Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis

Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis
Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis

Dalam era modern ini, membayar pajak tidak lagi sulit. Kamu bisa membayarnya melalui banyak cara, salah satunya melalui internet banking BCA bisnis. Dengan menggunakan produk dari BCA itu, kamu akan sangat dimudahkan karena caranya yang mudah dan cepat. 

Bayar Pajak Lewat Internet Banking Sempat Dinonaktifkan

Memang sebenarnya pembayaran pajak melalui internet banking sempat dinonaktifkan. Hingga akhirnya, pembayaran pajak melalui internet banking ini diaktifkan kembali dengan alasan agar wajib pajak lebih rutin membayar pajaknya. Selain itu, BCA kembali mengaktifkan itu karena untuk mendukung sistem MPN G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi 2) yang memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

BCA Terus Mengoptimalkan Penerimaan Pajak Negara

Pihak BCA akan terus berusaha mengoptimalkan sistem penerimaan negara yang mendukung semua layanan yang diberikan mereka. Selain untuk mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah, BCA ikut bergabung untuk melakukan bukti nyata dalam memberi kemudahan kepada nasabahnya untuk bertransaksi.

Adapun semua transaksi terkait pembayaran pajak yang dilakukan akan tercatat sebagai bukti sudah melakukan pembayaran pajak. Sehingga menu PPH Final yang ada di internet banking dan ATM sudah dinonaktifkan. Sementara untuk transaksi pajak akan diwajibkan membuat kode billing.

Untuk membuat kode billing, bisa dikatakan cukup mudah. Kamu cukup mendaftarkan NPWP ke DJP Online setelah itu kamu bisa membuat kode tersebut. Jangan lupa untuk datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mengaktifkan EFIN (Electronic Filling Identification Number). Setelah kode biling berhasil dibuat, kamu tinggal melakukan pembayaran setoran pajak.

Cara Membayar Pajak Lewat Internet Banking

Pada prinsipnya, semua jenis pembayaran pajak lewat internet banking ini hampir sama. Kamu cukup masuk ke situs dan memilih pembayaran, kemudian masukkan kode billing yag telah dijelaskan di atas. Setelah itu, otorisasi dan kemudian kamu bisa membayar pajak. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara pembayaran pajak melalui internet banking BCA Bisnis.

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah log in terlebih dahulu ke internet banking BCA. 

2. Setelah berhasil masuk, kamu dapat memilih tombol tambah Daftar Pembayaran.

3. Pilih menu Penerimaan Negara. Dalam menu tersebut, kamu akan diminta memasukkan kode billing yang telah dibuat sebelumnya.

4. Masukkan kode billing pajak yang sesuai dengan jenis pajak yang akan dibayarkan.

5. Setelah itu, tekan tombol Lihat.

6. Kemudian akan muncul detail pembayaran pajak. 

7. Setelah semua sesuai, kamu bisa tekan tombol Simpan.

8. Untuk melakukan transaksi setoran pajak, masukkan kode token yang ada pada bank. Jangan lupa untuk memastikan semua data sudah benar.

9. Setelah yakin semua data sudah benar, lalu lakukan pembayaran.

10. Setelah selesai transaksi, tekan tombol Cetak yang ada di bagian bawah. Nantinya, ini akan menjadi bukti pembayaran sekaligus arsip pribadi.

Itulah cara mudah untuk membayar pajak melalui internet banking BCA bisnis. Selain bagaimana mengetahui panduan untuk membayar pajak dengan mudah, kamu juga dapat merasakan keunggulan dari fitur yang diluncurkan oleh BCA tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait