Susah Nabung, Tabungan Berjangka BCA Bisa Jadi Solusinya!

Susah Nabung, Tabungan Berjangka BCA Bisa Jadi Solusinya!

Ajaib.co.id – Kehidupan generasi milenial lebih banyak dihabiskan di cafe-cafe hingga restoran. Gaya hidup seperti ini membuat mereka sulit untuk menabung untuk keperluan di masa depan.

Menabung sebenarnya bisa menguntungkan generasi milenial di suatu hai nanti. Agar generasi milenial punya tabungan mereka harus punya niat yang kuat. Memang benar, terkadang, hal yang positif itu harus dipaksa.

Kamu, sebagai generasi milenial harus berkomitmen untuk menyisihkan sebagian dari uang yang kamu peroleh setiap bulannya, demi kepentingan yang lebih besar di masa mendatang. Ini waktu yang tepat bagimu untuk berhenti hidup tanpa perencanaan keuangan, karena pada 22 Februari 2016 BCA telah meluncurkan Tahapan Berjangka.

Apa itu Tabungan Berjangka?

Tahapan Berjangka BCA adalah tabungan perorangan dalam mata uang Rupiah yang akan secara otomatis mendebet atau menarik dari rekening sumber dana nasabah BCA. Rekening sumber dana untuk tabungan berjangka ini bisa diambil dari tabungan BCA kamu lainnya seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, maupun Tapres. Kamu bisa memiliki lebih dari satu rekening Tahapan Berjangka yang dihubungkan ke satu rekening sumber dana.

Jangka waktu menabung di sini sangat fleksibel, mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan (20 tahun). Setoran bulanannya pun sangat minim, yaitu mulai dari Rp500 ribu per bulan, dan bisa lebih besar dengan kelipatan Rp50 ribu. Kamu juga bebas menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan, sangat fleksibel bukan?

Namun, tabungan berjangka tidak bisa dilakukan penarikan dana atau penutupan rekening sebelum jangka waktu menabung berakhir. Jika kamu mengambilnya, maka kamu akan dikenakan biaya penutupan rekening.

Fitur Tabungan Berjangka BCA

Tak perlu berlama-lama, langsung saja lihat ulasan di bawah ini sebelum nabung di BCA seperti dikutip dari situs resmi BCA.

a. Jangka waktu menabung cukup lama yaitu minimal 12 bulan dan maksimalnya 240 bulan.

b. Autodebet akan ditarik langsung dari rekening sumber dana yang telah ditentukan.

c. Setoran bulanan kecil yakni mulai dari Rp500 ribu per bulan dan kelipatan Rp50 ribu.

d. Dana tidak dapat ditarik selama jangka waktu menabung.

e. Mendapatkan fasilitas e-statement setiap bulan sampai dengan 2 tahun berjalan di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.

f. Kamu bisa memiliki lebih dari 1 rekening tabungan berjangka.

g. Kamu juga bisa melakukan pengecekan saldo di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.

Keuntungan Menabung di Tabungan Berjangka

a. Bebas biaya administrasi bulanan.

b. Suku bunga di atas tabungan reguler.

c. Bisa menambah dana menabung sewaktu-waktu di luar setoran bulanan.

d. Nasabah tidak perlu repot melakukan setoran bulanan, karena akan ada proses autodebet dari rekening sumber dana.

e. Rekening yang telah jatuh tempo akan ditransfer ke rekening sumber dana dan nasabah akan mendapat pemberitahuan melalui SMS/Email.

f. Mendapat perlindungan asuransi jiwa selama menjadi nasabah tahapan berjangka yang manfaatnya dibedakan dari waktu lamanya menabung, dengan rincian:

g. Kurang dari 1 tahun, mendapatkan uang pertanggungan maksimal Rp750 juta jika nasabah meninggal karena kecelakaan.

h. Lebih dari 1 tahun, mendapatkan uang pertanggungan maksimal Rp750 juta jika nasabah meninggal karena sakit dan Rp1,5 miliar jika nasabah meninggal karena kecelakaan.

i. Mendapat santunan uang kematian sebesar Rp5 juta sebagai tambahan dari uang pertanggungan.

