9 Kisah Nyata Pengusaha Sukses dari Keluarga Miskin

Kisah Nyata Pengusaha Sukses
Kisah Nyata Pengusaha Sukses

Beberapa orang kaya di dunia terlahir tidak kaya atau berasal dari keluarga miskin. Ke-9 kisah nyata pengusaha sukses di bawah ini mengingatkan kita bahwa melalui tekad, keberanian, konsistensi, dan sedikit keberuntungan, siapa pun dapat mengalahkan keadaan miskin  dan mencapai kesuksesan luar biasa.

1. Roman Abramovich

Abramovich lahir di Rusia selatan dalam keadaan miskin. Setelah menjadi yatim piatu pada usia dua tahun, ia dibesarkan oleh seorang paman dan keluarganya di wilayah subarctic di Rusia utara. Ketika masih berstatus mahasiswa di Moscow Auto Transport Institute tahun 1987, Roman membangun usaha kecil yang memproduksi mainan plastik.

Usaha ini membantunya menemukan bisnis minyak, dan membesarkan dirinya sendiri dalam industri minyak. Dia mengakuisisi Chelsea Football Club pada tahun 2003 dan memiliki kapal pesiar terbesar di dunia yang menghabiskan biaya hampir 400  juta dolar pada tahun 2010.

2. Mohed Altrad

Dilahirkan dan hidup nomaden di gurun Suriah dari seorang ibu miskin yang diperkosa oleh pemimpin sukunya. Ibunya meninggal ketika Altrad masih sangat muda. Altrad dibesarkan oleh neneknya, yang melarangnya bersekolah di Raqqa, kota yang pernah menjadi ibu kota ISIS.

Altrad tetap bersekolah, dan ketika dia pindah ke Perancis untuk kuliah, dia tidak tahu bahasa Perancis. Altrad benar-benar hidup prihatin saat bersekolah di Perancis, dia bahkan makan hanya sehari sekali.

Perjuangannya tidak sia-sia, Altrad mendapatkan gelar PhD dalam ilmu komputer. Dia kemudian bekerja untuk beberapa perusahaan Perancis terkemuka, dan akhirnya membeli perusahaan mesin konstruksi yang diubahnya menjadi salah satu produsen perancah dan pencampur semen terkemuka dunia, Altrad Group.

3. Kenny Troutt

Troutt hidup bersama ayahnya yang seorang bartender. Dengan penghasilan ayahnya yang tidak besar, Troutt membiayai kuliahnya sendiri di Universitas Illinois Selatan dengan bekerja sebagai sales asuransi jiwa.

Troutt sukses mendirikan perusahaan telepon Excel Communications yang dibangunnya pada tahun 1988. Perusahaan tersebut go public pada tahun 1996. Sebagian besar kekayaannya berasal dari perusahaan yang didirikannya.

Dua tahun kemudian, Troutt menggabungkan perusahaannya dengan Teleglobe dalam kesepakatan 3,5 miliar dolar. Kini Troutt sudah pensiun dan banyak berinvestasi dalam pacuan kuda.

4. Howard Schultz

Dalam sebuah wawancara dengan tabloid Inggris Mirror, Schultz mengatakan, “Tumbuh dewasa saya selalu merasa seperti hidup di sisi lain. Saya tahu orang-orang di sisi lain memiliki lebih banyak sumber daya, lebih banyak uang, keluarga lebih bahagia. Dan untuk beberapa alasannya, saya tidak tahu mengapa atau bagaimana, saya ingin memanjat pagar itu dan mencapai sesuatu di luar apa yang orang katakan mungkin saja terjadi.”

Schultz memperoleh beasiswa sepak bola dan mengantarkannya ke Universitas Michigan Utara. Setelah lulus Schultz bekerja untuk Xerox. Dia kemudian mengambil alih sebuah kedai kopi bernama Starbucks, yang saat itu hanya memiliki 60 toko. Schultz menjadi CEO perusahaan pada tahun 1987 dan mengembangkan kedai kopi itu ke seluruh dunia dengan lebih dari 16.000 outlet.

5. Ken Langone

Untuk membantu membayar sekolah di Universitas Bucknell, Langone bekerja serabutan, sementara orang tuanya menggadaikan rumah mereka. Pada tahun 1968, Langone bekerja dengan Ross Perot untuk mempublikasikan Sistem Data Elektronik.

Dua tahun kemudian, dia bermitra dengan Bernard Marcus untuk memulai Home Depot, yang juga go public, pada 1981.

6. Oprah Winfrey

Siapa tak kenal Oprah Winfrey, seorang selebritis dan pembawa acara terkenal di Amerika Serikat. Siapa sangka ternyata dia dilahirkan dari keluarga miskin di Mississippi. Meski dilahirkan dari keluarga tidak mampu namun itu tidak menghentikannya untuk terus maju dalam pendidikan.

Oprah berhasil memenangkan beasiswa ke Universitas Negeri Tennessee dan menjadi koresponden TV Afrika-Amerika pertama di negara bagian itu pada usia 19 tahun. Pada tahun 1983, Winfrey pindah ke Chicago untuk bekerja di sebuah acara talk show AM yang nantinya akan disebut The Oprah Winfrey Show dan melejitkan namanya sebagai pembawa acara papan atas di Amerika Serikat.

7. John Paul DeJoria

Sebelum usia 10 tahun, DeJoria, menjual kartu Natal dan surat kabar untuk membantu menghidupi keluarganya. Dia akhirnya dikirim untuk tinggal di panti asuhan dan bahkan menghabiskan beberapa waktu di geng sebelum bergabung dengan militer.

Dengan pinjaman 700 dolar, DeJoria menciptakan John Paul Mitchell Systems dan menjual sampo dari pintu ke pintu saat tinggal di mobilnya. Dia kemudian mulai Patron Tequila, dan sekarang berinvestasi di industri lain.

8. Leonardo Del Vecchio

Del Vecchio merupakan satu dari lima anak yang dikirim ke panti asuhan karena ibunya yang janda tidak bisa merawatnya. Dia kemudian bekerja di pabrik membuat cetakan onderdil dan bingkai kacamata.

Pada usia 23 tahun, Del Vecchio membuka tokonya sendiri dan berkembang menjadi pembuat kacamata hitam dan kacamata resep terbesar di dunia, termasuk merek Ray-Ban dan Oakley.

9. George Soros

Di awal masa remajanya, Soros menyamar sebagai putra baptis seorang pegawai Kementerian Pertanian Hongaria agar tetap aman selama pendudukan Nazi di Hongaria. Pada 1947, Soros melarikan diri dari negara itu untuk tinggal bersama kerabat di London.

Dia bersekolah London School of Economics bekerja sebagai pelayan dan porter kereta api. Setelah lulus, Soros bekerja di toko suvenir sebelum mendapatkan pekerjaan sebagai bankir di New York City. Pada tahun 1992, spekulasinya terhadap pound Inggris membuatnya menjadi miliarder.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait