Sebelum Memulai, Ini Keuntungan dan Resiko Investasi Emas

Harga Emas Amblas, Saham Antam Malah Raup Keuntungan
resiko investasi emas

Emas adalah salah satu solusi investasi tertua yang disukai oleh banyak orang. Investor dari seluruh dunia memiliki teori dalam pikiran mereka bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga uang mereka aman daripada membeli emas. Sebuah batangan emas dapat menggantikan uang mereka dengan bentuk yang lebih sederhana dan mudah dihitung atau lihat. Padahal, ada resiko investasi emas yang mengintai lho.

Seperti investasi lainnya. Pastinya ada keuntungan ataupun resiko investasi emas. Jangan terburu-buru apa lagi memulai tanpa perhitungan. Untuk itu, ada baiknya pelajari dulu apa saja keuntungan dan resiko investasi emas.

Keuntungan Investasi Emas

Jenis berinvestasi yang paling tua dia dunia ini memiliki beberapa keuntungan bagi para investor yang memilih jalur ini, antara lain:

Investasi Yang Berbentuk Nyata

Berinvestasi emas memiliki kelebihan membeli sesuatu yang nyata, yang artinya bisa kamu lihat dan pegang secara langsung. Biasanya, kebanyakan orang akan membeli emas yang bisa mereka pakai sehari-hari (berbentuk perhiasan), namun ada juga yang lebih menyukai emas murni batangan yang bisa mereka simpan sendiri.

Ada Saat Kebutuhan Yang Mendadak

Selain nyata dan dapat disimpan sendiri, menabung dan berinvestasi emas dapat memudahkan seseorang menjualnya saat dibutuhkan di waktu yang mendadak. Jika terdapat kebutuhan yang tiba-tiba, emas bisa dijual di retail yang melayaninya. Hal ini juga yang membuat berinvestasi emas dipilih menjadi jenis investasi hingga saat ini.

Resiko Investasi Emas

Selain keuntungan yang didapatkan, ada juga resiko yang bisa dirasakan oleh seseorang yang memilih emas sebagai jenis investasinya:

Tidak Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Menabung emas berarti membeli sebuah perangkat yang tidak akan menghasilkan keuntungan walaupun kamu menyimpannya baik-baik, kecuali jika kamu menjualnya. Apalagi jika kamu lihat harga pasar emas yang tidak pasti, kadang harga emas yang tinggi tapi ada juga saat harga emas berada di titik terendahnya.

Tempat Penyimpanan Yang Belum Pasti

Memiliki logam mulia berarti harus sanggup menjaganya dengana aman. Nah, masalah inilah yang biasanya dihadapi oleh investor emas. Kadang biaya yang ditawarkan oleh pihak ketiga tidak murah dan jika disimpan sendiri juga tidak aman. Solusinya adalah rela mengeluarkan biaya bulanan (bahkan tahunan) untuk menjaga emas yang dimiliki tetap aman.

Itu dia beberapa keuntungan dan resiko yang dimiliki jika kamu berinvestasi emas. Jenis investasi ini adalah jenis yang paling umum dan paling populer di dunia, selain banyak diincar orang, berinvestasi emas juga berarti membeli sesuatu yang nyata dan bisa dipegang. Namun, di sisi lain, berinvestasi emas juga tidak menghasilkan keuntungan secara reguler, emas hanya bisa menguntungkan jika kamu menjualnya. Jadi, apakah kamu sudah siap berinvestasi emas?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait