Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Membangun Mindset untuk Menjadi Pengusaha Sukses

cara membangun mindset

Ajaib.co.id – Masih mencari cara membangun mindset untuk menjadi orang yang sukses? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membeberkan cara membangun mindset agar kamu bisa lebih paham melalui ulasan berikut ini.

Mindset sangat berpengaruh dalam kesuksesan setiap orang. Pasalnya, pola pikir selalu menentukan dalam dunia bisnis untuk meraih kesuksesan. Seperti halnya yang dilakukan oleh penulis internasional, Tony Robbins yang mampu meraup uang hingga 6 miliar dolar Amerika Serikat mengatakan, kesuksesan ditentukan oleh 20 persen bakat dan 80 persen psikologis. Maksudnya, mindset sangat penting dalam meraih kesuksesan bukanlah sebuah omong kosong.

Apa itu Mindset?

Mindset adalah pandangan mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi fenomena. Di mana, mindset terdiri dari seperangkat asumsi, metode atau catatan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok yang tertanam dengan sangat kuat di dalam diri orang atau kelompok tersebut.

Mindset menurut James Artur Ray adalah kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang, atau cara berfikir yang menentukan perilaku, pandangan, sikap, dan masa depan seseorang. Sedangkan menurut dr. Ibrahin Elfiky, mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu yang sama.

Dari beberapa definisi di atas, maka bisa kita simpulkan, mindset sebagai kepercayaan (belief), cara berfikir yang mempengaruhi perilaku (behavior), dan sikap (attitude) seseorang yang akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

Jenis-Jenis Mindset

Terdapat 2 (dua) jenis mindset menurut Carol Dweck “2006” , yaitu fixed mindsset dan growth mindset. Apa perbedaan keduanya? Di bawah ini, Ajaib akan menjelaskan lebih detailnya.

1. Fixed Mindset “Mindset Tetap”

Fixed mindset didasarkan atas kepercayaan bahwa kualitas seseorang sudah ditetapkan. Di mana, jika seseorang memiliki sejumlah inteligensi tertentu, kepribadian tertentu, dan DNA karakter moral tertentu. Ada beberapa ciri-ciri dari orang dengan mindset tetap atau fixed mindset adalah:

a. Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, sifat yang berfungsi sebagai hereditas/keturunan.

b. Menghindari adanya tantangan.

c. Mudah menyerah.

d. Mengganggap usaha tidak ada gunanya.

e. Mengabaikan kritik.

f. Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

2. Growth Mindset atau Mindset Berkembang

Mindset berkembang atau growth mindset didasari atas kepercayaan bahwa kualitas dasar seseorang adalah hal yang diolah melalui upaya tertentu. Meskipun manusia mungkin berbeda dalam segala hal, dalam bakat dan kemampuan awal, minat atau temperamen setiap orang bisa berubah dan berkembang lewat perlakukan dan pengalaman. Biasanya orang yang memiliki growth mindset akan terlihat dari beberapa ciri-ciri berikut:

a. Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, dan sifat bukan merupakan fungsi, keturunan.

b. Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya.

c. Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan.

d. Berpandangan positif terhadap usaha.

e. Belajar dari kritik yang diberikan.

f. Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dan ide-ide dari kesuksesan orang lain.

Cara Membangun Mindset

Pengambilan keputusan yang tepat sangat penting dalam menemukan kesuksesan seseorang. Supaya menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam mengambil keputusan, kamu harus punya mindset yang tepat. Lalu, bagaimana cara membangun mindset agar menjadi pengusaha yang sukses. Berikut beberapa kiat membangunnya.

1. Berani Mengambil Risiko

Dengan membangun mindset berani, berarti kamu harus mengambil risiko yang cukup besar untuk bisa menilai apakah potensi imbalan yang dapat diterima setimpal dengan risiko yang ada. Selain itu, untuk berani mengambil risiko, kamu perlu mempunyai visi jangka panjang yang tepat.

Untuk melatih mindset ini, kamu harus melawan ketakutan anda dalam berwirausaha dan mengambil langkah-langkah identifikasi risiko untuk mengetahui seberapa besar risiko yang dapat anda ambil serta bagaimana cara menanggulanginya.

2. Percaya Diri

Karena mindset positif datang dari kepercayaan diri dan mindset negatif datang dari keraguan. Kamu tidak boleh ragu dengan kekuatan pribadi yang kamu punya. Sebab, ketika kamu percaya diri, tidak ada yang bisa menghentikan kamu.

Kamu tidak boleh banyak alasan untuk membangun mindset yang positif. Tentunya, banyak alasan itu bisa membunuh kepercayaan, keinginan, dan kekuatan kamu. Ketakutaan bakal menimbulkan hal negatif yang bisa merusak segalanya.

Bila kamu tidak percaya diri, maka kamu bakal mempunyai sugesti tidak bakal berhasil. Mereka juga berpikir negatif tidak bisa menghargai diri sendiri. Padahal, mereka bisa sangat berharga untuk orang lain.

