Investasi, milenial

Rekomendasi 8 Buku Favorit Pengusaha Sukses, Wajib Kamu Baca

Ajaib.co.id. Buku adalah jendela dunia termasuk dalam hal dunia bisnis. Bacaan seseorang bisa menentukan kualitas diri karena ilmu pengetahuan yang didapatkannya. Termasuk pula sejumlah buku favorit pengusaha sukses yang terbukti berhasil membuat mereka untuk mencapai kondisinya sekarang.

Membaca buku merupakan cara terbaik untuk menambah wawasan. Ditambahkan dengan praktik yang sesuai maka kombinasi ini cocok untuk menjadi cara paling jitu untuk mengejar kesuksesan. Begitu pula ketika tujuanmu adalah untuk mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pengusaha sukses gemar membaca. Mereka selalu menyempatkan waktu untuk membaca setiap hari. Karena hal itu berguna buat masa depan. Bahkan mereka tak segan memberikan rekomendasi buku favorit buat anak muda.

Daftar Buku Favorit Pengusaha Sukses Kelas Dunia, Sudah Pernah Baca?

Ada pernyataan dari Warren Buffett, pengusaha asal Amerika Serikat (AS), yang cukup terkenal dengan mengatakan, “Baca 500 halaman setiap hari. Begitulah cara kerja pengetahuan. Hal itu menumpuk, seperti bunga majemuk. Anda semua dapat melakukannya, tetapi saya jamin tidak banyak dari Anda yang akan melakukannya.”

Pendapat Buffett ada benarnya. Pasalnya membaca dapat mengembangkan pola pikir, pengetahuan luas, dan membantu untuk memahami suatu masalah. Membaca juga bermanfaat dalam menambah kosa kata serta mengajarkan tentang penyelesaian masalah. Lalu apa buku favorit pengusaha sukses?

Rekomendasi Bill Gates

Evicted: Poverty and Profit in the American City oleh Matthew Desmond

Buku ini memaparkan dampak yang sangat serius dari penggusuran. Seperti kehilangan rumah, mengirimkan keluarga ke shelter, rumah terlantar, hingga menggiring mereka ke jalanan. Penggusuran juga memicu korban penggusuran menjadi depresi dan sakit.

Di samping itu, penggusuran juga memaksa mereka pindah rumah di lingkungan berbahaya, berpisah dengan komunitas yang selama ini berada di wilayah sama, serta membahayakan keselamatan anak-anak.

Menurut co-founder Microsoft itu, Evicted membantunya untuk memahami masalah sistemik di AS. Masalah tersebut membuat penduduk AS tidak mampu memiliki rumah sekaligus program pemerintah yang dirancang buat memiliki tempat tinggal. Selain Gates, Barack Obama pun membaca buku ini. Buat kamu yang merasa menjadi sobat miskin dan ingin memperbaiki masa depan, wajib baca Evicted.

A Full Life: Reflections A Ninety oleh Jimmy Carter

Buku favorit pengusaha sukses versi Gates selanjutnya adalah A Full Life: Reflections A Ninety dari Jimmy Carter. Melalui buku ini, pembaca akan memahami bagaimana hidup Carter di pedesaan Georgia tanpa saluran air, listrik, dan terisolasi.

Sebelum menjabat sebagai Presiden AS ke-39, Carter terampil dalam segala hal mulai dari pertanian, kehutanan, pemadam kebakaran, pembuatan furnitur, kalkulus diferensial, hingga fisika nuklir. Sebagaimana diketahui dia kerap dikritik karena mengelola hal-hal kecil, seperti mengawasi jadwal untuk lapangan tenis White House. Tetapi berkat keterampilan tersebut, dia sukses menjadi pemimpin di Negara Adidaya.

Business Adventure oleh John Brooks

Pengusaha sukses merekomendasikan buku favorit kepada juniornya. Itu yang dilakukan oleh Warren Buffett kepada Gates pada 1991. Dan Gates merekomendasikan kepada khalayak umum. Business Adventure, menurut suami Melinda ini adalah buku bisnis dengan kekuatan storytelling.

Sehingga pembaca tidak merasa monoton terhadap pembahasan bisnis.

Brooks menjelaskan produk, rencana produksi, dan promosi marketing yang sempurna tak ada artinya jika kamu tidak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang tepat untuk menjalankan rencana tersebut. Pasalnya, faktor sumber daya manusia sangat penting dalam setiap bisnis.

Buat kamu yang sedang merintis bisnis wajib baca Business Adventure. Bahkan Gates mengakui bahwa karya Brooks tersebut merupakan buku bisnis terbaik yang pernah ia baca.

Rekomendasi Warren Buffett

The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Anak muda yang sedang belajar investasi, wajib baca The Intelligent Investor. Hal itu rekomendasi dari Warren Buffett yang mengakui bahwa ini adalah buku investasi terbaik.

Graham memaparkan, sukses investasi tidak membutuhkan ilmu bisnis luar biasa, IQ tinggi, maupun informasi dari orang dalam. Tetapi dibutuhkan framework atau kerangka kerja intelektual sehat untuk membuat keputusan serta kemampuan menjaga emosi dari hal-hal yang merusak kerangka tersebut. Buku Graham ini memiliki kerangka kerja investor yang jelas dan tepat.

The Outsiders: Eight Unconventional CEOs and Their Radically Rational Blueprint for Success oleh William N. Thorndike

Satu lagi buku favorit pengusaha sukses Buffett buat kamu yang tengah merintis bisnis, The Outsiders. Buku ini mengulas delapan kunci sukses CEO perusahaan publik, yakni General Cinema, Ralston Purina, The Washington Post Company, Berkshire Hathaway, General Dynamics, Capital Cities Broadcasting, TCI, dan Teledyne.

Buku menuliskan bagaimana perusahaan publik melakukan pendekatan non-konvensional untuk menghasilkan pengembalian pemegang saham melalui pembelian kembali saham, divestasi, penawaran ekuitas, dan utang. Selain itu, para CEO mampu merekrut SDM andal serta wakilnya yang piawai menjalankan bisnis dan mereka bisa membuat keputusan optimal.

Rekomendasi Mark Zuckerberg

Portfolios of the Poor oleh Daryl Collins, Jonathan Morduch, Stuart Rutherford, dan Orlanda Ruthven

Selama 10 tahun, empat peneliti (Daryl Collins, Jonathan Morduch, Stuart Rutherford, dan Orlanda Ruthven) mempelajari kehidupan finansial masyarakat kelas bawah di Bangladesh, India, dan Afrika Selatan.

Mereka menemukan bahwa kemiskinan ekstrem berkembang bukan di area di mana orang-orang hidup dari satu penghasilan ke penghasilan lain, tetapi karena tidak memiliki akses ke institusi keuangan untuk menyimpan uang mereka.

Dari buku ini Zuckerberg terkejut. Dia tidak percaya bahwa setengah dari populasi penduduk dunia berbiaya hidup sekitar USD2.50 per hari, atau malah kurang. Jika dirupiahkan sekitar Rp34.000.

“Saya harap membaca buku ini bisa memberikan beberapa wawasan terhadap cara kita membantu hidup mereka lebih baik,” kata Zuckerberg, dikutip dari Business Insider.

Rekomendasi Elon Musk

Superintelligence: Paths, Dangers, Strategies oleh Nick Bostrom

Presiden Joko Widodo berencana menggantikan peran Pegawai Negeri Sipil dengan teknologi AI. Bagaimana menurutmu? Jika kamu mendukung, itu artinya wajib baca buku favorit pengusaha sukses Elon Musk (Bill Gates juga membacanya, loh).

Buku karya Nick Bostrom ini menjelaskan keunggulan sekaligus ancaman dari artificial intelligence (AI). Aplikasi AI akan menunjang teknologi dan data lebih baik. Tetapi jika tidak dikelola dengan hati-hati dapat menjadi ancaman melebihi senjata nuklir dan manusia menuju kepunahan.

Rekomendasi Jeff Bezos

The Remains of the Day oleh Kazuo Ishiguro

Buku favorit pengusaha sukses selanjutnya human mengenai bisnis atau investasi. Rekomendasi Jeff Bezos justru pada novel yang terbit pada 1989, The Remains of the Day. Novel menceritakan Stevens, kepala pelayan salah satu bangsawan Inggris, dengan teman lamanya, Miss Kenton.

“Ini adalah salah satu buku favorit saya. Ketika membaca Anda tidak bisa melakukan apa-apa, tetapi akan berpikir. Saya telah menghabiskan 10 jam dalam menjalani alternatif hidup dan belajar sesuatu tentang kehidupan dan penyesalan,” kata CEO Amazon.com, dikutip Newsweek.

Delapan rekomendasi buku favorit pengusaha sukses di atas layak kamu baca. Tak hanya kamu yang sedang menjalankan bisnis. Tetapi kamu yang berusaha mendapatkan masa depan cerah. Jika ingin sukses, ikuti kebiasaan orang sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait