Ajaib.co.id – Kamu kerja di dunia manajemen? Namun, apakah kamu sudah memahami definisi manajemen hingga fungsinya dalam dunia bisnis? Bila belum, kamu harus membaca artikel berikut ini.
Secara garis besar, manajemen adalah proses mengatur sesuatu yang dilakukan dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya. Namun, manajemen juga bisa didefinisikan usaha perngorganisasian atau pengontrolan sumber daya secara efektif dan efisien supaya mencapai target secara tepat sasaran.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menguraikan kata manajemen sebagai penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran; pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.
Definisi manajemen menurut para ahli pun berbeda-beda. Seperti yang dikatakan Mary Parker Follet, dia mengartikan manajemen sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang pemimpin atau biasa disebut manajer memiliki tugas untuk mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Lawrence A. Appley, definisi manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu. Sedangkan pengertian manajemen menurut George Robert Terry merupakan usaha atau proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
Semua itu diusahakan anggota organisasi untuk menentukan dan mencapai target sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yakni ménagement, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Namun ada juga kemungkinan lain jika istilah manajemen berasal dari Bahasa Italia, yaitu dari kata meneggiare yang memiliki arti “mengendalikan”, dan biasanya digunakan dalam konteks mengendalikan kuda kala itu.
Lalu kemungkinan dari Bahasa Italia inilah kemudian Bahasa Perancis mengadopsinya menjadi ménegement. Berbagai pengaturan inilah yang kemudian dijadikan acuan untuk mendefinisikan manajemen sampai sekarang. Terlepas apapun maknanya, manajemen penting untuk mencapai tujuan khususnya dalam dunia bisnis.
Pada dasarnya, sebuah organisasi ini berkembang membutuhkan manajemen dalam beberapa hal, seperti strategi manajemen, sumber daya manusia, bahan baku, pemasaran dan lain sebagainya. Kegiatan manajemen yang dilakukan kemudian bertujuan mengkombinasikan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh organisasi untuk kemudian digunakan untuk mencapai tujuan.
Meski demikian, penerapannya sendiri tidak lah mudah. Nyatanya, ilmu manajemen sampai sekarang terus dipelajari untuk mendapatkan hasil terbaik. Terlebih lagi dunia terus berubah sehingga perlu perubahan manajemen pula.
Sudah Paham Definisi Manajemen? Kenali Juga Fungsinya dalam Bisnis
Dalam dunia bisnis, fungsi manajemen yakni sebagai elemen dasar yang melekat dalam manajemen sebagai pedoman untuk manajer dalam melaksanakan tugasnya untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalankan. Manajemen ini juga berfungsi untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengordinasi dan mengendalikan.
Nah, dalam dunia bisnis, fungsi utama manajemen ada lima diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan
Maksud dari perencanaan sangat penting dalam manajemen bisnis yang kamu lakukan. Seorang pemimpin atau dalam hal ini adalah manajer, harus mengelola manajemen dalam perusahaan atau bisnis akan merencanakan dan mengevaluasi setiap tindakan yang sudah dan yang belum ditindaklanjuti dalam bisnis.
2. Pengorganisasian
Fungsi yang kedua manajemen dalam dunia bisnis, yakni untuk pengorganisasian dengan membagi kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Apa sih tujuannya? Ini untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan yang lebih efektif.
3. Penempatan
Penempatan lebih memperhatikan sumber daya secara umum. Beberapa sumber daya tersebut diantaranya; peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.
4. Pengarahan
Fungsi pengarahan adalah sebagai suatu tindakan yang mengupayakan agar setiap anggota bisnis atau kelompok mampu mencapai sasaran dan target sesuai prosedur manajerial yang sudah direncanakan. Seorang manajer akan melakukan pengarahan jikalau terjadi masalah atau jika apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang direncanakan.
5. Pengawasan
Pengawasan memiliki fungsi untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja sumber daya perusahaan. Manajer secara aktif akan melakukan pengawasan terhadap sumber daya yang sudah diorganisasi sebelumnya dan memastikan apa yang dikerjakan sesuai dengan yang direncanakan.
Unsur Manajemen, Sumber Daya yang Dimaksimalkan Untuk Mencapai Hasil
Sebaik apapun strategi manajemen yang dirancang tidak akan berhasil tanpa unsur yang mendukung. Karena itulah, praktiknya butuh kombinasi yang tepat untuk memastikan hasilnya sesuai dengan perencanaan.
Dalam membentuk sistem manajerial yang baik dibutuhkan unsur-unsur manajemen di dalamnya. Semua unsur tersebut saling melengkapi satu sama lain, dan jika salah satu unsur tersebut tidak ada maka berimbas pada hasil keseluruhan pencapaian suatu organisasi.
Berikut ini adalah unsur-unsur manajemen tersebut:
1. Manusia (Human)
Faktor yang paling menentukan dalam manajemen adalah manusia. Dalam praktiknya, manusia lah yang membuat tujuan dan melakukan proses pencapaian tujuan tersebut. Dengan kata lain, proses kerja tidak akan terjadi bila terdapat unsur manusia di dalamnya.
2. Uang (Money)
Uang merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang dapat menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional.
Penggunaan uang dalam suatu perusahaan adalah untuk biaya operasional, seperti gaji pegawai, pembelian dan perawatan peralatan kantor, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.
3. Materials (Bahan)
Bahan ini terdiri dari raw material (bahan setengah jadi) dan bahan jadi. Unsur material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik.
4. Mesin (Machines)
Mesin sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil dan keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
5. Metode (Methods)
Proses pelaksanaan kerja hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis.
Selain itu, metode yang tepat dan baik juga harus dipahami oleh manusia yang menjalankannya. Dengan kata lain, sebuah metode hanya bisa berjalan dengan baik bila manusia terlibat di dalamnya.
6. Pasar (Market)
Proses pemasaran produk merupakan unsur manajemen yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Jika tidak ada pemasaran maka barang tidak akan laku. Suatu bisnis bisa menguasai pasar bila menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan daya beli konsumen. Itulah sebabnya proses pemasaran sangat erat hubungannya dengan kualitas barang yang dipasarkan
Itulah beberapa hal terkait definisi manajemen dan fungsi yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan manajemen yang baik. Sebuah pelaksanaan kerja dengan manajemen yang baik tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi.
Manajemen juga merupakan hal yang esensial jika bicara soal keuangan pribadi dan investasi. Kamu perlu menerapkan strategi khusus agar uang yang kamu miliki memiliki fungsi yang optimal. Termasuk pula agar kebutuhanmu di masa depan bisa dipersiapkan dengan baik.
Salah satu caranya yakni dengan berinvestasi. Ajaib siap membantumu melakukan manajemen investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Punya niat investasi tapi dana terbatas? Maka reksa dana adalah jawabannya. Ingin hasil yang lebih progresif maka saham adalah pilihan terbaik.
Ajaib menyediakan berbagai jawabas atas kegalauan investasimu sehingga kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya dengan ketersediaan menu instrumen tematik untuk memudahkanmu. Dengan demikian, kamu bisa mengatur investasimu sesuai dengan tujuan dan unsur yang kamu miliki.
Untuk lebih jelasnya, buruan download aplikasi Ajaib dan kembangan uangmu!