Lihatlah sisi baik yang ainda miliki, apa keistimewaan anda dari lainnya. Hal ini akan menimbulkan kepercayaan diri yang kuat dan menghilangkan mindset negatif yang menimbulkan keterpurukan diri sendiri.

3. Kendalikan Emosi

Emosi adalah sesuatu yang bahaya dan bisa menghancurkan mindset kamu. Biasanya, emosi bakal muncul jika ada hal negatif di sekitar kamu, mulai dari orang yang tidak disukai hingga menguasai otak kamu dalam berpikir.

Keseimbangan dalam emosi maupun perasaan adalah hal penting untuk bertahan dari berbagai masalah. Tanpa keseimbangan emosi seseorang akan memiliki harapan, dia lebih banyak memiliki keputusasaan dan hanurnya semua impian.

Keseimbangan emosi akan memperbaiki mood atau perasaan seseorang. Seseorang yang sering emosi, mereka justru tidak akan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Jika kamu tidak bisa menahan emosi, maka kinerja dalam bekerja bakal terganggu.

Tak hanya itu, emosi juga bakal menganggu pekerjaan dan bisa mengubah mindset positif menjadi negatif. Guna meredam emosi yang muncul, kamu harus memulainya dengan senyuman. Biasanya, senyum terlihat sepele, tapi senyum ini bisa mengurangi risiko emosi yang tambah besar.

Seseorang yang sedang emosi tidak akan mampu berpikir secara jernih dan tidak akan mampu mencapai apa yang diharapkan. Senyuman akan membawa anda larut dalam emosi dan dengan pemikiran positif segala bentuk emosi tidak akan menggangu kamu.

4. Berpikir Positif

Untuk menjadi orang sukses, hindari untuk berpikir negatif. Buang segala hal yang mengganggu pikiranmu. Meskipun banyak tantangan yang kamu hadapi, kamu tetap harus berpikir positif.

Biasanya, ketika orang dengan pikiran negatif mendapatkan kegagalan, mereka akan menganggap bahwa diri mereka selalu salah dan tidak bisa menganggap diri mereka telah melakukan yang terbaik. Sedangkan, orang dengan mindset baik akan menganggap bahwa mereka telah melakukan semaksimal mungkin, dan akan terus berusaha lebih baik lagi ketika saat itu mengalami kegagalan.

Jika kamu merasa memiliki pikiran negatif, anggaplah itu hanya program masa lalu kamu yang terus diulang. Cobalah putuskan untuk mengganti dan putar haluan dengan membuat mindset positif yang lebih mendukung kamu melakukan perubahan dan menarik hal-hal positif dalam hidup.

5. Berani Gagal

Orang yang sukses adalah orang yang tidak takut akan kegagalan. Di mana, ketika mereka mengalami kegagalan, mereka akan terus mencoba hingga semua yang mereka lakukan menjadi baik dan tidak gagal kembali. Kegagalan yang mereka dapatkan akan membuat mereka terus berusaha dan jadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga. Jadi, buat kamu yang ingin sukses, jangan pernah untuk takut gagal dan coba terus apa yang kamu lakukan hingga kesuksesan datang.

6. Fokus

Untuk menjadi orang yang sukses, kamu juga harus latih fokus kamu dalam mengerjakan sesuatu. Salah satu cara untuk mulai fokus menjalankan berbagai hal dan masalah, kamu harus mengetahui terlebih dulu apa tujuan kamu dan mana prioritas yang ingin kamu dahulukan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menyelesaikan proyek mana yang prioritas dan bisa selesai tepat waktu.

Jadi mulai sekarang, agar lebih fokus menjalankan pekerjaan, kamu harus lebih pintar memilih proyek mana yang prioritas dan harus diselesaikan lebih dulu. Fokuskan seluruh energi dan pikiran kamu untuk menyelesaikannya, kemudian setelah selesai kamu bisa menyelesaikan proyek selanjutnya.

7. Siap Bekerja Keras

Ketika kamu sudah memiliki tujuan dalam hidup dan pekerjaan, kamu juga harus siap bekerja keras demi mencapai tujuan tersebut. Jangan pernah mengeluh ketika kamu harus lembur, dan lakukan segalanya dengan lebih baik.

Biasanya, kamu harus melakukan kerja keras di tahap awal, Dan setelahnya, kamu hanya perlu memonitor dan memikirkan strategi baru dalam bisnis ataupun pekerjaan.

Itulah beberapa hal tentang mindset atau cara berpikir yang harus kamu tanamkan dalam hidup dan diri kamu mulai sekarang. Dengan memiliki mindset yang baik, kamu bisa membuat hidupmu lebih baik.

Bukan hanya dalam bisnis, pekerjaan, ataupun kehidupan. Kamu juga harus memiliki mindset yang baik dalam masalah keuangan. Investasi merupakan salah satu mindset yang harus kamu miliki untuk mendapatkan masa depanmu lebih baik, terutama dalam hal keuangan. Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja. Hanya dengan Rp10 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan return dan keuntungan untuk masa depanmu lebih baik.

Artikel Terkait