Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis

Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis
Cara Bayar Pajak Melalui Internet Banking BCA Bisnis

Internet banking BCA bisnis dihadirkan sebagai solusi kemudahan pengelolaan keuangan bisnis bagi para nasabah bank ini. Bukan hanya untuk transaksi bisnis seperti transaksi kiriman uang, membayar gaji karyawan atau transaksi perbankan lainnya. Tersedia pula fitur yang memudahkan nsabah untuk membayar pajak secara online.

Penerimaan pajak di Indonesia kini sepenuhnya berjalan secara online. Mulai dari pelaporan SPT tahunan, e-filing sampai dengan e-filing semuanya bisa dilakukan lewat bantuan jaringan internet. Hal ini juga dilengkapi dengan layanan internet banking dengan fitur pembayaran termasuk salah satunya pembayara pajak.

Sebenarnya pembayaran pajak untuk masuk dalam kas negara juga bisa melalui ATM maupun teller bank pilihanmu hanya saja internet banking tentunya jauh lebih ringkas dan cepat. Ada sejumlah bank ditunjuk, termasuk BCA,untuk melakukan transaksi ini sebagaimana telah ditunjuk oleh Ditjen Pajak. Sejumlah bank tersebut merupakan lembaga keuangan terpercaya yang tentunya terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kamu tak perlu khawatir telat membayar pajak karena bisa melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun selama memiliki mobile banking di smartphone milikmu. Hanya berbekal dengan rekening BCA milikmu, kamu bisa memilih fitur tersebut dan nantinya pajak yang akan dibayarkan akan dipotong dari saldo rekening milikmu.

Adapun pembayaran pajak lewat internet banking BCA bisnis dimungkinkan untuk semua jenis pajak kecuali pajak dalam rangka impor yang diadministrasikan pembayarannya oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan pajak yang tata cara pembayarannya diatur secara khusus. Pembayarannya pajak lewat internet banking BCA juga bisa dilakukan baik dalam mata uang rupiah ataupun dollar.

Namun sebenarnya layanan bayar pajak online lewat internet banking BCA bisnis sempat dinonaktifkan selama beberapa waktu sebelumnya. Pembayaran pajak melalui internet banking ini diaktifkan kembali dengan alasan agar wajib pajak lebih rutin membayar pajaknya. Selain itu, BCA kembali mengaktifkan itu karena untuk mendukung sistem MPN G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi 2) yang memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

Panduan Membayar Pajak via Internet Banking BCA Bisnis

Dalam era modern ini, membayar pajak tidak lagi sulit. Kamu bisa membayarnya melalui banyak cara, salah satunya melalui internet banking BCA bisnis. Dengan menggunakan produk dari BCA itu, kamu akan sangat dimudahkan karena caranya yang mudah dan cepat. 

Internet banking BCA bisnis sebagai produk keuangan andalan banyak pelaku bisnis sangat menyadari kebutuhan penggunanya untuk segala hal yang cepat dan mudah sekaligus aman. Bahkan mereka biasanya memilih bank untuk menyediakan layanan terbaik yang mampu mengakomodir semua kebutuhan mereka termasuk pembayaran pajak yang mudah dan ringkas.

BCA menyadari jika waktu adalah hal yang sangat berharga bagi pelaku bisnis bahkan setara dengan uang. Karena itulah, internet banking BCA bisnis diracang untuk menyediakan beragam fitur yang super komplet untuk semua kebutuhan. Keunggulan lainnya ialah transaksimu dijamin aman dengan adanya menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Misalnya ingin melakukan transaksi lewat gadget yang berbeda maka fitu keamanan berlapis dihadirkan dengan adanya VPN client agar lebih terjamin. Dengan memiliki akun KlikBCA bisnis maka nasabah juga bisa langsung melakukan transaksi dengan KeyBCATransaksi karena dirancang khusus agar user-friendly. Kamu bisa segera mendapatkan layanan klikBCA Bisnis hanya dengan menghubungi bank BCA untuk melengkapi prosesnya.

Pihak BCA akan terus berusaha mengoptimalkan sistem penerimaan negara yang mendukung semua layanan yang diberikan mereka. Selain untuk mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah, BCA ikut bergabung untuk melakukan bukti nyata dalam memberi kemudahan kepada nasabahnya untuk bertransaksi.

Adapun semua transaksi terkait pembayaran pajak yang dilakukan akan tercatat sebagai bukti sudah melakukan pembayaran pajak. Sehingga menu PPH Final yang ada di internet banking dan ATM sudah dinonaktifkan. Sementara untuk transaksi pajak akan diwajibkan membuat kode billing.

Untuk membuat kode billing, bisa dikatakan cukup mudah. Kamu cukup mendaftarkan NPWP ke DJP Online setelah itu kamu bisa membuat kode tersebut. Jangan lupa untuk datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mengaktifkan EFIN (Electronic Filling Identification Number). Setelah kode biling berhasil dibuat, kamu tinggal melakukan pembayaran setoran pajak.

Pada prinsipnya, semua jenis pembayaran pajak lewat internet banking ini hampir sama. Kamu cukup masuk ke situs dan memilih pembayaran, kemudian masukkan kode billing yag telah dijelaskan di atas. Setelah itu, otorisasi dan kemudian kamu bisa membayar pajak. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara pembayaran pajak melalui internet banking BCA Bisnis.

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah log in terlebih dahulu ke internet banking BCA. 

2. Setelah berhasil masuk, kamu dapat memilih tombol tambah Daftar Pembayaran.

3. Pilih menu Penerimaan Negara. Dalam menu tersebut, kamu akan diminta memasukkan kode billing yang telah dibuat sebelumnya.

4. Masukkan kode billing pajak yang sesuai dengan jenis pajak yang akan dibayarkan.

5. Setelah itu, tekan tombol Lihat.

6. Kemudian akan muncul detail pembayaran pajak. 

7. Setelah semua sesuai, kamu bisa tekan tombol Simpan.

8. Untuk melakukan transaksi setoran pajak, masukkan kode token yang ada pada bank. Jangan lupa untuk memastikan semua data sudah benar.

9. Setelah yakin semua data sudah benar, lalu lakukan pembayaran.

10. Setelah selesai transaksi, tekan tombol Cetak yang ada di bagian bawah. Nantinya, ini akan menjadi bukti pembayaran sekaligus arsip pribadi.

Itulah cara mudah untuk membayar pajak melalui internet banking BCA bisnis. Selain bagaimana mengetahui panduan untuk membayar pajak dengan mudah, kamu juga dapat merasakan keunggulan dari fitur yang diluncurkan oleh BCA tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait