Begini Cara Cek Pajak Mobil Online 2020, Jangan Sampai Telat!

cek pajak mobile online
cek pajak mobil online

Membayar pajak kendaraan baik mobil maupun motor adalah kewajiban setiap warga negara. Untuk memudahkan pelaksananya, sudah beberapa tahun belakangan pemerintah menyediakan inovasi berupa sistem cek pajak mobil online dengan perkembangan teknologi terkini.

Dengan demikian, paling tidak pemilik kendaraan bisa menghemat waktu untuk mengetahui besaran pajak yang harus dibayarnya. Selain itu, bisa pula untuk memastikan dan mengetahui kapan pajak yang harus dibayarkan jatuh tempo. Tentunya ini menjaid kabar baik bagi semua masyarakat.

Ketika datang ke kantor Samsat maka masyarakat tinggal melakukan pengecekan kondisi mobilnya dan kemudian membayar tagihan pajaknya. Ada sekian jam pelayanan yang terpangkas dan merupakan hal yang baik bagi semua pihak. Masyarakat lebih mudah dan nyaman sedangkan pemerintah bisa meningkatkan kualitas layanannya.

Cara Cek Pajak Mobil Online, Hemat Waktu dan Lebih Mudah

Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu cara mengecek pajaknya secara online. Meskipun sudah beberapa tahun berjalan namun selalu saja ada warga yang kemudian gagal membayar pajak karena tidak bersiap sebelumnya. Entah itu tagihan pajak yang tidak sesuai atau masalah teknis lainnya yang harusnya bisa diantisipasi sebelumnya dengan sistem online.

Pastikan kamu atau keluarga dan kerabat sekitarmu bukan salah satunya dengan melakukan pencekan sebelumnya secara online untuk mobilmu. Kamu bisa mencari informasi pajak mobil melalui website, aplikasi, ataupun SMS. Jadi, kamu tidak perlu lagi datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT).

Sebab, kamu bisa cek pajak mobil online dengan mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website SAMSAT yang lokasinya di tempat tinggalmu. Melalui website tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai pajak mobil. Untuk sekarang, hanya wilayah-wilayah tertentu saja yang sudah dilengkapi dengan fasilitas ini.

Ajaib telah merangkumkan cara cek pajak mobil online sesuai dengan daerahnya masing-masing.

1.     DKI Jakarta

Warga ibukota juga bisa menikmati layanan pajak secara online sepenuhnya. Jika mobilmu terdaftar di wilayah DKI Jakarta, kamu bisa mengecek Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) online melalui laman http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Setelah membuka laman tersebut, kamu harus mengisi form data kendaraan dan nomor pelat kendaraan.
  • Kemudian, masukkan kode dan klik “Proses”.
  • Setelah itu, kamu bisa melihat informasi mengenai pajak kendaraan. Jumlah pembayaran yang tertera di sana, belum termasuk pajak progresif atau denda jika sudah lewat jatuh tempo.
  • Kamu bisa membayar pajak kendaraanmu melalui ATM atau gerai Bank DKI di wilayah tempat tinggal kamu.

2.     Jawa Barat

Berbeda dengan DKI Jakarta, Jawa Barat belum sepenuhnya menerapkan layanan cek pajak secara online. Namun, kamu bisa mengunjungi laman https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ untuk mencari informasi mengenai pajak kendaraanmu.

Laman tersebut hanya bisa memberikan syarat dan informasi singkat mengenai PKB. Layanan pengecekannya pun menggunakan SMS. Untuk pembayarannya, kamu bisa melakukannya di ATM, SMS Banking, dan Internet Banking.

3.     Jawa Tengah

Provinsi ini juga menerapkan sistem pengecekan pajak mobil maupun motor secara online. Jika kendaraanmu terdaftar di wilayah Jawa Tengah, kamu bisa mengunjungi laman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Setelah membuka laman tersebut, kamu bisa mengisi nomor kendaraan dan klik “Submit”.
  • Untuk langkah selanjutnya, nantinya akan muncul nominal pajak yang belum termasuk progresif dan denda yang harus dibayar.

4.     DI Yogyakarta

Daerah yang terkenal dengan pariwisatanya ini juga tak kalah dalam menyediakan layanan pajak online. Kalau kendaraanmu terdaftar di Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi laman http://infonjkbdiy.com/ untuk mengetahui pajak kendaraan.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah:

  • Setelah mengunjungi laman di atas, kamu bisa memasukkan nomor polisi kendaraanmu dan klik “Submit”.
  • Nantinya, nominal yang muncul adalah nominal dari pajak utama yang belum termasuk pajak progresif dan denda.

5.    Jawa Timur

Wilayah paling timur di Pulau Jawa juga memungkinkan masyarakatnya untuk memanfaatkan sistem online dalam soal pajak. Untuk wilayah Jawa Timur, kamu bisa membuka laman https://esamsat.jatimprov.go.id/. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Setelah mengunjungi laman di atas, kamu bisa mengisi nomor plat kendaraan dan masukkan kode verifikasinya. Setelah itu, bisa klik “Cari”.
  • Nantinya, akan ada informasi PKB yang muncul di layar. Nominal tersebut adalah besaran biaya pajak normal dan belum termasuk pajak progresif serta denda.

Itulah cara cek pajak mobil online bagi kamu yang tidak sempat datang ke SAMSAT. Dengan begitu, kamu akan dimudahkan oleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah dalam hal pajak kendaraan.

Bacaan menarik lainnya:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 107/PMK.011/2013 Tentang Tata Cara Perhitungan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait