Keuntungan & Syarat Buka Tabungan Berjangka di 4 Bank Indonesia

Keuntungan & Syarat Buka Tabungan Berjangka di 4 Bank Indonesia
Keuntungan & Syarat Buka Tabungan Berjangka di 4 Bank Indonesia

Bicara soal produk tabungan, khususnya rekening tabungan. Bagi yang masih kurang familiar, beberapa bank di Indonesia, selain rekening tabungan biasa juga memiliki tabungan berjangka. Kedua produk ini jelas memiliki perbedaan. Jika rekening tabungan biasa, kamu sebagai nasabah menyimpan uang di bank dan menerima bunga berdasarkan jumlah uang yang dimiliki di dalam rekening tersebut pada periode tertentu. Untuk mengaksesnya melalui beberapa cara yakni seperti pengambilan yang melalui bank sendiri, Automated Teller Machine (ATM) melalui kartu debit, atau melalui online banking. Sementara untuk Tabungan Berjangka, nasabah akan melakukan sejumlah uang sebagai penyetoran awal, dan selanjutnya akan melakukan setoran tiap bulannya dalam jumlah tetap selama jangka waktu yang disepakati. Bagi yang tertarik mencoba tabungan berjangka di empat bank di Indonesia, berikut penjelasan singkat keuntungan dan syarat-syaratnya.

Bank BCA

Tabungan berjangka di Bank BCA menggunakan mata uang Rupiah. Jangka waktu menabung di tabungan berjangka ini minimal 1 tahun dan maksimal 240 bulan. Penyetoran tabungan ini bisa dilakukan secara autodebit dari rekening sumber dana yang berasal dari Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA. Setoran bulanannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan kamu mulai dari Rp500.000 per bulan (kelipatan Rp50.000). Dan perlu diketahui, namanya tabungan berjangka berarti dana tidak dapat ditarik atau diambil selama jangka waktu menabung. Nasabah dapat memiliki lebih dari 1 rekening Tahapan Berjangka yang dihubungkan ke 1 rekening utama. Kepemilikan rekening dibuktikan melalui identitas kepemilikan dari rekening sumber dana. 

Tabungan Rencana Bank Mandiri 

Keuntungan menggunakan tabungan berjangka Bank Mandiri adalah gratis biaya administrasi dan fasilitas autodebit. Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp100.000 atau USD 10 per bulan, kamu juga bisa menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan. Untuk tabungan ini, jangka waktunya juga fleksibel mulai dari 1 tahun sampai dengan 20 tahun. Kamu juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi gratis Bank Mandiri yang bekerja sama dengan PT AXA Mandiri Financial Services dalam memberikan perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp5 juta atau USD500 per bulan untuk setiap nasabahnya. Suku bunga tabungan ini juga di atas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan dan tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar

Bank Danamon

Tabungan berjangka hampir sama dengan tabungan deposito. Produk tabungan ini dalam Danomon adalah Tabungan Cita2Ku dengan bunga setinggi deposito. Tabungan yang menawarkan bunga tinggi untuk produk tabungan berjangka dengan pilihan waktu menabung yang fleksibel, tabungan Cita2Ku membantu dalam mewujudkan impian kamu melalui penempatan dana secara rutin/berkala. Untuk mengikuti produk ini, kamu bisa menempatkan dana secara fleksibel mulai dari Rp200.000/bulan dengan minimal jangka waktu 2 tahun atau mulai dari Rp500.000/bulan dengan jangka waktu mulai dari satu tahun.  Kamu juga bisa memilih jangka waktu yang fleksibel mulai dari 1 tahun sampai dengan 15 tahun. 

Namun rekening akan ditutup secara otomatis  apabila terdapat gagal debit setoran bulanan selama 6 (enam) bulan berturut-turut dan dana dari rekening akan dikreditkan ke Rekening Sumber Dana setelah dikurangi biaya penalti. Biaya penalti akan dikenakan pada rekening yang ditutup sebelum berakhirnya periode installment atau ditutup karena mengalami gagal debit 6 bulan berturut-turut

Bank BJB 

Tandamata Berjangka bank BJB adalah tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan Anda ekstra perlindungan Asuransi. Persyaratan Penabung berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 64 tahun pada saat BJB Tandamata Berjangka jatuh tempo.  Syaratnya, kamu harus memiliki Rekening Utama (Tabungan atau Giro bank BJB) dan mengisi formulir pembukaan rekening Tabungan BJB Tandamata Berjangka. Di sini kamu juga bisa menentukan setoran bulanan mulai Rp100.000 dan maksimal Rp5.000.000 dengan kelipatan Rp50.000. Jangka waktunya pun bisa kamu pilih antara 1 tahun hingga 10 tahun dengan perlindungan Asuransi gratis dari Cigna. Suku bunga tabungan berjangka di Bank BJB adalah 3,5%.

Itulah beberapa tabungan berjangka yang bisa kamu pilih. Dengan menabung, kamu bisa mendapatkan kenyamana di masa depan. Jadi tunggu apalagi? Ayo mulai menabung sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait