Bangun Pagi Hari Adalah Keharusan Bagi Pengusaha Sukses

bangun pagi hari
bangun pagi hari

Kebiasaan untuk selalu bangun di pagi hari memang sering diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil. Mungkin banyak dari kamu yang hingga saat ini masih bertanya-tanya, mengapa kita harus membiasakan diri untuk bangun pagi hari? Sebab, kebiasaan bangun pagi dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mentalmu saat melakukan rutinitas aktivitasmu sehari-hari.

Oleh karenanya, kamu perlu membiasakan diri untuk bangun pagi setiap harinya. Hal ini juga sudah menjadi kebiasaan dari para pengusaha sukses, sebut saja Bill gates, Warren Buffet, Arianna Huffington, Marc Zulkenberg, dan masih banyak lagi pengusaha sukses lainnya.

Nah, berikut ini adalah manfaat dari kebiasaan bangun pagi hari.

Memiliki Banyak Waktu Luang

Dengan selalu membiasakan diri untuk selalu bangun pagi hari, setidaknya kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak dibandingkan dengan orang lain yang tidak bangun pagi. Misalnya saja, kamu setiap harinya bangun pada pukul 5 pagi, di mana kamu masih bisa sempat untuk sarapan pagi, mandi, hingga berolahraga sekalipun.

Ini menjadi salah satu manfaat bagi kamu yang memiliki kebiasaan bangun pagi di setiap harinya, yaitu memiliki manajemen waktu yang lebih baik. Bahkan, investor sukses seperti Warren Buffet diketahui sangat suka membaca buku di pagi hari sebelum memulai aktivitasnya sebagai seorang miliarder di kantornya.

Mood Kamu Menjadi Lebih Baik

Pasti kamu sering mendengar temanmu mengatakan “bad mood” ketika sedang mengerjakan sesuatu pekerjaan, hal ini bisa disebabkan gara-gara kamu sering bangun kesiangan. Namun, jika kamu membiasakan diri untuk selalu bangun pagi, pasti kamu akan merasakan perbedaannya. Yang mana, ketika kamu bangun pagi tubuhmu akan terasa lebih segar dibanding saat bangun kesiangan. Oleh karena itu, ada suatu anggapan bahwa orang yang bangun kesiangan biasanya disebut sebagai orang malas. Jadi, jika kamu sudah malas bangun pagi, bagaimana dengan pekerjaan-pekerjaanmu selanjutnya di hari yang sama? Tentu saja, kamu tidak memiliki cukup waktu dan energi untuk mengerjakan pekerjaanmu dan lebih memilih untuk mengerjakan tugas-tugas kantormu di rumah.

Tidak Mudah Stres

Terkadang rutinitas pekerjaan sehari-hari membuat kita mudah untuk menjadi stres, salah satunya bisa disebabkan oleh manajemen waktu yang tidak baik saat ingin berangkat kerja. Namun, kalau kamu rajin bangun pagi, hal ini nampaknya dapat mudah untuk diatasi karena kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan hal-hal lain terlebih dahulu sebelum berkutat satu harian di depan laptopmu.

Dengan bangun pagi, setidaknya kamu sudah menekan tingkat depresimu demi menjaga konsistensi saat bekerja yang berimbas terhadap produktifitas dan kinerjamu.

Memiliki Perencanaan

Layaknya pekerja di kantor, mereka diharapkan untuk datang tepat waktu atau datang lebih awal. Lantaran, setiap pagi biasanya para pemimpin tim menyempatkan waktu untuk berdiskusi dengan para stafnya untuk mengetahui target pekerjaan yang ingin dicapai pada hari tersebut. Kegiatan ini disebut “briefing” yang umumnya sering dilakukan di pagi hari sebelum mulai bekerja, kegiatan seperti ini biasanya bisa kamu temukan ketika kamu aktif sebagai seorang tenaga pemasaran di perusahaan. Kamu akan diajak berdiskusi oleh atasanmu perihal target penjualan dan lokasi pelanggan mana saja yang ingin kamu kunjungi pada hari tersebut. Ini menjadi kunci penting agar pekerjaanmu di hari tersebut sesuai dengan perencanaan awal.

Keempat hal ini merupakan manfaat dari kebiasaan bangun di pagi hari yang bisa kamu rasakan langsung terhadap kinerja dan produktifitasmu saat melakukan pekerjaan sehari-hari. Namun, bagaimana caranya agar kamu terbiasa untuk bangun pagi setiap harinya?

Cara Bangun Pagi Hari Setiap Harinya dengan Mudah

Tidur Malam Dimulai Pukul 8-12 Malam

Sebagai manusia normal pasti kita membutuhkan waktu tidur yang cukup, Setidaknya kamu butuh tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Oleh karena itu, biasakanlah untuk tidur malam dimulai dari pukul 8-12 malam. Hal ini sangat membantu kualitas tidurmu agar nyenyak.

Atur Pencahayaan Kamarmu

Bagi sebagian orang, tidur malam dalam kondisi ruangan kamar yang gelap menimbulkan rasa takut, yang membuat mereka menjadi sulit tidur. Tetapi, kamu bisa mengatur pencahayaan ruang kamarmu dengan memberikan sedikit lampu yang ditaruh di meja samping ranjangmu. Hal ini bisa membuat kamu nyaman saat tidur malam, selain itu, kamu juga perlu memperhatikan posisi bantal dan gulingmu agar tidak terkena sakit punggung saat bangun tidur nantinya.

Gunakan Alarm

Jika kamu merupakan orang yang memang susah untuk bangun pagi, kamu bisa mengakalinya dengan mengatur alarm di ponsel pintarmu agar bisa membantumu untuk bangun pagi.

Atur Suhu Kamarmu

Suhu kamar yang terlalu dingin membuat kamu menjadi sulit tidur, hal ini tentu saja sangat menganggu waktu tidurmu. Oleh karenanya, kamu bisa mengatur suhu AC kamarmu sesuai dengan tingkat kenyamananmu saat tidur malam. Jika kamu mengatur suhu 22 derajat celcius AC-mu, jangan lupa untuk memilih mode auto bukannya mode cool.

#Calon Pengusaha Sukses Tahu Bagaimana Cara Menunjang Aktivitasnya Sehari-hari

Ada anggapan yang mengatakan bahwa untuk meraih kesuksesan, kamu perlu melakukan hal-hal yang kecil terlebih dahulu yakni dimulai dari dirimu sendiri. Salah satunya adalah membiasakan diri untuk selalu bangun tidur di pagi hari, yang mana kamu bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Intinya, untuk menjadi pengusaha sukses seperti Warren Buffet, Marc Zulkenberg, Bill Gates, dan lain sebagainya. Kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik untuk diri kamu sendiri. Di mana, semua itu dimulai saat pagi hari yakni bangun pagi secara teratur untuk mendapatkan waktu yang luang yang lebih banyak untuk melakukan perencanaan, olahraga, dan kegiatan produktif lainnya yang membuat mood kamu menjadi lebih baik sebelum benar-benar melakukan rutinitasmu saat bekerja.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait