Rumah Tangga Masa Kini

Yuk Intip Rincian Biaya Pernikahan yang Perlu Dipikirkan!

rincian biaya pernikahan

Ajaib.co.id – Rincian biaya pernikahan adalah hal yang perlu kamu susun dengan baik jauh hari sebelum pernikahan akan berlangsung. Dengan melakukan rincian ini kamu yang akan menikah jadi tahu berapa biaya pernikahan yang kamu butuhkan.

Besar biaya pernikahan setiap orang itu berbeda, tidak harus sama karena ini adalah persetujuan kedua belah pihak. Yang penting kamu bisa melaksanakan pernikahan dengan lancar dan hari spesial itu bisa menjadi hari yang membahagiakan untukmu.

Menyusun rincian biaya pernikahan sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kamu tahu apa yang kamu inginkan. Lagi-lagi ini juga harus disepakati oleh kedua belah pihak agar semuanya berjalan dengan lancar. Estimasi biaya ini ini tidak harus ada semua karena sekali lagi kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang kamu mau.

Inilah rincian biaya pernikahan tersebut.

Seserahan

Seserahan merupakan sebuah tradisi yang dilakukan sebelum hari H pernikahan tiba. Di sini biasanya pihak mempelai pria mendatangi rumah pihak mempelai wanita, meminta izin pada orangtua mempelai wanita untuk menikahi putrinya.

Pihak mempelai pria pun akan membawa beberapa hadiah untuk mempelai wanita. Hadiahnya bisa apa saja. Kemudian setelah itu mereka bisa makan bersama. Biaya diperlukan beragam, sesuai dengan yang dibutuhkan. Kamu bisa menentukan biayanya mulai dari Rp2.000.000.

Mas Kawin

Rincian biaya pernikahan berikutnya adalah menentukan biaya mas kawin. Mas kawin biasanya dalam bentuk logam mulia, uang, seperangkat alat solat, dan cincin. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera. Biaya yang bisa kamu tentukan untuk mas kawin ini dimulai dari Rp1.000.000.

Biaya KUA

Ini adalah biaya yang sudah pasti akan kamu keluarkan. Pernikahanmu harus didaftarkan ke KUA agar diakui oleh negara dan segala urusan administrasi yang melibatkan negara nantinya bisa berjalan dengan baik.

Biaya untuk KUA sendiri memerlukan Rp600.000 saja, tapi ini belum termasuk biaya penghulu. Kamu bisa memberikan uang atau makanan kepada penghulu karena sudah membantu mengurus administrasi pernikahanmu.

Wedding Organizer

Agar tidak ribet untuk menyiapkan resepsi pernikahan, biasanya paling efektif menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurusnya. Wedding organizer biasanya bisa mengurus semuanya mulai dari penyediaan catering, penyediaan pengisi acara, penyediaan rias pengantin, penyediaan dokumentasi, dan hal lainnya.

Biasanya mereka menyediakannya dalam bentuk paket sesuai dengan jumlah orang yang kamu undang. Paket wedding organizer ini biasanya dimulai dari Rp10.000.000.

Gedung pernikahan

Untuk melakukan pernikahan yang lebih teratur dan di tempat yang lebih luas, biasanya gedung menjadi pilihan yang pas. Namun, kamu perlu mengeluarkan biaya khusus untuk penyewaan gedung. Harga penyewaan gedung biasanya bervariasi tergantung dengan kapasitas gedung, lokasi, dan kualitas gedungnya.

Kamu perlu booking gedung ini jauh sebelum hari pernikahan karena biasanya banyak orang lain yang ingin menyewa. Untuk biaya penyewaan gedung ini dimulai dari Rp5.000.000. Jika ingin lebih mengirit biaya, kamu bisa melakukan pernikahan di rumah saja.

Biaya Catering dan Dekorasi

Biaya catering dan dekorasi perlu kamu keluarkan secara khusus ketika tidak menyewa wedding organizer. Biaya catering tergantung dengan jumlah undangan yang kamu undang. Semakin banyak mereka yang kamu undang, maka semakin besar pula biaya cateringnya. Budgetnya bisa dipilih sesuai dengan paket. Dimulai dari Rp10.000.000 untuk undangan sebanyak 100 orang.

Dekorasi untuk pernikahan bisa kamu mulai dari Rp5.000.000. Dekorasi ini biasanya akan memakan biaya mahal apabila kamu menggunakan bunga-bunga asli.

Undangan dan Souvenir

Saat ini sebenarnya sudah cukup banyak undangan dalam bentuk digital. Tentunya untuk undangan dalam bentuk digital ini kamu bisa memangkas budget karena lebih murah. Namun, jika kamu lebih suka memilih undangan dalam bentuk cetak itu pun tidak masalah.

Kamu bisa mengunjungi percetakan terdekat untuk mencetak undangan ini. Biaya yang diperlukan untuk membuat undangan bisa dimulai dari Rp5.000 per kartu undangan. Semakin indah desain kartu undangan dan bagus kualitas undangannya, maka biayanya akan lebih mahal.

Untuk souvenir biasanya diberikan kepada undangan sebagai bentuk terima kasih dari para mempelai karena para undangan itu sudah bersedia menyediakan waktu untuk datang ke acara pernikahan mereka.

Souvenir ini bisa dalam bentuk apa pun, yang penting berkesan untuk undangan. Kamu bisa menentukan souvenirnya seperti buku catatan kecil, kipas, dompet, dan sebagainya. Biaya yang dibutuhkan dimulai dari Rp10.000 per souvenir.

Baju Pengantin dan Rias Pengantin

Kedua hal ini adalah hal yang wajib untuk disediakan. Biar lebih mengirit, kamu bisa menyewa baju pengantin di tempat penyewaan baju pengantin. Biasanya ada yang menyediakan paket juga bersama periasnya. Budget yang kamu keluarkan pun sesuai dengan kemampuan saja.

Atau jika kamu ingin memiliki baju pengantin dengan desain yang kamu bayangkan, kamu bisa membuatnya di penjahit baju pengantin profesional, tapi biayanya akan lebih mahal. Kamu perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp5.000.000.

Dokumentasi

Rincian biaya pernikahan yang lain adalah dokumentasi. Dokumentasi ini bisa dalam bentuk foto dan video. Biasanya tersedia juga dalam paketan. Dokumentasi ini akan membuatmu bisa mengenang hari indah yang tidak terlupakan itu, jadi sepertinya sudah menjadi keharusan bahwa dokumentasi harus ada. Biayanya bisa dimulai dari Rp5.000.000.

Seperti itulah rincian biaya pernikahan pada umumnya. Menentukan rincian biaya nikah memang sulit-sulit gampang karena kamu juga harus menyesuaikan dengan budget. Persiapannya sebaiknya dilakukan dari jauh hari agar nanti tidak kerepotan. Selamat menikah!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait