Belanja Sesuai Budget adalah Kunci Hidup Bahagia Bagi Millenial

Belanja Sesuai Budget adalah Kunci Hidup Bahagia Bagi Millenial
Belanja Sesuai Budget adalah Kunci Hidup Bahagia Bagi Millenial

Bagi kebanyakan orang belanja sesuai budget adalah wacana. Awal bulan adalah momennya gajian. Ini momen emasnya setiap pekerja dari semua level, karena semuanya merasakan kebahagiaan melihat kerja kerasnya akhirnya dihargai dan kelegaan karena tagihan-tagihan bisa lancar dibayarkan.

Biasanya di hari-hari ini, banyak sekali wacana tentang budget yang muncul di kepala, harus beli ini, perlu belanja itu, pingin punya ini, ngidam pesan itu! Para individu yang lebih “tertib” pasti langsung menyusun anggaran pengeluaran bulanan dengan perkiraan perhitungan dana untuk tiap kebutuhan.

Intinya, budget adalah perhitungan sejumlah dana yang dialokasikan untuk setiap jenis kebutuhan, yang diatur sedemikian rupa agar semua kepentingannya terpenuhi, malah, kalau bisa ada sisa untuk ditabung. Mulai dari pengeluaran survival (makanan & minuman, pulsa, transpor, obat), wawasan dan hiburan (movie, buku, hangout), insidentil (kado ulang tahun, kunjungan mendadak), cicilan (jika ada), dan bahkan investasi. Tapi sayangnya, di tengah pelaksanaannya, belanja sesuai budget adalah seringkali tinggal wacana.

Sesungguhnya budget adalah?

Budget adalah sebuah rencana keuangan untuk suatu periode tertentu. Di dalamnya bisa termasuk rencana volume penjualan, pendapatan, jumlah sumber daya, biaya, pengeluaran, aset, kewajiban dan arus kas. Perusahaan, pemerintaha, keluarga, dan organisasi lain menggunakan ini untuk merencanakan kegiatan atau acara dalam aturan yang terukur.

Budget adalah jumlah dana yang dialokasikan untuk tujuan tertentu dan merupakan rangkuman dari rencana pengeluaran, sekaligus cara untuk menepatinya. Budget akan meliputi juga budget surplus – yaitu menyisihkan dana untuk penggunaan di masa depan, atau deficit dimana pengeluaran melampaui pendapatan. 

Mengapa belanja di luar budget menjadi benih kebangkrutan?

Belanja di luar budget adalah situasi di mana pengeluaran melampaui pendapatan. Pengeluaran yang melampui pendapatan akan meninggalkan hutang. Jika terakumulasi, utang bertumpuk dan akhirnya nilainya bisa melampaui aset. Jika sudah begitu, apa lagi namanya selain bankruptcy  (bangkrut)? Hadapi tantangan keterbatasan pilihan di lapangan dengan kreativitas dalam mencari alternatif dan negosiasi harga, demi tercapainya disiplin belanja on-budget. 

Kunci sukses belanja on-budget, fokus pada tujuan utama

Ketika menyusun rancangan budget, seseorang pasti dengan jernih bisa menganalisa dan menetapkan besaran dana yang tepat bagi tiap tujuan pengeluaran. Tujuan-tujuan itu adalah patokan utamanya. Di tengah proses pelaksanaannya, manusiawi jika kadang siapapun terbawa suasana dan teralihkan dari tujuan utama. Terutama melihat betapa gencarnya serangan berbagai iklan di semua media, online maupun offline. Tapi berfokuslah kembali pada tujuan utama, seperti apa yang sudah tertuang rapi dalam rancangan budget, maka sistem keuangan akan tetap terjaga dan terlindungi dari bahaya kebangkrutan.

Manfaat pengeluaran on-budget adalah tercapainya cita-cita

Setiap kali menyusun anggaran keuangan, jangka pendek maupun panjang, selalu ada serangkaian tujuan besar, yang dijadikan pilar sebagai acuan dalam proses penganggaran. Tujuan-tujuan  besar itu umumnya berupa cita-cita hidup, seperti jenjang pendidikan, pernikahan, tempat tinggal, biaya pendidikan anak dan pensiun masa tua, yang semuanya membutuhkan budget besar, yang umumnya harus ditabung dari jauh sebelumnya.

Penyusunan budget bulanan juga otomatis disusun dengan cara mengacu pada tujuan-tujuan besar tadi, dan memperhitungkan besaran dan lamanya tabungan. Jadi, sekecil apapun pengeluaran yang dilakukan dengan disiplin dan ditepati sesuai budget adalah kunci penting yang secara langsung mempengaruhi kelancaran tercapainya cita-cita besar dalam hidup di masa depan. Yuk, berakit-rakit dahulu, berkapal pesiar kemudian!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait