Ajaib

Panduan Lengkap Cara Membeli dan Menjual Saham di Ajaib

Cara Membeli dan Menjual Saham di Ajaib

Ajaib.co.id – Membeli dan menjual saham secara online adalah cara paling mudah melakukan investasi saham untuk pemula. Dengan jual-beli saham online, kamu bisa hemat waktu, biaya lebih rendah dan lebih cepat dalam melakukan transaksi saham. Kamu bisa menemukan semuanya itu di Ajaib. Tapi sebelumnya kamu harus membuka rekening saham dulu.

Baca: Langkah-langkah Membuka Rekening Saham di Ajaib

Biaya Transaksi Perdagangan Saham

Setiap transaksi jual-beli saham umumnya akan dikenakan beberapa komponen biaya yang terpisah dan biaya yang dikenakan tidak terlalu besar untuk setiap transaksi.

Di Ajaib, biaya transaksi yang dikenakan s/d 50% lebih murah. Bahkan, semakin besar jumlah transaksi yang kamu lakukan, semakin rendah pula biaya yang dikenakan. 

Berikut besaran persentase yang dibebankan kepada investor Ajaib dari jumlah transaksi:

Setelah akunmu terverifikasi dan sudah mengisi ulang saldo RDN maka kamu sudah bisa membeli saham di Ajaib. Jika kamu bingung untuk memilih saham apa saja yang ingin kamu beli.

Untuk melihat semua saham emiten yang terdaftar, kamu bisa masuk ke laman ‘Cari’, lalu pilih ‘Lihat Semua’. Kamu juga bisa langsung ketik nama emiten atau kode sahamnya:

Jika kamu bingung memilih untuk membeli saham yang mana, Ajaib sudah memberikan beberapa referensi kategori saham terpopuler, yaitu:

  • Saham yang trending
  • Saham Top Volume
  • Saham Top Value
  • Saham Top Frequency
  • Saham Top Gainer
  • Saham Top Loser

Jika dalam kategori saham terpopuler belum ada yang menarik perhatianmu, kamu bisa menjelajahi sendiri lintas 9 sektor saham yang tersedia. 

Jika ada beberapa saham yang ingin kamu beli/memantau pergerakannya, kamu dapat menambahkannya ke Watchlist dengan cara:

Masuk ke laman beranda, lalu pilih ‘tambah’ pada Watchlist Saham. Maka akan muncul list kode saham dan nama emiten. Tekan tanda ‘bintang’ di sebelah kanan nama/ kode saham.

Tapi, jangan lupa juga untuk membaca dulu informasi seputar emiten seperti profil perusahaan dan informasi keuangan emiten tersebut. Klik salah satu kode saham atau emiten maka akan muncul semua informasi tentang emiten tersebut

Setelah memilih saham apa saja yang ingin kamu beli, sekarang saatnya kamu untuk kamu beli saham-saham pilihan kamu. Tapi sebelumnya pastikan kalau saldo RDN kamu sudah terisi ya!

Baca: Cara Isi Ulang dan Tarik Dana Saldo RDN Ajaib

Membeli Saham

Setelah saldo RDN terisi, buka kembali Watchlist Saham yang sudah kamu buat dan mulai beli saham-saham tersebut. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih salah satu saham yang ingin kamu beli, tekan dan geser ke kanan pada nama saham tersebut lalu pilih ‘beli’.
  • Kamu akan masuk ke halaman Order Book. Klik pada harga yang sesuai, dan masukkan jumlah lot saham yang ingin kamu beli. Pilih ‘Beli’ yang ada di sebelah kanan bawah halaman Order Book.
  • Akan muncul halaman konfirmasi order, lalu pilih ‘Beli’

Lakukan cara tersebut untuk membeli saham-saham lainnya. Untuk mengelihat apakah pesananmu telah berhasil, kamu bisa melihat pada laman transaksi.

Lalu, jika ingin melihat performa saham yang kamu beli, kamu bisa cek di laman Portofolio

Jangan lupa untuk menyalakan notifikasi, supaya kamu bisa mendapat informasi terbaru mengenai harga saham yang ada di watchlist-mu.

Menjual Saham

Membuat keputusan jual saham ternyata tidak semudah mengambil keputusan untuk membeli saham. Ada kecenderungan kala investor terlalu cepat menjual sahamnya yang sudah memberikan keuntungan (selling winners too early). 

Pasalnya, investor cenderung tidak menyukai kerugian (aversion to loss). Jika saham sudah hijau (potensi untung), muncul perasaan untuk segera menjualnya sebelum dia jadi merah (potensi rugi). 

Jika ingin profit yang terbaik, jangan mengandalkan emosi semata, ya! Tapi, jika kamu sudah yakin, berikut adalah cara untuk menjual saham di Ajaib:

  • Buka halaman Portofolio
  • Pilih saham yang ingin dijual dan geser ke kanan pada portofolio sahammu, lalu akan muncul pilihan jual atau beli, dan pilih ‘jual’.
  • Kamu akan masuk ke halaman Order Book. Tap pada harga yang sesuai, lalu isi jumlah lot saham yang ingin kamu jual.
  • Masuk ke halaman konfirmasi order, cek kembali apakah jumlah lot saham yang akan kamu jual sudah benar. Setelah itu pilih ‘jual’
  • Order jual pun terkirim
  • Cek status ordermu pada halaman Transaksi

Hasil penjualan saham tersebut akan otomatis masuk ke saldo pending RDN. Mengapa pending? Ini karena penyelesaian transaksi saham akan memakan waktu 2 hari kerja (T+2). Meskipun demikian, dana hasil penjualanmu sudah bisa digunakan untuk beli saham lainnya.

Apabila status ordermu adalah ‘sending’ atau sedang dikirim, maka kamu masih bisa membatalkan atau mengubah pesanan. Jika ingin membatalkan penjualan sahammu, pilih ‘cancel order’, lalu pilih ‘ya’ untuk batalkan order

Jam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia berlangsung setiap hari Senin-Jumat, mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Artikel Terkait