9 Tips Memulai Bisnis Dropship yang Dijamin Sukses

5 Tips Memulai Bisnis Dropship yang Dijamin Sukses

Memulai bisnis dropship yang sederhana dan tanpa modal bisa memberikan hasil nyata dan praktis untuk memulainya. Langkah awal jika baru memulai bisnis dropshipping adalah mencari tahu terlebih dulu apa itu sistem dropship, kekurangan, dan kelebihannya. Dengan memilih bisnis dropship, kamu tidak membutuhkan modal, melainkan hanya perlu memikirkan bagaimana cara memasarkan produk yang ingin kamu jual. Bisnis ini cocok bagi kamu yang tidak mau ambil banyak risiko.

Sistem ini terbilang menguntungkan karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk stok barang. Keunggulan lainnya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim ke alamat kamu, dan tidak perlu ribet packing pesanan. Berikut ini adalah beberapa cara buat kamu yang baru memulai bisnis online dengan sistem dropship.

Melakukan Riset Pasar

Mulailah mengumpulkan informasi seputar pasar yang kamu ingin masuki. Ingat di internet ini pasarnya sedemikian luas. Jika kamu memilih market yang tepat, kemungkinan besar, produk kamu akan cepat laku dibeli oleh market online tersebut. Contoh, kamu ingin jualan buku secara online, maka sebelum kamu membuat toko online tersebut, ada baiknya lakukan riset sederhana. Misalnya dengan mencari tahu buku apa yang sedang tren dan genre buku apa yang paling diminati pasar.

Pilih Produk yang Ingin Dijual

Setelah kamu melakukan riset pasar mengenai tren yang ada saat ini, hal selanjutnya yang harus kamu tentukan adalah memiilih produk yang akan kamu jual sebagai dropshipper. Cobalah pilih produk yang paling disukai dan dicari banyak orang. Cara ini bisa membantu kamu memahami target pasar. Usahakan juga untuk mencari produk yang dipakai orang setiap hari.

Cobalah fokus pada 1 barang. Meski menjual banyak produk akan memberikan peluang keuntungan lebih besar, namun spesialisasi produk akan menjadi strategi yang lebih baik. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih produk, seperti:

a. Menguntungkan. Dalam menjalankan model bisnis dropship, peranmu adalah sebagai marketer. Pilih produk yang memberikan peluang keuntungan yang besar.

b. Menarik. Pilih produk yang menarik dan berkualitas tinggi.

c. Sering dicari. Manfaatkan Google’s Keyword Planner dan Google Trends untuk mencari kata kunci yang sering dicari. Menjual barang atau sesuatu yang tidak ada di sini. Pilih produk yang tidak mudah ditemukan oleh calon pembeli di wilayah tertentu.

Cari Tahu Alamat Supplier

Selidiki kebenaran alamat website, dan nomor telepon supplier tersebut untuk menghindari penipuan. Untuk mengenal supplier dengan baik, cobalah perhatikan respon dari pengunjung atau customer mereka melalui akun digital mereka, baik melalui website, social media, ecommerce, dan sebagainya. Hal ini wajib kamu lakukan agar tidak terjadi kasus penipuan dalam bisnis dropship. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah menghubungi mereka, jika di suatu hari nanti terdapat komplain dari pelangganmu. Cobalah meminta supplier untuk memberikan kualitas dan pengecekan sebelum melakukan pengiriman saat pelanggan membeli produk.

Tanyakan Kesepakatan Awal 

Tanyakan kesepakatan di awal dengan jelas tentang retur barang jika barang yang dikirimkan ada kesalahan dari pihak supplier. Bagaimana prosedurnya, bagaimana ongkos kirimnya, adakah kompensasi lainnya yang diberikan oleh supplier karena kelalaiannya tersebut, dan lainnya. Karena mengingat hal tersebut mengganggu kenyamanan pelanggan dan cukup membuang waktu kamu maupun pelanggan yang harus bolak balik mengirimkan barang dan menangani komplain pelanggan.

Cermati Produk dari Supplier

Cermati bagaimana product knowledge supplier tersebut. Hal ini bermanfaat untuk memberikan informasi kepada kita terhadap produk yang mereka jual. Seorang supplier harus sangat mengerti tentang produk yang dijual olehnya. Mulai dari mana produk/brand itu berasal hingga apa saja kelebihannya.

Analisis Kompetitor

Meskipun kompetitor dari produk dan target market kamu masih berskala kecil-menengah, bukan berarti mereka boleh dihiraukan begitu saja. Pelajari cara mereka melakukan pemasaran, apa yang salah dari mereka, dan bagaimana cara mengatasinya. Apa yang membedakan mereka dari kompetitor lainnya? Kenapa pelanggan lebih pilih kompetitor A dibanding kompetitor B? Media pemasaran apa yang mereka gunakan?

Jual & Pasarkan Produk

Tugas utama kamu sebagai dropshipper adalah memasarkan produk yang akan kamu jual. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk, mulai dari memasrkan melalui ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya atau melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya.

Pastikan kamu memasarkan produk dengan baik, mulai dari melakukan upload foto produk dan menuliskan deskripsi dengan jelas. Dengan begitu pelanggan bisa dengan mudah mengetahui dengan baik informasi mengenai produk tersebut. Sehingga pelanggan tidak akan terlalu banyak bertanya, karena informasi yang mereka butuhkan telah tertulis dengan jelas, ini juga secara tidak langsung dapat meringankan beban kamu dalam menjalani bisnis dropship.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjalankan bisnis ini adalah koneksi internet. Dengan koneksi internet yang baik, kamu bisa memastikan bahwa bisnis kamu juga bisa berjalan dengan maksimal dan keuntunganpun akan mudah diraih. Melalui internet yang stabil, kamu juga bisa melayani konsumen dengan lebih nyaman.

Memasang Iklan Melalui Media Sosial

Karena saat ini sudah banyak orang yang mulai menjalankan bisnis dropshipper, membuat kamu harus ekstra berusaha untuk memasarkan produk. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk tersebut adalah dengan melakukan iklan atau melakukan boosting dengan memanfaatkan influencer. Kamu bisa mulai dengan menggunakan metode digital marketing dengan memasarkan produk tersebut melalui media digital, misalnya melalui social media ataupun melalui Google. Dengan begitu, kamu bisa dapat dengan mudah menjangkau calon pembeli atau pelanggan hingga ke seluruh Indonesia dengan lebih mudah.

Itulah beberapa informasi seputar bisnis dropship mulai dari pengertian hingga langkah-langkah dalam memulainya. Jadi, sudah tahu bisnis dropship itu apa? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha sebagai dropshipper. Selain menambah tabungan masa depan, bisnis ini merupakan hal yang rendah risiko loh. Ayo, saatnya bangun bisnis dropship di Indonesia!

Nah, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan tapi tidak memiliki waktu untuk mengelola bisnis ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan hanya dengan investasi reksa dana. Berbeda dengan investasi saham yang memiliki risiko tinggi. Reksa dana memiliki banyak jenis dengan risiko yang lebih kecil.

Ajaib merupakan salah satu platrform reksa dana terbaik yang dapat membantu kamu melakukan investasi reksa dana dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu menentukan tujuan investasimu dan memilih manajer investasi terbaik yang kamu pilih. Kemudian manajer investasilah yang akan membantu kamu mengelola dana tersebut sesuai tujuan investasimu. Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait