Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli, Tips Genjot Performa Bisnis

Ajaib.co.id – Menurut para ahli, dalam suatu perusahaan, kunci untuk memperoleh hasil manajemen yang maksimal adalah, pendiri atau manajer dalam perusahaan harus menguasai fungsi manajemen dengan baik. Jika sebuah perusahaan telah menjalankannya dengan baik maka tujuan perusahaan atau organisasi akan tercapai.

Oleh karena itu, fungsi manajemen harus ditingkatkan dalam suatu perusahaan atau organisasi, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus. Dengan begitu banyak manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan. Di bawah ini akan dijelaskan apa fungsi manajemen menurut para ahli.

R Terry

Manajemen adalah proses khas dan unik yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi, dan pengendalian. Semua itu dilakukan untuk menentukan arah dan mencapai tujuan yang telah ditentukan melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Lawrence A Appley

Manajemen adalah seni untuk mencapai perbaikan pada tujuan tertentu. Seni ini dilakukan oleh orang lain atau upaya orang lain.

Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyusunan dan pengawasan SDM guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.

James A F Stoner

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan upaya pengendalian anggota organisasi, serta penggunaan sumber daya yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Mary Parker Follett

Manajemen adalah seni. Karena untuk melakukan atau menyelesaikan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain memerlukan keterampilan tertentu.

Hilman

Manajemen berfungsi untuk mencapai tujuan melalui kegiatan perantara orang lain, dan mengawasi upaya masing-masing individu untuk mencapai tujuan yang sama.

GR Terr

Manajemen adalah suatu kerangka atau proses yang membutuhkan arahan dan bimbingan sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.

Ricky W Griffin

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasisasian, serta pengendalian setiap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Sasaran atau tujuan yang efektif dapat dicapai sesuai dengan rencana yang ada. Efisien artinya terorganisir dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Henry Fayol

Manajemen adalah ilmu yang menyiratkan gagasan lima fungsi utama. Yakni, perancangan, pemesanan, pengorganisasian, pengendalian dan mengkoordinasi.

Winslow Taylor

Manajemen adalah suatu eksperimen yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap masalah yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan atau organisasi lain, atau setiap sistem kerja sama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana serta penggunaannya. Bisa dikatakan ini adalah alat formulasi untuk mencapai target perusahaan atau organisasi.

Lyndak F Urwick

Manajemen memprediksi atau memperkirakan, merencanakan organisasi, memesan atau memerintah, mengoordinasikan dan mengendalikan.

Prof Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, implementasi dan pengendalian semua kegiatan termasuk pembuatan barang yang dibuat oleh setiap organisasi bisnis, di mana sebelumnya telah ditetapkan tujuannya oleh individu atau kelompok untuk meningkatkan kerja sesuai dengan kondisi (fleksibel).

Dr Ahuja

Manajemen adalah pihak yang menawarkan atau menyediakan layanan yang terkait dengan bidang manajemen.

Renville Siagian

Manajemen adalah salah satu lini bisnis yang bergerak dalam layanan yang dikelola oleh para ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Dr Bennett NB Silalahi, MA

Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial, tidak eksak, tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja, baik dari segi perencanaannya.

William H Newman

Fungsi manajemen saling berhubungan untuk mencapai hasil spesifik melalui orang lain.

Ernest Dale

Menurut seorang ahli manajemen, Ernest Dale, fungsi manajemen menyangkut Planning (perencanaan), Organising (pengorganisasian), staffing (penyusunan kerja), directing (pengarahan), inovasion (inovasi ), reporting (penyajian laporan), dan juga controlling (pengarahan).  Di sini staffing (penyususunan kerja) yaitu tenaga kerja dibagi menjadai beberapa bagian sesuai porsinya dalam ketenagaa kerjaan sama pengertiannya dengan organizing (pengorganisasain) , directing (pengarahan) yaitu pengarahan dilakukan dalam pelaksanaan yang mengarahkan adalah pimpinan, innovating ( inovasi) dalam pelaksanaan lahirlah inovasi baru untuk memberikan tambahan agar tujuan cepat terselesaikan dan tercapai , dan juga reporting yang berguna untuk melaporkan segala yang telah dilaksanankan untuk mengambil keputusan serta kebijakan ketika terjadi kendala.

Itulah beberapa fungsi manajemen menurut para ahli, di mana bisa dipelajari dan pahami setiap pendapat dari mereka untuk dapat meningkatkan fungsi manajemen bisnis kamu agar lebih baik. Perusahaan atau bisnis kamu akan berjalan dengan baik jika telah menerapkan ilmu dari manajemen yang baik.

Kesimpulan

Dari seluruh fungsi di atas, fungsi manajemen mengacu pada ( Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling atau dikenal POAC. Lalu apa itu POAC. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Planning atau Perencanaan

Perencanaan di sini dilakukan untuk mengambil kputusan dalam melakukan proses atau kegiatan untuk mencapai tujuan yang akan dilakukan. Perencanaan yang baik adalah perencanaan dengan tujuan yang jelas, bisa dilakukan terus menerus, stabil, fleksibel, jelas, dan juga sederhana.

Perencanaan berawal dari misi yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang biasanya ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan inilah diperlukan langkah-langah atau strategi yang diambil, setelah itu barulah kamu bisa mengukur target, sehingga nantinya kamu bisa menemukan cara yang efektif untuk mencapai kesuksesan dan kembali kepada tujaun yang akan dicapai.

Aktivitas perencanaan yang bisa kamu lakukan adalah mulai dari menganalisis situasi, analisis situasi ini menyangkut bagaimana kamu mengantisipasi masa depan yang dibuat melalui perencanaan. Selain antisipasi, dengan perencanaan, kamu juga bisa membuat strategi dalam rangka antisipasi tersebut.

Nah, dalam melakukan penyusunan perencanaan kamu memerlukan jawaban dari beberapa hal di bawah ini.

a. Apa yang dikerjakan, sumber dana, sumber daya, serta saran dan prasarana yang dibutuhkan;

b. Di mana kegiatan dilaksanakan, agar proses manajemen bisa lebih efisien, nyaman, mudah dalam transportasi, dan juga memberikan kemudahan bagi karyawan;

c. Kapan kegiatan dilangsungkan;

d. Bagaimana cara kerja kegiatan yang akan dilangsungkan;

e. Siapa yang bertanggung jawab, siapa yang melaksanakan, dan siapa pimpinan; dan

f. Kenapa semua keputusan yang tertera dalam beberapa pertanyaan di atas diambil, harus memiliki alasan yang jelas untuk mencapai tujuan.

2. Organizing atau Pengorganisasian

Dalam pengorganisasian akan dibentuk struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan. Di mana, akan ada orang yang menempati posisi sesuai dengan keahlian dan porsi masing-masing. Dalam pengorganisasian ini nanntinya akan menyangkut tanggung jawab mereka. Dari tenaga kerja inilah nantinya akan timbul kerja sama yang bisa membentuk sebuah kekuatan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sehingga dapat mencapai tujuan secara efektif.

3. Actuating atau Pelaksanaan

Ini merupakan bentuk nyata dari perencanaan da pengorganisasian. Di mana dalam tahap ini akan terbentuk upaya untuk menggerakkan dan mengarahkan tenaga kerja sehingga tenaga kerja akan terdorog untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Dalam tahap ini akan menyangkut tenatang fungsi kepemimpinan, fungsi komunikasi, dan fungsi motivasi. Di mana, fungsi kepemimpinan berguna ketika melakukan upaya untuk memengaruhi seseorang untuk mencapai tujuan dan nantinya bisa menjadi penggerak dan pemberi arahan dalam suatu kegiatan. Sedangkan, fungsi motivasi sendiri digunakan sebagai dorongan untuk melakukan sesuatu. Fungsi dari actuating berfungsi sebagaimana karyawan dapat memupuk rasa tanggung jawab. Sehingga, karyawan dapat mengikuti perintah dari pimpinan sesuai tujuan yang akan dicapai.

4. Controlling atau Pengendalian

Tahap ini berguna untuk mengukur produktivitas dari tahap satu satrompai tahap ketiga. Semua tahapa dan fungsi manajemen ini dilakukan tidak akan efektif ketika tidak dilakukan pengendalian ataupun pengawasan. Selain itu, untuk mengukur efektivitas kerja dan pengendalian yang mengandung aspek mengukur jalannya suatu penegakkan, memperbaiki tujuan yang akan dicapai mendapat respon yang baik. Sehingga perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaa , dan pengendalian merupakan kunci utama dalam proses manajemen.

Fungsi manajeman sendiri memiliki tujuan agar proses manajemen bisa mencapai tujuan dari persahaan. Di mana, ketika semua fungsi bisa dijalankan dengan baik, maka tujuan perusahaan pun bisa dicapai dengan maksimal. Hal ini tentu membantu perusahaan menghasilkan keuntungan sesuai harapan.

Selain itu, pengendalian juga dapat terjadi pada hal positif dan hal negatif. Di mana, dalam hal positif misalnya pengendalian mengarah pada menetapkan tujuan yang diinginkan perusahaan sudah tercapai atau belum, sudah dilakukan secara efisien ataupun masih dalam tahap menuju tercapainya tujuan.

Sedangkan, pengawasan negatif adalah jaminan adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerugian, atau jendala yang tidak diinginkan. Sehingga, dengan adanya pengawasan kamu bisa menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara melakukan pengendalain atau pengawasan bukan hanya melihat atau mengontrolnya dari jauh namun harus dilakukan dengan cara observasi dan langsung turun ke lapangan. Observasi melalui data atau informasi harian, mingguan ataupun bulanan, melakukan pengecekan dana, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah dana sudah diturunkan sesuai kebutuhan atau justru sebaliknya.

Selain itu, pengawasan juga bisa dilakukan dengan meminta laporan, baik laporan tertulis ataupun lisan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebenaran laporan yang ditulis. Kamu huga bisa melakukan audit pada bidang kepegawaian, logistic, maupun finansialnya.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan fungsi dari manajemen perusahaan atau bisnis kamu. Bisa belajar secara langsung dengan ahlinya, atau jika tidak mempunyai waktu, bisa membaca buku-buku para ahli manajemen tersebut dan menerapkan fungsi manajemen menurut para ahli. Jangan pernah berhenti belajar dari para ahli jika kamu ingin meningkatkan fungsi manajemen pada perusahaan atau bisnis kamu.

Artikel Terkait