Apa itu Internet & Manfaatnya bagi Masyarakat di Pedesaan

Manfaat & Pentingnya Internet bagi Masyarakat di Pedesaan
Manfaat & Pentingnya Internet bagi Masyarakat di Pedesaan

Sebagian dari masyarakat pedesaan banyak yang melihat internet bagaikan siluman. Menurut data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), tercatat  ada 75.000 desa di Indonesia dan saat ini baru 60% yang terkoneksi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Proses menggenjot desa agar terkoneksi TIK sudah dilakukan sejak 2015 oleh Kemkominfo bersama Kemendes.

Jika kita bicara dengan masyarakat di pedesaan Jawa Barat saja – yang pastinya terdekat dari ibukota – lalu bertanya “Tahu nggak apa itu internet?” sebagian kecil akan menjawab sudah mengandalkan internet untuk kegiatan agrikulturnya, dan sebagian kecil lainnya untuk WA-an dan COD bisnis online. Tapi sebagian besar sisanya hanya mengeluhkan tidak adanya sinyal internet 4G

Tantangan Utama Kehidupan Masyarakat Pedesaan

Konektivitas masih jadi tantangan utama hidup masyarakat pedesaan. Sementara, dalam kinerja bisnis agrikultur yang alamiahnya melibatkan lahan dan ruang gerak luas, serta banyaknya pihak tenaga kerja, konektivitas justru memiliki peran terpenting. Begitu pun kinerja perniagaan hasil bumi, di mana konektivitas luas sangat diperlukan agar mampu mencari dan mendapatkan harga terbaik.

Fungsi konektivitas seluas itu tak bisa teratasi hanya dengan jaringan seluler, melainkan harus dengan jaringan internet. Bayangkan, di perkotaan yang jarak tempuh perniagaannya relatif saling berdekatan, jaringan 4G dan 5G berlimpah ruah. Sementara di pedesaan yang jarak tetangga terdekat saja bisa lebih dari 200 meter.

Potensi Internet Mendukung Bisnis di Pedesaan

Konektivitas internet yang stabil memungkinkan masyarakat pedesaan mengakses website-website yang menginformasikan rangkaian studi, analisa dan bimbingan teknik agrikultur dan agribisnis. Mereka bisa mengumpulkan, membandingkan, dan menyimpulkan informasi yang terbaik baginya.

Mereka bisa berkonsultasi langsung dengan para ahli via website dan medsos. Mereka juga bisa memanfaatkan aplikasi pertanian android seperti petani, mata daun, dan regopantes, yang membantu meningkatkan kualitas dan menjual produknya langsung ke konsumen secara online, dengan harga yang baik. Seharusnya masyarakat pedesaan bukan sekedar tahu apa itu internet, tapi membangun dan mengembangkan hidupnya dengan internet.

Kendala Penggunaan Internet oleh Masyarakat Pedesaan

Penggunaan aktif internet membutuhkan tingkat literasi yang memadai. Tak sekedar melek baca tulis, masyarakat pedesaan juga perlu melek gadget seperti smartphone, tablet atau laptop & desktop. Selanjutnya, mereka perlu melek praktek penggunaan aktif internet, baik untuk website maupun mobile apps. Aspek-aspek tersebut saat ini baru tersebarkan secara informal lewat pergaulan masyarakat pedesaan, staf kantor desa, penyuluh, mahasiswa kerja praktek atau investor agribisnis. Sosialisasi via pergaulan seperti ini sering mengutamakan kekerabatan dan meninggalkan masyarakat yang kurang lihai ‘bergaul’. Jika ada sistem program yang lebih objektif, mungkin masalah pemerataan intelektual ini bisa teratasi, sehingga kemakmuran pun lebih merata.

Dimulai Dari yang Termudah

Mulailah suatu perubahan dari bagian yang termudahnya, karena jika tidak, perubahan itu tak akan pernah terjadi. Kita percaya pemerintah sedang giat melengkapi jaringan broadband ke penjuru Nusantara. Masyarakat pedesaan tahu apa itu internet, tinggal bagaimana mendorong mereka untuk aktif menggunakannya. Jika entrepreneur milenial berminat beragribisnis, menggenjot pundi sambil menikmati pemandangan alam dan menghirup udara segar, rangkulah masyarakat pedesaan yang belum melek internet untuk beragribisnis bersama, dengan menggunakan internet sebagai sarana utama kinerjanya. Dengan begitu, negeri kita tercinta segera akan jadi panutan negeri agraris terkemuka di dunia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait