Faktor Pendukung untuk Membangun Bisnis Potensial

Bisnis Potensial

Kamu pasti bermimpi punya bisnis potensial untuk mempertebal isi rekening dan kantongmu. Namun, untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis ada banyak faktor internal maupun eksternal.

Seperti yang kamu ketahui, pengusaha yang sukses selalu memiliki sikap pantang menyerah hingga punya jiwa berkompetisi yang kuat untuk melawan kompetitor. Di samping itu, seorang pengusaha juga harus memiliki potensi besar untuk meraih kesuksesan sebuah usaha.

Nah, berikut ini Redaksi Ajaib akan memaparkan faktor-faktor pendukung yang harus dikembangkan agar usahamu menjadi bisnis potensial mendatangkan pundi-pundi uang.

Memiliki Nilai Jual Tinggi

Hal pertama adalah, produk yang kamu pasarkan, baik barang atau jasa harus memiliki nilai jual yang tinggi. Nilai jual tinggi merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi kesuksesan kamu dalam berusaha dan bersaing dengan para kompetitor.

Untuk itu, sebagai pengusaha, kamu wajib memiliki produk yang punya nilai jual tinggi di masyarakat. Biasanya, konsumen bakal banyak berdatangan ketika produkmu memiliki nilai jual tinggi. Maksudnya di sini bukan harga produk, melainkan kualitas produknya.

Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Produk yang kamu jual harus memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat. Memang sulit jika kamu berniat untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen, karena selera orang itu berbeda-beda. Namun, kamu bisa saja mengakalinya.

Misalnya, kamu memilih bisnis untuk menjual kebutuhan rumah tangga, seperti televisi, meja, hingga sofa. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk kuliner. Kamu pasti sudah tahu, usaha kuliner sedang naik daun saat ini berkat aplikasi pemesanan secara online.

Sebagai catatan, jika kamu dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan sebagian besar masyarakat, maka usaha yang kamu kembangkan dijamin dapat disebut sebagai bisnis potensial untuk terus dijalankan.

Memiliki Kerugian Kecil

Ketika kamu berbisnis, kerugian memang tidak bisa dihindarkan. Namun, kamu bisa memperkecil risiko rugi yang bakal kamu temui dalam dunia bisnis.

Sebagai pemula, jika kamu ragu untuk memiliki sebuah jenis usaha, kamu harus memikirkan bisnis yang memiliki risiko kecil. Misalnya saja kamu berbisnis kebutuhan sembako, seperti menjual beras. Memang membutuhkan waktu lama untuk menjual beras, tapi dijamin kamu tidak memiliki risiko yang besar karena masyarakat Indonesia membutuhkan beras setiap harinya.

Bukan Usaha Musiman

Mulailah bisnis yang tidak bersifat musiman, meski keuntungannya sangat besar. Bisnis musiman ini seperti menjual kue kering di saat Hari Raya Idul Fitri. Pasti kamu bakal mendapat keuntungan yang besar, tapi kamu tidak bisa setiap hari menjual kue kering, hanya di momentum tertentu saja.

Jika kamu bersikeras untuk menjual kue kering, kamu harus mencoba sistem pre-order atau membuat kue saat ada pesanan saja. Hal ini bisa menjaga peluang usaha kamu agar tetap terjaga dan tidak termakan waktu.

Bertahan Lama di Pasar

Supaya mendapat usaha dan keuntungan yang besar, kamu harus menjawab kebutuhan masyarakat. Namun, kamu harus menjual produk yang bertahan lama di pasaran. Ketika produk kamu bisa bertahan lama di pasaran, kamu bisa memproduksinya dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak hanya usaha yang potensial, perilaku seorang pengusaha yang tak kenal lelah dan tak pernah mengeluh wajib dimiliki. Selain itu, seorang pengusaha juga harus memiliki ide-ide yang kreatif, inovatif, fleksibel, dan passion yang tinggi terhadap usaha yang kamu jalani.

Sebagai catatan, tidak mudah menjadi seorang pengusaha sukses. Namun, jika kamu mau sukses di dunia bisnis, berikut ciri-ciri peluang usaha yang sangat baik.

1. Orisinal

Maksud dari orisinal adalah, usaha yang kamu miliki tidak meniru usaha orang lain. Kamu sangat dilarang meniru produk lain, meski untungnya menggiurkan. Sebab, masyarakat Indonesia sangat membenci orang-orang yang melakukan plagiat.

2. Sesuai keinginan konsumen

Memang tidak mudah memenuhi kebutuhan konsumen, tapi kamu harus membuat survei agar bisa memuaskan pelanggan. Survei perlu dilakukan agar kamu tahu betul semua yang diinginkan konsumen dari produk yang kamu jual. Jangan segan untuk menanyakan kekurangan dari produk yang dijual.

3. Tingkat visibilitas benar-benar teruji

Sebaiknya, sebelum kamu menetapkan sebuah bidang usaha, kamu harus melakukan riset kecil mengenai tingkat visibilitas. Kamu juga harus melakukan uji coba mengenai kelayakan sebuah produk atau jasa yang kamu sebar luaskan di pasaran.

4. Memiliki passion

Tidak mudah memang untuk menemukan passion yang tepat, namun ketika menemukannya dan kamu menjadikan suatu usaha berdasarkan passion tersebut maka kesuksesan sudah berada di tangan kamu.

5. Produk inovatif dan kreatif

Untuk bertahan dalam dunia usaha memang tidaklah mudah. Namun juga bukan hal yang mustahil, meskipun persaingan dunia usaha saat ini terbilang sangat ketat. Menciptakan produk yang berbeda, inovatif dan kreatif, dapat menjadikan produkmu sebagai unggulan yang akan bertahan meskipun persaingan pasar cukup sengit.

6. Keyakinan dan tekad kuat

Di dunia ini memang tidak ada yang mudah. Setiap perjalanan usaha pasti akan menghadapi aral. Namun jika bermimpi memiliki usaha yang terus bertahan, berkembang dan sukses, maka keyakinan dan tekad kuat harus ditanamkan di dalam diri. Keyakinan dan tekad akan membuatmu tidak akan pernah berhenti menghadapi rintangan dalam menggeluti dunia usaha, apalagi bisnis potensial.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait