Reksa Dana

Yuk Pelajari Risiko dan Keuntungan Investasi Reksa Dana

keuntungan investasi reksa dana

Ajaib.co.id – jangan terburu-buru untuk memulai investasi reksa dana. Pasalnya, kamu harus kenal betul dari instrumen investasi ini, mulai dari risiko hingga keuntungan investasi reksa dana. Oleh karenanya, ada baiknya kamu ikuti ulasan berikut ini.

Banyak dari pakar keuangan yang menyarankan untuk berinvestasi sejak dini. Kenapa harus begitu? Ya, berinvestasi jadi salah satu jalan untuk menyimpan uang kamu dan meningkatkan nilainya di masa depan.

Ada yang bilang investasi itu bisa bikin kita kaya, dan itu memang tidak salah asalkan kamu mau belajar untuk mencari tahu bagaimana cara berinvestasi yang baik.

Setiap usaha baikmu tidak akan mengkhianati hasilnya, maka sewaktu masih muda dan produktif jangan malas untuk belajar dan berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa jadi pilihan, salah satunya adalah reksa dana. Memang keuntungan investasi reksa dana apa sih? Banyak! Tapi dibalik itu ada risiko yang harus kamu tanggung.

Jangan takut rugi berinvestasi, karena keuntungan yang kamu dapatkan dari sebuah investasi berbanding lurus dengan risikonya. Untuk awal, kamu bisa berinvestasi dengan modal kecil dan jika sudah paham strateginya naikkan nominalnya investasinya tiap bulan.

Karena semakin besar risikonya, untungnya pun makin besar yang akan didapat. Tidak percaya? Mungkin setelah mengetahui keuntungan investasi reksa dana dapat membuka wawasan kamu tentang instrumen investasi yang satu ini.

Pengertian Reksa Dana

Pada umumnya, investasi reksa dana mengartikan nilai investasi yang dikumpulkan dari sejumlah investor yang kemudian dihimpun secara khusus oleh manajer investasi atau perusahaan manajemen investasi.

Selanjutnya, dana investasi tersebut akan dipecah atau dibagi ke beberapa instrumen investasi lainnya. Investasi lainnya disini, yaitu saham, pasar uang, obligasi, dan sebagainya.

Untuk kamu yang pemula, investasi reksa dana ini bisa dibilang cukup aman dan tidak ribet. Kamu bisa sambil pelajari grafik pergerakan nilai investasimu dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Risiko Reksa Dana

Apa pun jenis investasinya pasti punya risiko tersendiri. Namun, pada investasi reksa dana risiko yang seringkali dihadapi cenderung dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti apakah itu? Berikut ulasannya:

Kondisi Pasar

Kondisi pasar sangat mempengaruhi investasi reksa dana, akan tetapi tergantung jenis instrumen mana yang kamu pilih. Contoh, apabila kamu memilih pasar saham maka siap-siap untuk terkena dampak besar jika adanya perubahan tren pada kondisi pasar. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti memburuknya ekonomi dan situasi politik yang terjadi.

Risiko Likuiditas

Umumnya faktor yang dapat mengakibatkan terjadi likuiditas yaitu hal-hal yang sudah di luar kendali dari manajer investasi. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memilih perusahaan manajemen investasi yang memiliki reputasi baik dan diakui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurunnya Nilai Aktiva Bersih atau NAB

Kondisi ini bisa saja terjadi ketika harga pasar terhadap instrumen investasi yang kamu pilih sedang menurun trennya dibandingkan harga saat kamu beli di awal.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski memiliki risiko namun investasi reksa dana menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Supaya lebih jelas berikut keuntungan investasi reksa dana yang harus kamu ketahui.

Biaya Rendah, Keuntungannya Tinggi

Bagi generasi milenial yang ingin berinvestasi, reksa dana adalah pilihan yang tepat. Alasannya karena biaya modal awalnya yang dikeluarkan sangatlah murah, yakni mulai dari Rp 10.000 sudah dapat berinvestasi. Pastinya lebih murah dari biaya makan kamu sehari-hari kan!

Namun, modal yang rendah bukan berarti keuntungannya juga rendah. Salah satu keuntungan investasi reksa dana yaitu mampu memberikan imbal hasil hingga 20% dalam satu tahun.

Jika kamu rutin berinvestasi setiap bulannya, maka keuntungan yang didapat makin maksimal lagi. Apabila ada uang lebih, tingkatkan nominalnya agar lebih besar lagi untungnya.

Diversifikasi Risiko

Keuntungan investasi reksa dana yang ditawarkan berikutnya adalah diversifikasi risiko, karena dana investor akan dibagi ke beberapa instrumen investasi sehingga jika terjadi kerugian tidak semuanya terpengaruh atau nilainya anjlok secara bersamaan.

Pengelolaan yang Mudah

Tidak semua orang dapat memahami atau memiliki pengetahuan yang luas untuk menganalisa investasi, terutama bagi yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Namun, hal itu bukanlah suatu hambatan untuk berinvestasi di reksa dana karena sepenuhnya ditangani dan dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan telah memiliki izin dari OJK.

Selain itu, keuntungan investasi reksa dana adalah dana investasimu aman karena tersimpan di dalam rekening khusus yang disebut bank kustodian.

Transaksi Secara Online

Sekarang ini banyak bermunculan platform-platform yang menawarkan cara mudah berinvestasi secara online. Jadi, cukup dengan menggunakan smartphone dan laptop sudah dapat melakukan investasi reksa dana. Salah satu platform yang direkomendasikan untuk investasi reksa dana adalah Ajaib.

Di Ajaib, siapa pun bisa menggunakannya karena menawarkan tampilan yang bersahabat dengan beragam pilihan instrumen investasi sesuai kebutuhanmu. Selain itu, biaya transaksinya pun lebih murah dan monitorinya yang juga mudah.

Menariknya lagi, Ajaib dapat membantu kamu dalam memberikan rekomendasi instrumen investasi apapun tujuan keuanganmu, entah itu untuk membeli rumah, berlibur, atau mempersiapkan dana pensiun. Transaksinya pun cepat dan mudah, serta transparan.

Informasi yang Transparan

Keuntungan investasi reksa dana yang terakhir adalah kamu secara rutin akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan portfolio dan nilai aktiva bersih dari manajer investasi secara jelas. Dengan begitu, kamu bisa memantau langsung keuntungan investasi reksa dana milikmu.

Setelah mengetahui lima keuntungan investasi reksa dana di atas, sudah siap kamu untuk berinvestasi sekarang?

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138

Artikel Terkait