Bisnis & Kerja Sampingan, milenial

5 Tips Bisnis Sandiaga Uno untuk Sukses Jadi Entrepreneur Muda!

5 Tips Bisnis Sandiaga Uno untuk Sukses Jadi Entrepreneur Muda!

Ajaib.co.id. Nama Sandiaga Uno menjadi perhatian publik kala menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anis Baswedan. Ia kemudian kembali mencuri perhatian ketika menjadi calon wakil presiden dalam perhelatan pilpres 2019 bersama dengan Prabowo Subianto. Betapa tidak, pengalaman bisnis Sandiaga Uno selama ini lebih dikenal dibandingkan kiprahnya dalam dunia politik.

Nama Sandiaga Salahuddin Uno tidak pernah muncul dalam konstelasi politik dalam negeri sampai beberapa tahun terakhir. Ia lebih dikenal sebagai pengusaha yang juga pemegang saham dalam berbagai perusahaan seperti PT Adaro Energy Tbk dan Indonesia Bulk Terminal.

Sandiaga Uno bisa dikatakan merupakan salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia dengan total kekayaan mencapai Rp5,09 triliun. Bahkan ia masuk dalam daftar 100 orang terkaya versi majalan Globe Asia. Kekayaannya ini tak lain merupakan buah kerja kerasanya dalam dunia bisnis yang dilakoninya sejak bertahun silam.

Pria ini sejak awal memang mendalami studi bisnis dan melanjutkannya dengan langsung berguru kepada William Soeryadjaya, pendiri grup Astra. Kariernya sendiri diawali di Singapura sebagai manajer investasi di Seapower Asia Investment Limited, Ia kemudian pindah bekerja di NTI Resources Ltd sebagai executive vice president di Kanada sampai ketika krisis moneter pada tahun 1998 menghantam perusahaan tersebut.

Ia kemudian pulang dan mendirikan perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk bersama dengan Edwin Soeryadjaya yang belakangan mengalami konflik dengannya tahun 2013. Perusahaan tersebut yang kemudian menjadi jalan kesuksesannya dengan konsep memperbaiki perusahaan yang sekarat dan menjualnya kembali dengan harga tinggi ketika kinerjanya telah membaik.

Sandiaga Uno. Pengusaha Muda yang Bisa Ditiru Etos Kerjanya

Sandiaga Salahudin Uno memiliki rekam jejak yang panjang sebagai seorang pengusaha. Sebenarnya bagaimana awal mula bisnis Sandiaga Uno? Menurut berbagai sumber, pria kelahiran 28 Juni 1969 ini diketahui mulai menjajaki dunia usaha sejak tahun 1997. Sebelumnya, ia merupakan karyawan biasa di beberapa perusahaan di dalam dan luar negeri.

Ada banyak pro dan kontra mengenai kiprahnya dalam dunia bisnis namun tidak bisa membantah kesuksesannya menjadi salah satu nama yang diperhitunkan di Indonesia. Kamu yang bermimpi menjadi enterpreneur muda bisa mencontoh etos kerjanya yang terbukti berhasil memberikan kesuksesan baginya dalam usia yang masih muda.

Menjadi seorang pebisnis memang tidak mudah. Dalam perjalanan memulai bisnis, tentu banyak rintangan yang dilalui oleh Sandiaga Uno. Berikut tips bisnis Sandiaga Uno untuk sukses jadi entrepreneur muda di Indonesia! Bisa kamu contoh dan jalankan loh.

1. Menjaga Pertemanan

Menjaga pertemanan dalam dunia bisnis menjadi sangat penting jika kamu mau sukses seperti Sandiaga Uno. Ia selalu menekankan agar millenial selalu menjaga hubungan baik dengan semua orang. Belajar dari pengalaman, ia berhasil sukses seperti sekarang karena bisa menjaga hubungan baik dengan banyak temannya.

Menjalin komunikasi bisa kamu manfaatkan sebagai alat kontribusi bisnis. Jika koneksi kamu besar, maka bisnis yang akan dijalankan akan semakin luas juga.

2. Terus Berlari

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin digital, Sandiaga Uno menyarankan untuk bergerak cepat jika kamu ingin sukses. Ia mengingatkan kalau millenial hanya mempunyai space attention kurang dari sepuluh menit.

Sementara millenial menjadi pasar terbesar dalam industri saat ini. Bersaing dengan kecepatan itu PASTI, terutama dalam bidang bisnis. Hal ini memacu kamu untuk tidak kalah cepat dalam membangun sebuah bisnis.

3. Kolaborasi

Cobalah mulai menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak jika ingin bisnis berkelanjutan. Kini memang trennya berkolaborasi mengikuti sistem sharing ekonomi. Karena itulah millenial harus pro-aktif dan memperluas networking untuk mencari partner kolaborasi terbaik.

Tidak mungkin kan kamu mendirikan sebuah usaha hanya seorang diri. Jadi cobalah cari dan lakukan kolaborasi dengan beberapa piha untuk membantumu mengembangkan bisnis dan membuat bisnis menjadi besar.

4. Berani Mengambil Risiko

Jangan berharap bisa sukses jika hanya berada di zona nyaman. Millenial yang berani mengambil risiko akan lebih sukses dibanding yang tidak mau melangkah. Jadi menurut Sandiaga, jangan hanya diam saja, cobalah melangkah dan keluar dari dunia nyaman untuk melangkah dan menggapai mimpi.

Jika kamu takut, maka jiwa entrepreneur kamu masih sedikit. Tekadkan keinginan sebulat mungkin. Jika kamu nggak berani mengambil risiko, sebaiknya jangan dirikan bisnis sendirian ya.

5. Berinovasi

Tips Sandiaga Uno terakhir yang harus kamu lakukan adalah terus berinovasi dan membuat suatu hal yang baru. Karena kesuksesan suatu bisnis bergantung pada diri kamu sendiri, apakah kamu bisa berinovasi dan terus berusaha jika mengalami kegagalan.

Jika gagal, teruslah maju dan jangan pernah berhenti dan fokus pada satu peluang saja. Cobalah cari cara lain yang mungkin bisa jadi salah satu peluang. Mencari jalan keluar lain dan berani untuk explore merupakan tekad seorang young entrepreneur.

Nah, itu dia tips bisnis Sandiaga Uno untuk menjadi seorang entrepreneur muda. Jangan sampai kalah dengan kerasnya perjalanan hidup. Karena, pelajaran terbaik itu didapatkan oleh pengalaman. Jadi, sudah siap mendirikan bisnis seperti Sandiaga Uno? Yuk, coba terapkan sekarang juga!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait