Ini Caranya Mencari Mentor Bisnis yang Bagus untuk Pebisnis

mentor bisnis yang bagus
mentor bisnis yang bagus

Ingin mencari mentor bisnis yang bagus? Tidak mudah lho. Namun, untuk mengetahui caranya, kamu bisa simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai cara mencari mentor bisnis yang bagus.

Belajar dari orang yang telah terbukti sukses adalah salah satu cara untuk mempercepat sebuah bisnis mencapai sukses. Dalam dunia bisnis, biasanya seseorang belajar dari mentor yang bagus agar bisa membagi pengalaman dan memberikan bimbingan.

Bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), keberadaan mentor bisnis yang bagus sangatlah penting untuk membantu skla bisnis berkembang hingga naik kelas. Namun, pasti kamu bertanya, bagaimana caranya untuk mendapatkan mentor yang bisa membimbing dengan baik? Mungkin ada pertanyaan lain, seperti cara mendapat mentor bagus sesuai dengan bidang usaha yang kita jalankan?

Jika pertanyaannya seperti itu, kamu harus memperhatikan keberadaan sekitar kamu. Membangun networking dengan orang terdekat merupakan salah satu visi dari seorang pebisnis, Siapa tahu, ada tetangga atau saudara kamu yang bisa menjadi mentor dengan baik. Perlu kamu ketahui, orang terdekat bisa saja menjadi mentor yang sempurna.

Namun untuk itu, kamu harus mempelajari strategi yang positif dari seorang mentor. Intinya, kamu harus mencari mentor yang memiliki pengalaman dan keahlian yang mampu meningkatkan bisnis kamu melesat cepat.

Mentor Bisnis yang Bagus

Kenali Diri Sendiri

Ketika kamu menjalani sebuah bisnis, kamu harus membuat strategi dengan mencari mentor yang juga mengenali kekuatan pribadi. Maksudnya, sang mentor perlu memahami kelebihan dan kelemahan kamu agar memberikan efek yang sempurna untuk bisnis yang sedang dijalankan. Untuk mengenali kelemahan pribadi, kamu bisa menggunakan analisa standar SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat).

Apa tujuannya? Tentunya untuk menyelaraskan kekuatan dengan peluang yang ada di pasaran. Selain ini, analisa sesuai standar SWOT juga membantu kamu untuk menutupi kelemahan dari ancaman yang bisa saja muncul di pasaran. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa menentukan keahlian dan pengalaman mentor yang kamu inginkan.

Selalu Berada di Dalam Networking yang Kuat

Kamu bisa menemukan mentor di tempat yang tidak terduga, bisa saja di sebuah kafe atau pusat perbelanjaan. Karena hal itu, seperti yang sudah kami, redaksi Ajaib, anjarkan pada paragraf di atas, kamu harus membangun networking yang kuat. Kamu bisa mencari networking di dalam sebuah komunitas hingga mengikuti seminar dan berkenalan dengan orang-orang baru.

Dalam membangun networking, kamu tidak boleh membatasi diri ketika membangun koneksi dalam berbisnis. Kamu harus terbuka untuk mendengarkan masukan dari para mentor atau siapapun itu, terutama yang memahami visi di dunia bisnis.

Perlu kamu ketahui, mencari mentor tidak selalu dari orang yang bergelut di bidang yang sama. Pasalnya, kamu bisa mendapat ilmu baru bila sering sharing dnegan mentor yang dunia bisnisnya berbeda. Terpenting adalah, mentor kamu masih memiliki prinsip bisnis yang sejalan.

Kenyataannya, mentor biasa tertarik pada kamu dan mereka rela membangikan pengalaman serta cara-cara menghindari kelemahan yang berada di dunia usaha. Bahkan, kamu bisa diajarkan mengembangkan peluang usaha. Intinya, kamu harus membangun hubungan yang sangat dalam dengan sang mentor agar saling mengenal. Bila perlu kamu pelajari juga organisasi profesional, komunitas entrepreneur atau di sebuah acara industri.

Selalu Berpikiran Terbuka

Melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah menerapkan sistem anak kepada UMKM atau yang dikenal dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Maksudnya anak angkat di sini adalah, beberapa perusahaan BUMN menyediakan mentor atau para ahli untuk membantu pengusaha atau pebisnis kecul untuk meningkatkan usaha mereka. Sistem monitoring ini difasilitasi BUMN biasanya dalam bentuk pelatihan, dan rencana bantuan teknis.

Umumnya, ketika kamu menjalani sebuah hubungan, mesti di awali dengan kecocokan di antara kamu dan mentor. Hubungan ini biasanya bisa kamu awali dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip menjaga pikiran yang terbuka. Perlu kamu ingat, hubungan yang produktif dan berharha merupakan hal yang sangat berharga. Namun, kamu juga harus siap dikritik orang lain agar memahami apa yang kurang dan salah dari peluang usaha kamu.

Cari Mentor di Aplikasi

Nah ini adalah aplikasi terbaru dari GLC yang juga memasukkan program mentoring online. Mentor bisnis online yang telah terjamin kualitas dan kemampuannya ini dipilih berdasarkan track record mereka dalam memimpin berbagai perusahaan.

Dalam aplikasi ini, kamu akan mendapatkan manfaat seperti menemukan mentor bisnis online yang cocok untuk tipe bisnis, industry dan jangkauan kamu. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur jadwal mentoring atau coaching dengan mentor bisnis kamu. Lalu, kamu dapat mengecek histori dari sesi mentoring/coaching kamu untuk mengetahui progress dari pertumbuhan bisnis kamu.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, kamu dapat melihat profil dari mentor bisnis online yang ingin kamu ajak bekerjasama dan menelusuri track record mereka. Hal ini sangat penting dilakukan guna agar mentoring mendapatkan hasil yang efektif dan sesuai dengan tujuan kamu.

Aplikasi ini sangat cocok sekali untuk para pemilik bisnis yang memiliki jadwal yang cukup padat dan memiliki kendala untuk mobilitas ke tempat coach.Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dan semua proses booking dan jadwal mentor sudah tercatat jelas dalam aplikasi ini.

Manfaat utama dari seorang mentor bisnis online dalam bisnis kamu ialah memberikan gambaran dan arahan mengenai masalah-masalah yang kamu hadapi sekarang dan untuk masa depan serta membantu kamu membuka luas jaringan bisnis Anda dengan beberapa jaringan yang telah mentor bisnis kamu miliki.

Informasi Tambahan

Pada saat kamus sedang mencari mentor, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  • Ketahui bagian mana dari diri kita yang perlu diperbaiki sebagai pemimpin dan pemilik bisnis, jadi kita perlu merencanakannya dengan analisa SWOT.
  • Selalu buka mata dan telinga pada setiap peluang untukk menjaga hubungan dengan orang lain, karena mentor yang baik bisa jadi kita temukan di tempat yang tidak kita pikirkan sebelumnya.
  • Selalu terbuka terhadap evaluasi dan kritik tentang apa yang baik dalam bisnis kita demikian juga tentang tindakan yang harus kita lakukan untuk menghadapi tantangan bisnis.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait