Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Penerapannya

sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan, tentunya membutuhkan informasi mengenai sistem informasi manajemen.

Dalam sebuah perusahaan, sistem manajemen menjadi penentu dari keberhasilan pengelolaan perusahaan. Manajemen sendiri berfungsi untuk mengontrol kinerja para karyawan.

Sistem tersebut membantu manajemen untuk mendapatkan data dari informasi yang ada. Data ini nantinya akan bernilai untuk perusahaan.

Secara umum, sistem informasi manajemen (SIM) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengontrol sebuah perusahaan. SIM melibatkan user, dokumen, kebijakan, dan teknologi.

Penerapan SIM di Sebuah Perusahaan

Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen adalah menyajikan data yang akurat, membuat sistem kerja lebih terintegrasi, meningkatkan produktivitas, dan membagikan pos pekerjaan yang lebih baik.

SIM memanfaatkan software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) untuk menunjang efektivitas dari sebuah perusahaan. Dari beberapa fungsi tersebut, ada beberapa contoh SIM yang diterapkan, seperti:

Supply Chain Management

Sistem ini menyajikan data yang telah terintegrasi, mulai dari pemasok hingga konsumennya untuk manajemen di perusahaan. Seluruh catatan terkait penyediaan bahan baku perusahaan dapat ditemukan dari sistem ini.

Office Automation System

Sistem ini memanfaatkan sebuah aplikasi untuk menghubungkan server komputer yang ada di perusahaan.

Hal itu berguna untuk melancarkan proses komunikasi antara satu departemen dengan departemen lainnya. Misalnya, layanan email dan chatting khusus perusahaan.

Enterprise Resource Planning

Meskipun sering ditemukan di perusahaan besar, namun sistem ini juga bisa diterapkan di perusahaan kecil. ERP memungkinkan manajemen untuk mengawasi dan mengelola seluruh unit yang ada.

Dengan begitu, proses pengawasan akan lebih maksimal dan efisien dalam segi waktu.

Knowledge Work System

Perusahaan juga bisa memasukkan informasi baru dan sistem ini akan menghubungkannya. Dengan cara itu, seluruh karyawan bisa menggunakan informasi tersebut dalam pekerjaannya.

Executive Support System

Sistem ini memudahkan manajer untuk berinteraksi dengan seluruh karyawan perusahaan. Manajer hanya perlu membaca grafik dan informasi yang dapat menjadi bahan komunikasi.

Expert System dan Artificial Intelligent

SIM ternyata menyediakan kecerdasan buatan yang sudah diprogram dengan kemampuan para ahli. Sehingga, sistem ini bisa menganalisis sebuah masalah. Contohnya, sistem jadwal dari aktivitas perusahaan.

Informatic Management System

Ketika diprogram untuk membantu pekerjaan manusia, sistem ini juga dirancang untuk mempermudah kegiatan karyawan dengan melalui SIM.

Dalam kondisi tertentu, sistem ini akan menganalisa keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Penggunaannya sendiri menggabungkan antara program komputerisasi dengan berbagai rangkaian informasi.

Decision Support System

Ketika merasa kesulitan dalam mengambil keputusan, seluruh anggota perusahaan terbantu dengan kehadiran sistem ini.

DSS akan menawarkan keputusan terbaik yang dirasa berguna atau cocok dengan kondisi tertentu.

Transaction Processing System

Dalam melakukan sebuah transaksi, perusahaan membutuhkan sistem yang telah terintegrasi. TPS menjadi pilihan yang tepat untuk memudahkan proses transaksi bisnis dalam jumlah yang besar.

Umumnya, pihak manajerial akan menggunakan sistem ini untuk mengawasi data inventaris kantor dan menyusun gaji karyawan.

Group Decision Support System dan Computer-Support Collaborative Work System

Cara kerja dari sistem ini hampir sama dengan DSS, namun solusi yang ditawarkan berbasis kelompok. Sistem GDSS jauh lebih besar skalanya dibanding sistem DSS.

Sistem ini akan mengumpulkan seluruh informasi yang terkait dengan grup atau kelompok. Pengumpulan data tersebut dapat dilakukan melalui kuisioner atau layanan konsultasi.

Manfaat SIM untuk Perusahaan

Perkembangan SIM sendiri baru dimulai sejak awal 2000-an, dan ditandai dengan integrasi sistem yang menyeluruh di sebuah perusahaan.

Hal itu juga diikuti dengan perkembangan sistem komputer dan program yang beroperasi secara otomatis. Sehingga, pihak manajerial bisa melakukan perintah melalui pesan manual yang di-input ke dalam komputer.

Operasional SIM juga melibatkan berbagai sistem informasi, seperti akademik, teknik, pemasaran, hingga akuntansi. Seluruh informasi tersebut diolah oleh komputer untuk disuguhkan dalam bentuk grafik dan laporan data.

Laporan ini membantu manajer untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Jika ada yang ganjal, tentunya sistem ini akan membantu manajer untuk menemukan solusi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait