Harga Sekolah Penerbangan Swasta Sampai Miliaran?

Harga Sekolah Penerbangan Swasta Sampai Miliaran?
Harga Sekolah Penerbangan Swasta Sampai Miliaran?

Jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pilot atau berencana menyekolahkan anakmu menjadi seorang pilot, ada baiknya jika kamu mulai menabung atau mencari beasiswa untuk mewujudkan cita-cita. Pasalnya, biaya sekolah penerbangan swasta dikenal sangat mahal bahkan mencapai angka ratusan juta rupiah abahkan miliaran rupiah. Lalu, apa yang menyebabkan sekolah pilot menjadi sangat mahal? Ada tiga faktor yang menyebabkan sekolah penerbangan menjadi sangat mahal, antara lain:

Biaya avtur untuk latihan terbang

Terbang dengan menggunakan pesawat pastilah tidak lepas dari bahan bakar pesawat terbang yakni avtur. Avtur berbeda dengan bahan bakar kendaraan darat seperti mobil dan motor yang menggunakan bensin atau solar. Saat ini Indonesia masih berusaha untuk memproduksi avtur, namun masih dalam tahap uji coba.

Setiap sekolah, sudah pasti memiliki praktek langsung, tidak terkecuali sekolah penerbangan yang prakteknya adalah menerbangkan pesawat. Meskipun awalnya menggunakan simulator, namun perlahan akan menggunakan pesawat sungguhan. Harga avtur perliternya pada tahun 2019 sekitar Rp9.200. Pesawat cesna 172 membutuhkan avtur 48 galon di mana per galon berisi 3,7 liter. 

Biaya perawatan pesawat

Sekolah pilot, memiliki beberapa pesawat untuk bahan latihan para calon pilot mereka. Seperti misalnya pesawat Cessna 172, Cessna 172S, Piper Warrior II dan Piper Seneca II di mana masing-masing pesawat harganya tidak murah.

Cessna 172 kondisi baru memiliki harga US$ 44 ribu atau Rp 613 miliar. Cessna 172 merupakan pesawat termurah dan kerap menjadi pesawat paling favorit untuk calon penerbang pesawat komersil. Jika harganya saja sudah ratusan milyar, bisa Anda bayangkan berapa harga perawatannya

Lama pendidikan

Menjadi seorang pilot profesional akan menjalani pendidikan yang tidak sebentar. Sama seperti pendidikan pada umumnya, pendidikan pilot juga memiliki tahap-tahap dan mekanisme untuk menciptakan pilot handal yang dipercaya membawa ratusan penumpang melintasi udara.

Untuk lolos dari tahap-tahap tersebut, calon pilot harus mempunyai standar jam terbang sesuai dengan standar. Untuk level paling rendah yaitu Private Pilot License (PPL) yang mewajibkan 40 jam terbang. Di atas PPL ada Comercial Pilot License yang bisa didapat jika mereka sudah melewati 140 jam terbang.

Ketika seorang pilot sudah memperoleh ijazah CPL, maka mereka dapat mengambil lisensi izin terbang lainnya yang bernama Instrument Rating (IR). Lisensi ini didapat oleh cadet yang lulus terbang di malam hari dan mengantongi 180 jam terbang.

Selanjutnya para pilot harus memiliki lisensi MER yang menunjukkan kemampuan menerbangkan pesawat multi-engine dengan rata-rata jam terbang 190 jam. Lisensi MER ini adalah lisensi terpenting bagi seorang pilot dan membutuhkan waktu kurang lebih dua tahunan.

Harga Pendidikan Sekolah Penerbangan

Jika kamu masih penasaran berikut beberapa biaya sekolah penerbangan yang dapat kamu jadikan referensi:

1. Deraya Flying School Jakarta
Daftar biaya pendidikan:
PPL : Rp295 juta
CPL dan IR: Rp560 juta
MER: Rp147 juta

2. Genesa Flight Academy
Daftar biaya pendidikan:
Paket PPL, CPL, ME dan IR: US$ 66.500 atau Rp927 juta

3. Australian National Airline College
Daftar biaya pendidikan:
PPL: AUD$ 26,450 atau Rp369 jutaan
CPL: AUD$ 61,995 atau Rp864 jutaan
CPL dan IR: AUD$ 83,995 atau Rp1,172 miliar

4. Proflight Pilot School
Daftar biaya pendidikan:
PPL CPL dan IR: Rp 645 juta

5. Aero Flyer Institute
Daftar biaya pendidikan:
PPL, CPL, IR, dan MER: Rp 845 juta

Meski demikian, sekolah penerbangan swasta bukan satu-satunya alternatif yang harus kamu ambil untuk menyekolahkan anak menjadi pilot andal. Sekolah penerbangan negeri yang memiliki biaya relatif murah juga bisa menjadi pilihan, seperti STPI Curug dfn Banyuwangi (Negeri) yang mematok biaya yang cukup murah bila dibandingkan dengan Sekolah Penerbangan elit lain. Dengan merogoh kantong Rp500 Juta, calon penerbang dapat belajar tentang dunia kedirgantaraan untuk kemudian menjadi seorang pilot muda.

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa gaji seorang pilot sangat menjanjikan jika berhasil melewati trainee. Untuk jabatan kepten akan mendapatkan gaji sekitar Rp22,5-Rp65 juta. Namun ini tergantung dari maskapai tempat para pilot bekerja, serta jam terbang juga akan menjadi pertimbangan, semakin tinggi jam terbangnya maka semakin besar pula peluang mendapatkan gaji besar.

Jadi, jika kamu berniat menyekolahkan anak di sekolah penerbangan, jangan sampai untuk menabung mulai sekarang ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait