9 Inspirasi Bisnis Modal Kecil untuk Young Entrepreneur!

5 Inspirasi Bisnis Modal Kecil untuk Young Entrepreneur!
5 Inspirasi Bisnis Modal Kecil untuk Young Entrepreneur!

Zaman sekarang jangan ragu untuk mengambil keputusan sebagai entrepreneur muda. Beberapa inspirasi bisnis dengan modal kecil yang sedang hype bisa kamu lakukan di rumah. Mulai sekarang, coba deh gali peluang yang ada di sekitarmu dan jadikan peluang tersebut sebagai ide usaha dengan modal kecil untuk bekal keuangan di masa depan.

Kamu tidak perlu ragu untuk menjalankan bisnis ini. Selain rendah risiko, modal yang kamu keluarkan juga tidak sampai ratusan juta. Beberapa usaha kecil yang menjanjikan ini bisa kamu pilih, mau tau apa saja? Simak 9 inspirasi jenis usaha dengan modal kecil yang bisa membuat kamu sukses jadi young entrepreneur!

Suka Merangkai Bunga? Salurkan Bakatmu Sebagai Florist Sejati

Usaha yang satu ini lagi hits banget di kalangan anak-anak millenial. Mulai dari orderan untuk wisuda, pernikahan, hingga ulang tahun sekalipun, pasti laku banget! Kalau sudah memiliki hobi merangkai bunga, kamu bisa merangkai snack dan coklat juga sebagai penggantinya, keren banget kan? Bagaimana untungnya? Yang jelas, bisnis ini cocok untuk pemula yang ingin memiliki bisnis berkembang!

Jangan Buang Baju Bekas Kamu, Langsung Buka Garage Sale di Halaman Rumah

Pasti kamu memiliki banyak baju bekas yang dibuang sayang, tapi sudah tidak muat atau cocok lagi. Daripada dibuang, mending kamu build up usaha garage sale untuk menjual baju-baju bekas kamu yang masih layak pakai. Manfaatkan saja lahan kosong di rumah kamu, bermodalkan koleksi barang preloved semua bisa dijadikan uang.

Mimpi Jadi Food Blogger, Pilih Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian Aja

Siapa sih yang tidak suka makan? Buat kamu yang hobi makan dan suka penasaran kalau ada menu-menu baru yang hits, kenapa bukan kamu yang mulai membuat produk kuliner hits? Berbekal pengalaman dan ketertarikan kamu sebagai food blogger, kamu bisa menjadi lebih mudah ketika ingin memulai bisnis kuliner. Di mana, kamu bisa lebih tau apa saja makanan yang sedang hits dan paling dicari kaum millenial. Dengan begitu, hobi kamu jalan terus, bisnis lancar terus.

Mau Punya Toko Tapi Terlalu Mahal? Jangan Pikir Pendek, Manfaatkan Online Shop dari Sekarang!

Bingung mau usaha tapi harus sewa tempat? Ini terlalu zaman dulu. Membuka toko online sangat cocok sebagai bisnis untuk pemula. Kamu bisa menjual produk kamu lebih mudah kapan saja dan di mana saja hanya dengan bergabung sebagai penjual di beberapa e-commerce. Selain mudah, ecommerce juga menyediakan fitur super aman untuk berjualan online. Pastinya fasilitas jual beli di e-commerce sangat menguntungkan dan menyenangkan untukmu, tunggu apa lagi? Mulai aja sekarang!

Hobi Gambar dan Mewarnai? Kamu Bisa Mulai Jualan Box Custom Serbaguna Nih!

Siapa yang nggak kenal sama box satu ini? Selain bisa diisi foto dan bunga, box ini juga dapat kamu jadikan usaha yang membutuhkan modal kecil, dengan untung besar. Kamu wajib menyalurkan bakat gambar serta mewarnai jika mau menjalankan usaha custom box. Jangan lupa pakai spidol warna warni saat membuatnya!

Suka Jalan-Jalan? Buka Bisnis Tour Traveling!

Pernah kebayang gimana serunya jalan-jalan gratis? Ini pasti sangat menyenangkan, apalagi buat kamu yang hobi jalan-jalan keliling Indonesia maupun luar negeri. Buat kamu yang tidak memiliki modal banyak tapi ingin memulai usaha, membuka jasa tour traveling bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa kamu pilih. Selain menjadi tour guide, kamu juga bisa membantu orang lain untuk membuat perencanaan perjalanan wisata hingga menyiapkan seluruh kegiatan wisata dari hari pertama hingga hari terakhir.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan teman-teman kamu untuk berlibur, rencanakan liburan mereka dan berikan mereka pengalaman traveling terbaik. Jika ini berhasil, kamu bisa meminta mereka untuk merekomendasikan ddiri kamu untuk mulai menggunakan jasa kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekaligus jalan-jalan gratis.

Hobi Gambar & Edit Foto? Kamu Bisa Menjadi Desain Grafis!

Bagi kamu yang suka menggambar dan ingin menghasilkan yang dari hobi kamu tersebut, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu menjadi ide bisnis. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan portofolio dan menguploadnya melalui media sosial atau website tertentu. Kumpulkan hasil karya kamu sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan pelanggan.

Untuk permulaan, kamu juga bisa mulai dengan membantu orang sekitar kamu yang membutuhkan, misalnya temanmu membutuhkan jasa desainer untuk bisnisnya, kamu bisa mulai dengan membantu mereka dan buat karya sebaik-baiknya.

Modal Mesin Cuci Bisa Memulai Bisnis Laundry

Saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menggosok pakaian. Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya, banyak orang yang tidak sempat mencuci baju untuk kebutuhan sehari-hari. Karena itulah, laundy bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan hanya dengan bermodalkan mesin cuci.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa laundry ini ke sekitar rumah kamu, dan akan lebih baik ketika kamu menjalankan bisnis ini di sekitar perkantoran atau kost-kosan mahasiswa. Tentukan target market mu sebelum memulai bisnis. Untuk memilih target market yang pas dan cocok, kamu bisa mulai dengan mengamati kebiasaan mereka. Ini juga akan membantu kamu menentukan harga dari bisnis jasa yang kamu tawarkan.

Modal Kamera dan Hobi Fotografi? Kamu Bisa Jadi Fotografer Profesional

Buat kamu yang suka memotren apapun, mulai dari pemandangan, orang-orang, makanan, dan sebagainya, kamu bisa memanfaatkan hobi ini menjadi salah satu peluang usaha yang memberikan keuntungan besar. Selain menjadi fotografer, kamu juga bisa menjual foto kamu di bank foto seperti pexels.com, shutterstocks, dan masih banyak lagi.

Di zaman yang perubahannya serba cepat seperti saat ini, semua usaha yang kamu jalankan pasti akan membuahkan hasil, kuncinya adalah berani mencoba dan hadapi tantangan. Jangan takut untuk mencobanya, karena menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental berani. Biar lebih sukses, kamu dapat mencicil sedikit demi sedikit peralatan yang kamu butuhkan. Yuk, bangun bisnis dengan modal kecil sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Soeharsono Sagir.(2009). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kancana


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait