Motivation Letter untuk Mendapatkan Program Beasiswa

Motivation Letter untuk Mendapatkan Program Beasiswa

Motivation letter atau yang sering disebut statement of purpose atau letter of intent merupakan salah satu syarat yang diajukan dalam pendaftaran beasiswa di bidang pendidikan. Surat ini nantinya akan digunakan dalam menyeleksi para pendaftar serta tujuan dan niat kamu dalam pendaftaran tersebut serta untuk melihat berbagai potensi yang kamu miliki.

Motivation letter sangat memengaruhi peluang kamu untuk diterima program beasiswa. Oleh karena itu, ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat motivation letter yang baik.

Motivation letter yang benar tidaklah bertele-tele dan berlebihan, namun menjelaskan bagaimana diri kamu dan kelebihan kamu secara padat dan singkat termasuk tujuan kamu mendaftar beasiswa

Contoh Motivation Letter

Berikut merupakan contoh atau isi dari motivation letter yang membuat kamu lebih menonjol daripada kandidat lainnya:

1. Jelaskan secara singkat mengenai dirimu, selanjutnya jelaskan identitas kamu dengan jelas, termasuk kelebihan dan kekuranganmu.

2. Jabarkan latar belakang pendidikan. Biasanya surat ini diperuntukkan dalam cakupan bidang pendidikan yang secara tidak langsung akan mengungkap latar belakang yang jelas yang nantinya berpengaruh dalam proses seleksi.

3. Tuliskan pengalaman dan prestasi yang pernah kamu raih. Pengalaman dan prestasi dalam pendidikan atau bidang kerja pun dapat mendorong perekrut untuk memahami diri Anda lebih dalam. Jabarkanlah dengan jelas pengalaman dan prestasimu.

4. Jelaskan skill kompetensi dan skill lainnya yang berpengaruh dalam proses seleksi.

5. Jelaskan alasan kamu mendaftar. Berikan alasan yang jelas dan lugas serta jujur, sehingga perekrut dapat melihat minat dan alasan kamu yang kuat.

6. Dalam pengajuan beasiswa, jelaskan mata kuliah yang menjadi minat kamu agar mereka dapat memahami kamu lebih baik untuk menunjang perekrutan.

6. Jelaskan mengapa kamu pantas mendapatkannya. Uraikan keunggulan Anda dan rencana jika kamu terpilih dalam seleksi.

7. Jelaskan apa saja rencana masa depanmu. Ini karena perekrut ingin tau potensimu jika terpilih, sehingga rencana kamu di masa depan sangat memengaruhi hasil seleksi.

8. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang berlebihan atau sombong, namun jangan juga menunjukkan bahwa kamu pesimis. Tuliskan dengan terstruktur dan berikan penjelasan singkat yang menarik. 

9. Uraikan kelebihan yang menurut kamu bisa membedakan dirimu dengan kandidat lain. Hal penting lainnya adalah bagaimana cara menarik perhatian perekrut saat kala mereka melihat motivation letter kamu, sehingga tonjolkanlah kelebihan.

10. Sertakan penjelasan yang jelas untuk kekuranganmu. Jika kamu memiliki kelemahan, kamu dapat menuliskannya, namun sertakan alasan mengapa kamu tetap lebih baik daripada kandidat lainnya walaupun kamu memiliki kekurangan.

Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Motivation Letter

Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar motivation letter kamu terlihat profesional dan kredibel. Berikut hal-hal yang sebaiknya tidak kamu cantumkan dalam motivation letter.

1. Tata bahasa yang buruk 

Hindari typo atau salah ketik dalam motivation letter. Cek kembali setelah Anda selesai membuatnya. Penggunaan bahasa informal dan hindari bahasa gaul atau informal karena akan membuat kamu terlihat tidak profesional.

2. Tidak percaya diri 

Hindari penulisan-penulisan yang menunjukkan bentuk ketidakpercayaan diri kamu dalam surat tersebut. Hal ini karena perekrut akan berusaha mengenal dirimu lewat motivation letter.

3. Mengeluh dan menyalahkan keadaan

Bila kamu mencantumkan kekurangan atau masalah dalam motivation letter, hindari pernyataan yang mengeluh atau menyalahkan situasi dan keadaan. Sebaiknya tunjukkan solusi dan rencana masa depan yang lebih baik untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Itulah beberapa hal penting dalam membuat mottivation letter. Dengan memahami cara membuatnya, kamu bisa lebih mudah mendapatkan program beasiswa yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk terus belajar ketika kamu berhasil mendapat beasiswa.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait