Beda Unit Link Asuransi dengan Askes Murni

unit link asuransi
unit link asuransi

Memahami beda unit link dengan askes murni bisa memudahkan kamu untuk mempertimbangkan layanan asuransi kamu. Seperti apa bedanya? Simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini.

Setiap manusia, umumnya kelas pekerja, memerlukan jaminan finansial. Perkembangan teknologi yang semakin maju turut memengaruhi layanan jaminan finansial yang beragam, yang juga mendorong orang untuk mulai memahami hal-hal seperti beda unit link dengan Askes murni.

Memahami beda unit link dengan Askes murni, juga kelas-kelas BPJS yang ada, adalah indikasi bagus bahwa kamu memerhatikan keadaan diri kamu sendiri. Mengingat bahwa risiko kecelakaan, penyakit, juga beban finansial bisa terjadi kepada siapapun, termasuk kelas pekerja.

Asuransi jiwa unit link bisa dikategorikan sebagai jaminan finansial yang pergerakannya cukup positif, meskipun tak jarang jaminan finansial yang satu ini juga memicu kontroversi, salah satunya terkait pemahaman soal manfaat dan risiko produk yang bisa menyasar.

Layaknya jaminan pada umumnya, asuransi jiwa unit link juga perlu pembayaran secara berkala. Nah, masalah akan datang jika ada miskomunikasi pemahaman produk, sehingga kamu bisa mengalami kesulitan pembayaran, dll.

Nah, agar kamu tidak mengalami kejadian seperti kekurangan pemahaman terkait produk. Yuk, pahami beda unit link asuransi dengan Askes murni

Pengertian Asuransi Unit Link Vs Asuransi Murni

#1 Asuransi Unit Link

Sebenarnya apa itu unit link? Unit link adalah asuransi jiwa yang mengkombinasikan dua jenis fungsi, yaitu proteksi dan investasi. Yuk, bedah masing-masing dua fungsi ini sebelum membeli asuransi

a. Investasi: Seperti pengertian pada umumnya, investasi unit link diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. Misal, jika kamu sudah berkeluarga, kamu membutuhkan investasi dana pendidikan agar tidak kesulitan untuk membayar biaya sekolah.

b. Proteksi: Berbicara asuransi jiwa, maka hampir tidak mungkin mengeliminasi faktor ini. Proteksi, akan melindungi kamu dari risiko-risiko besar, seperti meninggal dunia dan cacat karena kecelakaan.

Dari dua pengertian ini, dapat disimpulkan bahwa unit link bisa menjalani dua fungsi sekaligus, yaitu asuransi maupun investasi.

Agar mampu sepenuhnya mengerti beda unit link dengan Askes murni, maka kamu juga membutuhkan pengertian dari Askes murni. Apa sebenarnya Askes murni?

#2 Asuransi Jiwa Murni

Asuransi jiwa murni atau lebih familiar dengan nama Askes murni adalah jenis asuransi yang berjangka dan memiliki masa tanggungan yang terbatas. Biasanya, Askes murni maksimal hanya sampai 20 tahun.

Ketika memiliki asuransi jiwa, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, apa saja itu?

a. Dalam dunia asuransi, ada biaya yang harus dibayarkan atau dikenal dengan nama premi. Nah, Askes murni biasanya relatif murah. Bahkan ada yang hanya beberapa ratus ribu rubiah per tahunnya.

b. Meskipun preminya murah, namun Askes murni umumnya memliki biay tanggungan yang tinggi. Contohnya, jika premi hanya Rp 5 juta per tahun namun dana tanggungan mencapai 750 juta, maka jika yang menanggung asuransi meninggal saat masa kontrak aktif, tanggungan akan dilimpahkan kepada sanak saudara si penanggung.

Nah, dengan mendapatkan dua pengertian langsung serta manfaatnya, kamu bisa lebih mudah membedah beda unit link dengan Askes murni. Semoga selain membantu, artikel ini juga menjadi titik awal untuk kamu mulai belajar asuransi ataupun investasi ya!

Keunggulan Asuransi Unit Link Vs Asuransi Murni

#1 Asuransi Unit Link

Asuransi unitlink hadir sebagai solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, kecelakaan, dan lain sebagainya. Dengan asuransi ini, nilai tunai yang terkumpul akan diinvestasikan dalam bentuk not di dalam instrumen investasi.

Asuransi ini memiliki periode proteksi lebih lama. Di mana, kamu bisa mendapatkan proteksi dengan jangka waktu hingga 100 tahun, tergantung ketentuan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat investasi saat pembayaran premi tanpa rasa bingung, karena akan ada manajer investasi yang akan membantu kamu mengurus investasi tersebut. Sehingga, sebagai pemegang polis, kamu hanya bertugas untuk memiliki instrumen investasi yang tepat dan sesuai perencanaan keuangan.

Jika biasanya nilai asuransi akan hangus jika tidak digunakan, asuransi unit link tidak akan hangus. Karena kamu dapat mengambil nilai investasi yang terdapat dalam unit link tersebut sebagai hasil investasi. Kamu juga akan diberikan manfaat asuransi tambahan (rider) yang ditawarkan berupa layanan seperti biaya kecelakaan, keadaan kritis, cacat total, bebas premi ,dan juga biaya rawat inap.

Namun, meski memiliki banyak keuntungan, asuransi ini juga memiliki banyak kekurangan seperti biaya premi yang ditawarkan lebih mahal. Kamu juga tidak bisa menikmati keuntungan investasi yang besar, karena asuransi memiliki fokus utama yaitu proteksi bukan produk investasi.

#2 Asuransi Jiwa Murni

Asuransi ini sangat penting, terutama bagi tulang punggung keluarga. Asuransi ini akan memberikan perlindungan berupa kerugian finansial akibat kematian seseorang yang merupakan sumber nafkah keluarga.

Dengan asuransi ini, kamu sebagai tulang punggung tidak perlu khawatir masalah keuangan keluarga seperti pendidikan anak dan sebagainya. Karena asuransi ini akan menanggung kebutuhan finansial anggota keluarga yang ditinggalkan, sehingga kelangsungan hidup orang yang ditinggalkan akan tetap terjamin.

Jumlah uang pertanggungan dari asuransi jiwa ini telah disepakati di awal perjanjian. Untuk menerima manfaat ini, tertanggung wajib membayar sebuah premi baik bulanan maupun tahunan. Selain itu, asuransi jiwa ini juga dapat memberikan pertanggungan biaya perawatan dan pengobatan apabila terjadi kecelakaan atau ketika kamu terserang penyakit. Sehingga, kamu tidak perlu menghabiskan dana tabungan untuk membiayai pengobatan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan dan membelanjakan uang. Di mana, pendapatan yang kamu dapat bisa dialokasikan untuk asuransi yang tentu saja akan lebih berguna.

Bukan hanya meringankan kebutuhan finansial keluarga, asuransi ini juga akan memberikan manfaat pemakaman. Sehingga, keluarga tidak akan terbebani atas biaya dan kebutuhan untuk pemakaman. Belum lagi ada beberapa adat yang membutuhkan prosesi pemakaman dengan banyak dana yang besar. Dengan adanya asuransi jiwa ini, anggota keluarga yang masih hidup dapat melakukan klaim asuransi untuk mengganti biaya pemakaman tersebut.

Lalu berapa besar preminya? Jelas lebih murah dibanding asuransi unit link. Selein itu jumlahnya pun bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Meski murah, uang pertanggungannya bisa tinggi. Sehingga, saat tertanggung meninggal pada masa kontrak aktif, keluarga akan mendapat uang pertanggungan yang cukup besar.

Namun, kekurangan asuransi ini adalah ketika kamu tidak melakukan klaim, maka dana premi yang telah dibayarkan akan hilang. Selain itu, asuransi ini juga tidak bisa mengklaim penyakit kritis maupun kesehatan. Karena ada beberapa asuransi yang hanya menawarkan asuransi jiwa saja. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan manfaat kesehatan, kamu bisa mencari asuransi jiwa yang lengkap dengan asuransi kesehatan murni.

Mana Asuransi yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dari masing-masing asuransi, asuransi mana yang dirasa baik? Tentunya ini semua tergantung dengan kebutuhan dan kondisi kamu saat ini. Juka kamu sudah memiliki tanggungan, sudah saatnya kamu memiliki asuransi jiwa yang dapat memproteksi kamu secara finansial.

Namun, jika kamu ingin memiliki manfaat yang tidak hanya memproteksi diri dari kerugian finansial saat meninggal dunia, kamu bisa memilih asuransi unit link yang dapat ditambahkan dengan asuransi tambahan. Sehingga kamu tidak perlu repot membayar berbagai asuransi, dan hanya perlu membayar satu premi pada asuransi yang berbeda-beda.

Itulah penjelasan mengenai beda unit link dengan askes murni. Setelah kamu memahami dan menentukan pilihanmu, kamu bisa segera menghubungi agen asuransi yang akan membantu kamu mendaftarkan asuransi murni maupun asuransi unit link. Nah, sebelum menghubungi agen asuransi untuk membeli asuransi pilihanmu. Ketahui terlebih dulu tips membeli asuransi yang perlu kamu ketahui.

Tips Memilih Produk Asuransi yang Tepat

Masih bingung memilih produk asuransi yang tepat? Saat ini, kamu harus lebih jeli dalam membeli produk asuransi. Di mana, saat ini banyak sekali produk asuransi yang dijual di pasaran. Untuk mempermudah kamu dalam membeli asuransi, di bawah ini, Ajaib akan membantu kamu memilih asuransi kesehatan yang tepat.

#1. Sesuaikan Kebutuhan

Semakin banyaknya produk dan program asuransi kesehatan, kamu pasti merasa bingung ketika ingin membelinya. Jadi, sebelum kamu membeli, pastikan kamu memahami dengan baik, apa kebutuhan kamu membeli asuransi dan bagaimana kemampuan finansial kamu saat ini. Bagaimana cara menentukannya?.

Untuk mempermudah kamu menentukan jenis asuransi yang ingin dibeli, cobalah dengan menghitung berapa banyak fasilitas kamar yang sesuai dengan kebutuhan kamu (misalnya, kamar kelas I dengan fasilitas kamar, obat dan visit dokter dalam satu hari di RS tertentu sebesar Rp200.000) setelah itu pilih asurani yang sesuai.

#2. Pertimbangkan Manfaat yang Diterima

Manfaat yang diberikan asuransi menjadi hal penting yang harus kamu pertimbangkan dengan baik. Cobalah tanyakan mengenai apakah adanya ketersediaan dana dalam jumlah besar dan selalu siap setiap waktu untuk memfasilitasi pembayaran perawatan? Pastikan juga persyaratan saat mengambil dana tersebut mudah dan tidak dipersulit, misalnya hanya butuh melampirkan beberapa kuitansi, KTP dan bukti otentik terkait penggunaan manfaat tersebut.

#3. Pilih Asuransi dengan Cakupan Kerja Sama Rumah Sakit yang Luas

Pilih asuransi yang menyediakan layanan yang mudah dijangkau atau berada di sekitar tempat tinggal kamu. Tidak semua asuransi bekerja sama dengan seluruh rumah sakit. Jadi, cek terlebih dulu rekanan rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi tersebut. Pahami juga jenis perawatan yang diberikan pihak pelayanan kesehatan. Biasanya terdapat dua jenis perawatan yang ditawarkan asuransi seperti Rawat inap dan Rawat jalan. Sedangkan untuk Persalinan dan perawatan gigi hanya beberapa asuransi tertentu seperti BPJS Kesehatan.

#4. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jangan pernah jadikan asuransi menjadi beban bagi kamu untuk pembayaran preminya. Pilihlah asuransi dengan pembayaran premi maksimal 10% dari penghasilan per bulan yang kamu terima. Dan perlu duketahui, premi yang murah biasanya tidak sepenuhnya memberikan pertanggungan penuh.

#5. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan

Ini sangat penting sebelum kamu membeli asuransi di suatu perusahaan. Sebelum membelinya, cek terlebih dulu pengalaman perusahaan tersebut, dan cari tau bagaimana mereka menghandel asuransi kesehatan klien yang sudah ada. Jangan cepat-cepat tertarik dengan premi murah. Karena, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan fasilitas kesehatan yang disesuaikan dengan besaran premi klien.

#6. Pastikan Kemudahan Mengajukan Klaim

Hati-hati dengan tawaran premi harga miring karena pihak perusahaan asuransi tersebut biasanya memakai sistem reimbursement saat klien mengajukan klaim yang membuat klien membayar biaya pengobatan di awal. Terkadang jika tidak memakai sistem tersebut, klien sedikit dipersulit saat mengajukan klaim dalam suatu waktu. Dalam kasus ini banyak konsumen yang kurang memahami. Teliti kembali sebelum bertindak

#7. Bandingkan dengan Produk Asuransi dari Perusahaan Lain

Banyaknya perusahaan asuransi yang tersedia, pasti membuat kamu tertuntut untuk cermat memilih asuransi. Jangan tergiur dengan tawaran dari satu objek saja, cobalah gali sedetail mungkin informasi setiap perusahaan dan bandingkan dengan perusahaan lainnya. Mulai dari kisaran premi bulanan, jenis perawatan, sistem klaim, provider atau layanan penyedia kesehatan yang bekerja sama, rekanan rumah sakit yang luas, dan fitur-fitur lain dari pihak asuransi kesehatan.

#8. Hindari Perusahaan Asuransi yang Menyediakan Layanan Sebatas Tele-Marketing

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasa dan layanannya hanya dalam bentuk telepon. Karena keterbatasan waktu, seringkali penjelasan tentang produk asuransi kurang mendetail sehingga berakibat dengan kekecewaan klien terhadap layanan yang tidak sesuai. Coba cek kembali keamanan dan privasi perusahaan. Pastikan kamu tidak sedang “ditipu” mengingat asuransi juga merupakan aset masa depan dengan nominal yang tidak sedikit.

#9. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Jika kamu hanya membutuhkan jaminan untuk kesehatan dan asuransi jiwa, pastikan kamu memilih asuransi kesehatan murni. Kenapa? Jelas ini lebih murah dibanding asuransi unit link. Selain premi asuransi yang ringan, fokus asuransi ini ada juga hanya pada masalah kesehatan kamu. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar keuangan atau kerabat yang lebih berpengalaman seputar asuransi.

#10. Pahami Jenis Produk yang Difasilitasi Asuransi Kesehatan

Secara umum ada dua jenis produk yang sering ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia asuransi kesehatan.

a. Hospital Benefit

Produk ini memberikan penggantian biaya secara detail dan rinci terhadap seluruh biaya yang digunakan untuk berobat di layanan kesehatan, seperti rumah sakit. Sistem klaim yang digunakan adalah non-reimbursement atau cashless yakni biaya pengobatan akan langsung diganti pihak asuransi, dan kamu hanya perlu menggesek kartu asuransi kesehatan ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan sejenis.

b. Hospital Cash Plan

Produk asuransi yang memberikan penggantian terhadap nominal yang sesuai kesepakatan di awal pendaftaran polis asuransi ini. Misalnya: jika memilih nominal sebesar Rp500.000 per hari untuk perawatan di rumah sakit, maka jumlah tersebut yang akan diberikan, tanpa memerhatikan kisaran biaya yang keluar hari itu. Dengan kata lain kamu hanya menerima Rp500.000 setiap harinya, dan hingga masa perawatan selesai.

Sistem klaim yang digunakan adalah reimbursement, di mana kamu harus membayar biaya perawatan atau berobatnya terlebih dahulu, kemudian akan diganti oleh pihak asuransi setelah klien mengajukan surat pengajuan reimbursement.

Itulah beberapa perbedaan mengenai asuransi unit link dan asuransi murni. Semuanya sama-sama baik dan memberikan keuntungan yang berbeda. Agar kamu tidak bingung dalam memilih asuransi yang cocok buat kamu, cobalah cek dan perhatikan kembali, sebenarnya apa yang kamu butuhkan terhadap asuransi tersebut? Cek kembali kondisi keuanganmu, jangan sampai asuransi justru membebankan dirimu dan keluarga.

Bacaan menarik lainnya:

Persada. Sudarto, J. (1976). Dasar-dasar Ilmu Pasti Asuransi Jiwa. Jakarta: Bumiputera


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait