Koleksi Unik dan Bisa Jadi Investasi yang Menguntungkan

Jenis-jenis Investasi Unik yang Menguntungkan
Jenis-jenis Investasi Unik yang Menguntungkan

Ajaib.co.id. Semua orang memiliki hobi untuk mengoleksi barang tertentu dan tak segan mengeluarkan sejumlah uang untuk kesayangannya ini. Jangan salah, sebenarnya ada lho barang unik yang bisa jadi investasi yang menguntungkan bagi pemiliknya. Namun memang tingkat keuntungan investasinya tidak bisa dibandingkan dengan instrumen investasi sebenarnya.

Tas mewah belakangan sudah diterima masyarakat Indonesia sebagai hobi wanita yang bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Dengan kondisi yang baik dan model yang klasik, harga jual kembalinya bisa lebih tinggi. Riset menyatakan jika kebiasan untuk membeli tas mewah bisa jadi investasi dalam jangka waktu panjang asalkan unik dan langka.

Dikutip dari Kompas.com,t tas mewah cocok untuk investasi dalam kurun waktu 10 tahun lebih. Namun persentase keuntungannya tidak bisa dipastikan karena memang sangat tergantung pada tren. Hanya saja, paling tidak investasi seperti ini terasa lebih sederhana dibandingkan misalnya berinvestasi pada saham perusahaan, investasi properti, atau investasi emas.

Kecenderungan manusia pada barang tertentu memang bisa menjadikan hal tersebut berharga dan naik nilainya. Hal yang sama juga berlaku pada logam mulia seperti emas. Namun ada lagi barang koleksi lainnya yang juga punya nilai investasi yang menguntungkan. Coba cek uraian di bawah ini ya.

Daftar Koleksi dengan Peluang Nilai Investasi yang Menguntungkan

Beragam jenis investasi saat sudah beredar di kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan makin sadarnya masyarakat akan keuntungan yang diraih jika berinvestasi. Beberapa jenis investasi yang sedang populer saat ini ialah investasi saham, surat berharga, investasi reksadana, emas, properti, dan peer to peer lending (P2P Lending).

Namun ada yang cara yang lebih mudah untuk berinvestasi dibandingkan instrumen keuangan tersebut misalnya dengan barang koleksi. Tentu saja nilai investasinya tidak bisa dibandingkan dengan instrumen biasa namun koleksi bernilai tinggi tentu bisa menguntungkan kepada pemiliknya ketika dijual kembali.

Investasi ini unik namun keuntungan yang didapatkan juga tidak kalah dari investasi populer lainnya. Berikut ini jenis-jenis investasi unik yang bisa kamu coba agar bisa meraih keuntungan yang maksimal.

1. Wine

Wine merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi buah-buahan, seperti buah anggur. Walaupun orang Indonesia agak asing dengan Wine, namun di kalangan tertentu minuman ini memiliki tempat tersendiri. Minuman yang populer di daratan Eropa ini bisa dibilang cukup mahal. Apalagi jika kualitasnya bagus serta memiliki umur yang cukup panjang.

Wine memang memiliki karakter yang sudah pasti akan memengaruhi harga jualnya. Semakin langka dan semakin lama disimpan suatu wine, maka sudah dapat dipastikan harga jualnya semakin tinggi. Bagi yang berminat melakukan investasi wine, kamu harus memiliki kemampuan yang baik dalam memilih dan mengenali wine yang tepat. Selain itu, kamu harus tahu cara penyimpanan yang tepat agar menghasilkan wine dengan rasa yang nikmat.

2. Barang Antik

Sudah bukan rahasia umum lagi jika barang antik tidak hanya sekadar koleksi saja. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik, barang antik bisa jadi investasi yang mendatangkan keuntungan. Apalagi jika barang antik tersebut sudah tersimpan lama dan terawat sekali maka harga juga semakin tinggi. 

Maka dari itu, jika memiliki barang antik kamu harus bisa merawatnya. Dengan perawatan yang benar, maka barang antik tersebut tetap bernilai tinggi hingga masa yang akan datang. Bahkan saat ini peminat barang antik sudah semakin banyak sehingga kamu bisa mendapatkan harga jual yang memuaskan.

Banyak pula pelelangan barang antik yang diselenggarakan sebagai bukti bahwa minat akan barang lawasan semakin tinggi. Apalagi jika barang tersebut memiliki nilai histori yang tinggi. Ambil contoh piring keramik di Indonesia yang bisa dijual kembali jauh melebihi harga emas.

3. Sneakers

Di Indonesia, saat ini sudah banyak orang yang menggemari sneaker atau biasa disebut dengan sneakerhead. Sebagai seorang sneakerhead, kamu harus merasa beruntung karena sama saja kamu sedang melakukan investasi. Saat ini sudah banyak jenis sepatu yang dijual lebih mahal dari harga belinya.

Salah satu contohnya ialah sepatu Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denim. Pada 2002, sepatu itu dijual dengan harga 65 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp942.000. Sekarang, sepatu Nike tersebut bisa dihargai sekitar 4000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp57 juta.

Bagi kamu yang berminat terjun di investasi sneakers ini, kamu harus selalu up-to-date terkait info sneakers. Hal itu dilakukan agar kamu lebih paham dengan nilai pasar pada sebuah sneakers. Sudah banyak anak muda yang menggeluti bisnis sepatu ini. Caranya dengan mencari sepatu unik dan bersejarah dan kemudian menjualnya kembali ke pasaran dengan harga fantastis.

4. Action Figure

Saat ini sudah banyak yang mengoleksi mainan berbentuk suatu karakter atau yang biasa disebut dengan action figure. Karakter-karakternya berasal dari cerita fiksi. Biasanya, makin langka suatu action figure maka makin mahal harganya.

Kalau kamu punya koleksi yang sudah lama dan ingin menjualnya maka ini bisa cara investasi yang baik. Apalagi jika kamu menawarkannya kepada kolektor action figure. Sudah pasti bisa ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal. Menarik bukan?

Itulah beberapa jenis-jenis barang koleksi unik yang bisa jadi investasi yang menguntungkan. Mungkin kamu selama ini mengoleksi beberapa di antaranya dan tidak sadar akan nilai investasi yang dimilikinya. Coba cek kembali barang milikmu, adakah yang bisa jadi aset investasi?

Jika belum punya maka kamu bisa mulai berinvestasi dari sekarang. Yang terpenting, kamu harus mulai berinvestasi agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal di masa depan. Dengan investasi unik ini, kamu bukan hanya bisa mendapat keuntungan, tapi juga bisa menyalurkan hobi.

Nah, buat kamu yang mau mencoba investasi di atas sambil mendapat keuntungan yang pasti, kamu bisa mulai investasi saham dan reksa dana melalui Ajaib. Di sini kamu akan diberikan pilihan investasi sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu dengan bantuan manajer investasi. Apapun investasi yang kamu pilih, jangan tunggu nanti untuk memulainya ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait