Saham

Cara Investasi Saham Online Modal Kecil Bagi Pemula

investasi saham online modal kecil

Ajaib.co.id – Bicara soal investasi, maka hal pertama yang dipikirkan adalah harus memiliki modal besar. Padahal, saat ini sudah ada investasi saham online modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Hanya dengan Rp100.000, kamu sudah bisa membeli saham. Investasi ini tentunya sangat cocok bagi pemula, terutama mahasiswa dan karyawan.

Seperti yang diketahui, Bursa Efek Indonesia (BEI) membuat gerakan dengan mengajak anak muda untuk berinvestasi saham. BEI pun juga merubah kebijakan 1 lot saham yang terdiri dari 100 lembar.

Satu lembar saham tersebut dijual dengan harga Rp100.000 saja. Sehingga, kamu bisa berinvestasi saham dan menjadi salah satu pemilik perusahaan publik dengan modal tersebut.

Sebagai orang awam, pastinya kamu khawatir dengan risiko yang akan diambil. Padahal, jika kamu berinvestasi dan berani mengambil risiko akan menghasilkan keuntungan yang besar di masa mendatang.

Kebanyakan orang berpikir, bahwa berinvestasi sangat rumit dilakukan. Selain itu, mereka juga berpikir jika investasi saham online modal kecil merupakan hal yang mustahil dilakukan. Jika dipahami secara mendalam, maka investasi saham cukup mudah dilakukan.

Cara investasi saham online modal kecil dapat membantumu di masa mendatang. Sebab, investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang status atau kedudukan. Namun, investasi saham membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi.

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia saham, berikut ini adalah cara investasi saham online modal kecil yang bisa kamu lakukan:

Cara Investasi Saham Online Modal Kecil

Memilih Sekuritas dengan Modal Kecil

Perusahaan sekuritas tentunya sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Perantara Pedagang Efek atau Penjamin Emisi Efek.

Agar dapat bermain saham, kamu hanya perlu membuka rekening efek di perusahaan sekuritas terkait. Nantinya, dalam rekening tersebut kamu akan menyetorkan uang. Dengan begitu, kamu bisa membeli saham yang diinginkan.

Jika kamu ingin bermain saham dengan modal kecil, maka bisa memilih perusahaan sekuritas dengan setoran awal di bawah Rp5.000.000.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan biaya atau transaksi yang ditawarkan. Biaya tersebut mencakup pembelian atau penjualan saham. Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas dengan biaya atau transaksi paling rendah.

Menggunakan Aplikasi Trading

Saat ini, kamu sudah bisa berinvestasi saham melalui smartphone. Sebab, sudah banyak aplikasi trading saham yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Melalui aplikasi tersebut, kamu dapat melakukan trading online di manapun dan kapan saja. Biasanya, aplikasi itu sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas terkait. Pastikan juga kamu telah memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi trading.

Pilih Perusahaan Publik dengan Tepat

Sebaiknya, kamu memilih perusahaan publik yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengunjungi laman resmi BEI. Nantinya, ada beberapa perusahaan BUMN yang menawarkan saham dengan modal kecil.

Perusahaan tersebut pastinya memiliki reputasi baik dan risiko yang rendah. Jangan sampai kamu memilih perusahaan yang nilainya fluktuatif. Jenis saham tersebut umumnya dapat dimanipulasi oleh investor bermodal besar.

Memilih Satu atau Dua Perusahaan

Cara investasi saham online modal kecil lainnya adalah memilih saham di perusahaan yang sudah dikenal luas. Kamu dapat memilih atau mencari saham di bawah Rp1.000 per lembarnya.

Sebagai permulaan, kamu bisa memilih satu atau dua perusahaan. Cara bermain saham ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

Kamu dapat mengunjungi laman resmi BEI yang telah menyeleksi perusahaan terdaftar. Dengan begitu, kamu hanya perlu memilih perusahaan dengan kinerja baik dan sesuai dengan modal yang kamu miliki. Jika sudah berpengalaman, maka kamu bisa membeli beberapa saham lainnya.

Memantau Pergerakan Ekonomi

Cara lainnya adalah memantau pergerakan ekonomi di dalam dan luar negeri. Dengan memantau situasi pasar saham, kamu sudah bisa memperkirakan pergerakan saham yang dimiliki.

Saat kondisi pasar saham stabil, maka kamu sudah bisa berinvestasi saham baru. Jika kondisi pasar saham buruk, kamu harus menahan diri untuk membeli atau menjual saham. Memahami pergerakan saham juga penting, karena hal itu menjadi faktor naik turunnya nilai saham.

Memilih Indeks Saham

Indeks saham adalah portofolio yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar. Saat indeks saham naik, maka harga dari sebagian besar saham diukur melalui indeks tersebut.

Jika indeks saham turun, maka sebagian besar saham konstituen bergerak turun juga. Bagi kamu yang masih pemula, bisa memilih saham yang tergabung di dalam indeks LQ45 atau IDX30.

Indeks LQ45 adalah indeks yang mengukur performa harga dari 45 harga saham dengan likuiditas tinggi dan didukung oleh beberapa perusahaan fundamental yang baik.

Sementara untuk indeks IDX30, mengukur performa harga dari 80 saham dengan likuiditas tinggi yang didukung oleh fundamental perusahaan baik.

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, investasi saham online modal kecil memang sangat menarik untuk dilakukan. Untuk memulainya, kamu hanya perlu mengetahui tips berinvestasi saham yang cocok bagi pemula. Berikut ini adalah penjelasannya:

Membeli Saham dengan Fundamental yang Baik

Biasanya, saham yang dibeli adalah saham blue chip. Jangan sampai kamu tergiur dengan saham yang pergerakan harganya tidak jelas. Sebaiknya, kamu memilih saham blue chip. Sebab, saat pasar saham terkoreksi, maka saham ini juga ikut terkoreksi. Setelah pasar saham stabil, maka saham blue chip akan bergerak naik lebih cepat dibanding lainnya.

Melakukan Diversifikasi

Kamu dapat membeli beberapa jenis saham untuk meminimalisir risiko yang terjadi. Dengan memiliki banyak saham, maka risiko kerugiannya sangat kecil dibanding membeli satu saham saja.

Jika satu saham milikmu kinerjanya menurun, maka saham lainnya bisa mengalami kenaikan.

Belajar Menganalisis

Kamu juga perlu mengetahui analisis saham agar dapat menentukan keputusan untuk menjual atau membeli saham. Kamu dapat mempelajari analisis teknikal profit maksimal dan analisis teknikal fundamental saham.

Itulah cara investasi saham online modal kecil bagi pemula. Hanya dengan Rp100.000, kamu sudah bisa membeli dan berinvestasi saham. Selain modalnya kecil, kamu juga bisa belajar banyak soal saham jika berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait