholat dan perlengkapan ibadah, perlengkapan pengantin wanita (pakaian pesta seperti kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make up dan juga peralatan mandi). Hantaran juga berisikan makanan dan buah-buahan.

Adapun estimasi daripada buaya hantran bergantung daripada isi, merk dan variasi yang diberikan. Hantaran paling sederhana memiliki biaya paling murah yakni sekitar Rp5 juta sampai dengan Rp10 juta.

Biaya Mahar atau Mas Kawin

Biaya mahar ataupun biaya mas kawin merupakan sebuah hal paling penting dalam sebuah pernikahan. Namun demikian mahar merupakan bentuk daripada harta yang diberikan oleh pengantin laki-laki kepada pengantin wanita. Umumnya mahar merupakan alat sholat atau alat ibadah bersama dengan logam mulia yang umumnya berbentuk cincin emas.

Biaya KUA

Menjalankan pernikahan di kantor urusan agama (KUA) tentu saja akan lebih murah daripada menjalankan pernikahan di gedung atau rumah. Namun, menikah di KUA tentunya hanya bisa dilakukan saat hari kerja dengan jam kerja. Biayanya juga cukup murah, dengan biaya Rp600.000.   

Biaya Cincin Kawin

Hal selanjutnya yang cukup penting sebagai bentuk dari biaya pernikahan adalah biaya cincin kawin. Jika kamu menemukan cincin kawin yang sesuai dan cocok dengan keinginan tentunya tidaklah mudah. Ada banyak pengantin yang cukup sulit dalam memilih cincin yang sesuai dengan keinginan, maka dari itu mungkin saja untuk memesan cincin yang sangat diinginkan dengan menyesuaikan model, bahan, berat dan mereknya.

Biaya Wedding Organizer

Jasa yang membantu kamu dalam menyelenggarakan pernikahan atau disebut juga dengan wedding organizer (WO) menjadi sebuah pilihan tepat tepat bagi semua calon pengantin yang sangat sibuk, sehingga memiliki waktu yang minim dalam mempersiapkan pernikahan.

Menggunakan jasa WO akan memberikan kamu kemudahan dalam menata konsep, gedung, dekorasi dan catering. Kamu juga tidak perlu stress mengenai persiapan pesta yang akan kamu lakukan karena jasa WO akan mengatur hingga detail persiapan acara resepsi pernikahan kamu.

Biaya Gedung

Biaya gedung cukup penting karena merupakan tempat dimana resepsi pernikahan akan diadakan. Gedung juga merupakan pilihan akhir jika saja menggelar pesta di rumah cukup sulit mengingat lokasi rumah tidak strategis, atau juga tidak ada lahan parkir bahkan mungkin kondisi yang tidak memungkinkan.

Dalam upaya mencari gedung untuk resepsi pernikahan tentunya harus memikirkan biayanya juga. Kamu harus memikirkan gedung yang memiliki cakupan lokasi strategis, lahan parkir dan luasan yang mencakup tamu undangan kamu. Kamu juga perlu melakukan booking pada gedung minimal 6 sampai dengan 1 tahun sebelum acara pernikahan.

Namun demikian kamu tak perlu khawatir biaya pernikahan untuk sewa gedung bisa juga dilakukan dengan mencicil. Melakukan cicilan umumnya banyak dilakukan para calon pengantin untuk memudahkan finansial dan pengeluaran biaya pernikahan termasuk persiapannya.

Biaya Katering dan Dekorasi

Biaya paling tinggi dalam melaksanakan pernikahan adalah biaya katering. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar dalam mempersiapkan biaya tersebut. Jangan sampai dengan harga murah catering tidak memiliki rasa yang enak, atau mengurangi biaya lalu kemudian catering harus ludes ditengah acara.

Dekorasi juga tidak kalah penting dimana pelaminan tempat kamu dan pasangan akan disalami nantinya harusnya memiliki dekorasi yang baik dan sesuai. Jangan sampai dekorasi membuat kamu dan keluarga malu karena bentuk tidak sesuai ataupun tidak enak dipandang mata.

Biaya Undangan dan Cenderamata

Undangan merupakan sebuah bentuk rasa hormat kamu kepada tamu. Undangan juga memiliki ragam jenis dari mulai harga mahal sampai dengan harga murah.

Untuk meminimalkan biaya pernikahan, undangan yang pada dasarnya hanya satu kali pakai tidak seharusnya mempunyai bentuk yang merogoh kocek terlalu dalam. Mengingat undangan pada akhirnya hanya akan berakhir di tong sampah bukan?

Souvenir pernikahan merupakan tanda mata atau cenderamata untuk para undangan yang menghadiri pernikahan kamu. Tentunya cenderamata harus mengesankan bukan?

Namun jika kamu memiliki keterbatasan dana dalam mengalokasikan untuk cenderamata maka ada baiknya jika tidak berlebihan dalam memberikan cenderamata. Pilihlah cenderamata yang sesuai dengan budget kamu, agar biaya pernikahan tidak terlalu besar.

Artikel Terkait