Persyaratan Membuka Rekening Tabungan Berjangka

Kamu bisa membuka rekening tabungan ini di semua cabang Bank BCA dan melengkapi persyaratan di bawah ini:

a. Warga Negara Indonesia (WNI)

b. Usia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun

c. Mengisi formulir pembukaan tabungan berjangka.

d. Membawa identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor dan melampirkan foto kopinya.

e. Memiliki rekening di Bank BCA.

Biaya-Biaya

Tabungan ini juga menawarkan beberapa biaya layanan gratis, seperti:

a. Biaya transaksi setoran di counter

b. Biaya administrasi bulanan

c. Biaya gagal debit

d. Biaya premi asuransi

Suku Bunga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, suku bunga tabungan ini lebih besar dari tabungan BCA lainnya. Berikut rincian suku bunga per tahun, tapi dapat berubah sewaktu-waktu.

1. Kurang dari Rp1 juta, mendapatkan bunga mulai dari 2,75%-3,75%per tahun.

2. Lebih dari Rp1 juta, mendapatkan bunga mulai dari 3,25%- 3,75% per tahun.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk mengalokasikan uangmu ke tabungan berjangka. Berikut diantaranya:

a. Jika di tanggal pendebetan tidak ada dana atau dana tidak mencukupi, maka akan dilakukan pendebetan ulang di akhir bulan.

b. Jika pendebetan gagal dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut, maka rekening tabungan berjangka otomatis akan ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana.

c. Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana sebelum waktu jatuh tempo berakhir. Jika tetap ingin dilakukan, maka akan dikenakan biaya penalti.

Sangat menguntungkan dan jadi lebih mudah bukan? Dengan begitu, gak ada lagi alasan buat kamu tidak menabung.

Reksa Dana, Alternatif Menabung dengan Keuntungan Lebih Besar dan Risiko yang Stabil

Nah, selain menabung melalui deposito, kamu juga bisa mulai menabung melalui instrumen investasi reksa dana.

Di mana, instrumen reksa dana memiliki keuntungan yang lebih stabil dan juga risiko yang rendah. Ini sangat cocok bagi kamu investor pemula yang masih belum memahami mengenai cara mengelola investasi. Karena dengan investasi reksa dana, kamu akan dibantu oleh manajer investasi dalam mengelola dana yang kamu miliki.

Tugasmu adalah menentukan tujuan investasi kamu, menentukan jangka waktu investasi tersebut, kemudian pilih jenis investasinya. Perlu diketahui juga bahwa investasi ini memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih berdasarkan karakter kamu dan juga tujuan investasi kamu. Misalnya, ketika kamu adalah orang yang ingin mendapatkan return tinggi dan siap hadapi risiko tinggi, kamu bisa memilih investasi reksa dana saham. Sedangkan, bagi kamu yang ingin memiliki risiko rendah dan keuntungan stabil dan tidak terlalu tinggi, kamu bisa memilih investasi reksa dana pasar uang.

Selain itu, tujuan investasi kamu juga bisa membantu kamu menentukan jenis investasi. Misalnya, ketika kamu ingin membuka reksa dana untuk menabung dana pendidikan, maka kamu bisa memilih jenis investasi pendapatan tetap atau campuran dengan risiko rendah hingga sedang.

Bagi kamu yang masing bingung, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya melalui aplikasi Ajaib. Setelah melakukan konsultasi, kamu bisa dengan mudah memulai investasi reksa dana di Ajaib juga. Ini semua bisa kamu lakukan secara online, kapan dan di mana saja. Yuk mulai investasi sekarang dan dapatkan return kamu secepatnya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait