Mengapa Online Shop Harus Punya WhatsApp Business?

Mengapa Penjual “Online Shop” harus Memiliki Akun Whatsapp Business?

Aplikasi pesan asal California bernama Whatsapp Messenger mungkin sudah menjadi favorit jutaan di dunia. Keberadaanya memudahkan komunikasi sekaligus murah. Kini fungsinya juga menjadi penting bagi pemiliki bisnis online dengan keberadaan Whatsapp Business.

Whatsapp alias WA merupakan salah satu aplikasi pesan singkat terpopuler di dunia. Sejak berdiri tahun 2009, aplikasi ini tidak berhenti untuk berinovasi. Secara umum Whatsapp adalah aplikasi pesan singkat yang terdukung oleh koneksi internet tanpa harus mengeluarkan biaya seperti SMS.

Penggunanya bisa mendapatkan akun hanya berbekal nomor telepon tanpa alamat email sehingga lebih praktis dan pembeda dari aplikasi pesaingnya. Dengan menggunakan Whatsapp, para penggunanya dapat melakukan pembicaran secara online, dan tentunya secara gratis.

4 Alasan WhatsApp Business Wajib Dimiliki Online Shop Seller

Seiring dengan perkembangan bisnis dan komunikasi digital yang pesat, Whatsapp pun mengembangkan sebuah inovasi berupa API Whatsapp Business. Hal ini juga ditujukan untuk para pelaku bisnis dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) hingga perusahaan besar.

Owner usaha yang ingin berkomunikasi dengan para pelanggannya dengan mudah dan cepat, dapat menggunakan Whatsapp Business. Aplikai ini memang memiliki sejumlah fitur yang mendukung untuk bisnis. Misalnya saja profil bisnis terkait bisa mengatur soal pesan di luar jam kerja dan memaparkan deskripsi bisnis, alamat email dan situs web dalam akunnya.

Akan tetapi aplikasi Whatsapp Business untuk pengusaha ini berbeda dengan Whatsapp Messanger yang sudah sering kita gunakan sehari-hari. Sekilas mungkin sama namun perbedaannya ini akan berdampak besar pada jalannya usaha yang sedang kamu jalani.

Lalu, Apa saja sih keunggulan yang ditawarkan oleh Whatsapp Business?

  • Membalas Pesan Otomatis/ Auto Response

Whatsapp menawarkan sebuah fitur untuk dapat membalas pesan secara otomotis untuk memudahkan pebisnis online dalam membalas pesan. Fitur pesan otomatis ini dibagi menjadi tiga jenis fitur yang berbeda, yaitu: “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies”.

  1. Away Message adalah fitur yang diberikan oleh Whatsapp untuk membantu pemilik usaha tetap terhubung kepada konsumen walaupun mereka sedang tutup. Fitur ini secara otomatis tetap membalas pesan konsumen ketika kamu sedang tidak online.
  2. Greeting Message adalah fitur yang yang dapat membantu pelaku bisnis online untuk berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan saat pertama kali mereka memberi pesan terhadap pebisnis.
  3. Quick Replies atau Jawaban Cepat adalah fitur yang dapat membalas pesan kepada pelanggan saat pelanggan mengirim pesan dengan kata kunci tertentu. Fitur ini sangat membantu para pelaku bisnis karena dapat menghemat waktu tanpa mengetik kalimat penuh dari awal.
  • Broadcast Message

Seperti platform lain, Whatsapp Business juga menawarkan fitur untuk membuat dan dapat mengirim pesan secara serentak terhadap banyak kontak dalam satu waktu. Pesan “broadcast” ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis online untuk menawarkan sebuah produk baru atau harga promo kepada para pelanggannya. 

Cara penggunaannya sangat mudah, klik tombol menu utama, lalu pilih “New Broadcast”. Kemudian tandai siapa saja dalam kontak pelanggan yang ingin dikirim pesan dan klik tanda centang berwarna hijau untuk mengirimnya.

  • Data Statistik Interaksi Pelanggan

Aplikasi ini juga ikut memberikan para penggunanya data statisik mengenai interaksi pelanggan. Isi statistik ini seperti jumlah pesan yang terkirim, dikirim, diterima dan dibaca. Data statistik akan sangat berguna bagi para pelaku bisnis. Kegunaannya untuk menganalisis bisnis yang sedang dijalankan.

Selain itu juga sebagai modal untuk strategi bisnis ke depan juga, lho!Nah, untuk dapat menikmati fitur ini kamu cukup menekan pilihan yang berada di kanan atas percakapan, lalu pilih pengaturan dan pilih statistik.

  • Centang Hijau Sebagai akun Terverifikasi

Berbeda dengan akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, centang hijau yang ada pada akun Whatsapp Business menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi oleh pihak Whatsapp. Centang hijau menandakan bahwa Whatsapp telah memverifikasi nomor yang terpasang tersebut adalah benar milik sebuah perusahaan. Bagi kamu yang memiliki usaha namun masih ragu untuk menggunakan fitur-fitur Whatsapp Business, sebaiknya segera install aplikasinya. Dijamin akan mempermudah kegiatan pembelian usaha yang kamu miliki.

Online shop memang masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun banyaknya pemain di industri ini menuntut kita untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Jika tidak maka konsumen akan lari karena banyak pilihan lain di luar sana.

Terlebih lagi bisnis online sangat bergantung pada kualitas komunikasi antara penjual dan pembeli. Keberadaan Whatsapp Business bisa sangat membantu menyediakan informasi yang tepat dan cepat. Dengan demikian, baik pelanggan maupun kamu semuanya senang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait