Pilihan Investasi Risiko Rendah yang Cocok Bagi Pemula

investasi risiko rendah
investasi risiko rendah

Berikut ini adalah pilihan investasi risiko rendah yang cocok dicoba oleh pemula. Simak ulasan redaksi Ajaib di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, saat ini sudah banyak jenis investasi yang bermunculan. Bahkan, bisa menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Salah satunya adalah investasi risiko rendah.

Namun, sebagian besar orang menganggap bahwa investasi hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki uang saja. Nyatanya, berinvestasi bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Reksa Dana menjadi Contoh Nyata

Salah satu investasi risiko rendah yang bisa dicoba adalah reksa dana. Untuk mencoba investasi ini, kamu hanya perlu menyiapkan modal Rp100.000 saja.

Selain itu, kamu juga berinvestasi emas batangan melalui tabungan emas yang ditawarkan oleh Pegadaian. Artinya, modal bukanlah alasan untuk berinvestasi. Sebab, siapapun bisa berinvestasi dengan modal minim.

Bagi kamu pemula yang belum paham mengenai dunia investasi, sebaiknya memilih investasi risiko rendah. Dengan begitu, kamu bisa sambil mempelajari mekanisme dari investasi.

Jika sudah memahami dunia investasi, maka kamu bisa mencoba jenis investasi dengan risiko yang besar. Keuntungan yang kamu dapatkan pun juga lebih besar dibanding investasi risiko rendah.

Berikut ini adalah pilihan investasi risiko rendah yang cocok dicoba oleh pemula. Simak artikelnya di bawah ini :

Berinvestasi Emas

Investasi emas menjadi primadona bagi banyak orang, mulai dari milenial hingga orangtua. Jenis investasi risiko rendah ini memang dikenal klasik, namun peminatnya masih banyak hingga saat ini.

Hal itu dikarenakan jenis investasi yang satu ini minim risiko, tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Cara kerja investasi emas pun terbilang mudah.

Kamu hanya perlu membeli beberapa gram emas batangan yang sesuai dengan budget. Pegadaian juga menghadirkan fasilitas tabungan emas, di mana kamu sudah bisa berinvestasi dengan membeli emas minimal seberat 0,01 gram.

Jika harga emasnya adalah Rp600.000/gram, maka dengan modal Rp6.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi emas batangan.

Supaya keuntungan yang kamu dapatkan lebih banyak, maka bisa mengikuti program konsinyasi emas. Program tersebut merupakan layanan penitipan dan penjualan emas batangan, agar keuntungan yang kamu dapatkan semakin besar.

Reksa Dana Pasar Uang

Seperti yang diketahui, reksa dana pasar uang merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati. Jenis investasi ini selalu memberikan return atau keuntungan yang besar, namun tidak memerlukan banyak pengeluaran.

Investasi reksa dana pasar uang terbagi menjadi empat, yaitu reksa dana uang, pendapatan tetap, pendapatan campuran, dan saham. Masing-masing dari reksa dana tersebut menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda.

Salah satu jenis reksa dana dengan risiko rendah adalah pasar uang. Mayoritas dana dari reksa dana tersebut akan dialihkan ke deposito dan surat berharga yang jatuh tempo saat satu tahun.

Meskipun return dari reksa dana pasar uang tidak sebesar saham, namun keuntungannya lebih besar dibandingkan deposito.

Peer to Peer Lending (P2P)

Peer to Peer Lending atau P2P Lending menjadi salah satu jenis investasi risiko rendah. Modal dari jenis investasi ini juga terbilang kecil. Kamu bisa memulai investasi ini dengan modal Rp100.000.

P2P Lending adalah salah satu jenis investasi yang memberikan pinjaman dana kepada pihak yang membutuhkan modal usaha. Pihak tersebut adalah investor.

Cara bermain jenis investasi ini cukup mudah, kamu hanya perlu memberikan pinjaman dan menunggu sampai dananya dikembalikan. Kemudian, disertakan bunga yang dijanjikan oleh peminjam dananya. Return merupakan kesepakatan antara investor dan peminjam dana.

Tidak sedikit peminjam dana yang ingin memberikan return 30 persen per tahun, namun ada juga yang berani memberikan belasan persen.

Deposito

Secara umum, deposito dan tabungan terlihat sama. Sebab, keduanya sama-sama menabung uang di bank. Deposito memiliki jangka waktu tertentu, sehingga uangnya tidak bisa ditarik jika belum jatuh tempo.

Bunga yang diberikan oleh pihak bank biasanya lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Sebagai salah satu jenis investasi risiko rendah, deposito termasuk ke dalam investasi yang sangat menguntungkan.

Barang Antik

Jika kamu menyukai barang antik seperti kamera, furnitur, kendaraan tua, atau perangko, maka kamu bisa mencoba investasi barang antik.

Biasanya, barang antik dikoleksi untuk memenuhi kepuasan atau kebutuhan seseorang. Semakin lama keberadaannya, maka semakin jarang pula barang tersebut ditemui di pasaran, sehingga harganya akan semakin mahal.

Berinvestasi barang antik membutuhkan kepuasan tersendiri. Jika kamu berinvestasi barang yang disukai, maka kamu harus lebih teliti dan mengetahui banyak hal mengenai barang antik tersebut. Kamu bisa melihat dari desain, fitur, keaslian atau kondisi barang, sejarah, dan lainnya.

Barang atau Karya Seni

Investasi karya seni hampir sama dengan barang antik. Untuk berinvestasi karya seni, kamu tidak membutuhkan sesuatu yang bernilai.

Namun, karya seni bisa dilihat dari sejarah, nilai, usia, fitur, desain, dan lainnya. Tentunya, hal tersebut untuk menjaga kondisi barangnya agar tidak termakan oleh waktu. Sebab, ada biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan.

Kelebihan dari investasi karya seni adalah nilainya tidak terpengaruh oleh pasar modal. Semakin lama usia barangnya, maka nilai karya seninya semakin mahal.

Logam Mulia

Jenis investasi risiko rendah ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Harga logam mulia pun cenderung fluktuatif jika dijadikan sebagai investasi jangka pendek, namun dalam jangka panjang nilainya semakin stabil.

Biasanya, kendala dalam investasi logam mulia adalah soal penyimpanannya. Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada badan seperti Pegadaian yang membantu menyimpan investasi emasmu.

Itulah pilihan investasi risiko rendah yang cocok bagi pemula. Bagi kamu yang berencana untuk berinvestasi, tidak perlu takut dan ragu mengeluarkan uang atau modal.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait