Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Kantoran

usaha sampingan modal kecil
usaha sampingan modal kecil

Semakin tingginya kebutuhan hidup atau ada keinginan yang ingin dipenuhi, menjadi motivasi untuk memiliki usaha sampingan. Masalah modal kerap kali jadi hambatan. Belum lagi bagi karyawan kantoran yang takut tidak bisa membagi waktu. Tapi nyatanya, ada usaha sampingan modal kecil yang bisa dijalankan oleh karyawan kantoran seperti berikut ini.

Menjual Pulsa Dan Pembayaran Tagihan

Jenis usaha yang satu ini, tidak butuh tempat atau memiliki modal besar. Cukup dengan modal ratusan ribu hingga 1 juta Rupiah, usaha sampingan modal kecil ini bisa dijalankan. Jika saudara atau rekan-rekan sudah mengetahui usaha ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Tapi ingat, sebaiknya bijaksanalah dalam memberikan kasbon. Beri jangka waktu yang wajar, dan jangan sampai bisnis sampingan terhambat karena teman-teman yang terlalu banyak kasbon.

MLM (Multi Level Marketing)

Bisa dibilang, masih banyak yang memandang bisnis MLM sebelah mata, Padahal, ada beberapa MLM yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi usaha sampingan modal kecil bagi karyawan kantoran.

  • MLM memiliki variasi produk yang sangat beragam. Mulai dari kosmetik, tas, busana, consumer goods, peralatan dapur, suplemen hingga asuransi. Kamu bisa memilih jenis MLM yang paling sesuai untukmu.
  • Banyak MLM yang hanya memerlukan modal pendaftaran serta katalog kurang dari 500 ribu.
  • Kelebihan MLM adalah merk produk yang biasanya sudah cukup dikenal.. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot memperkenalkan produk dari nol. Cukup perlihatkan katalog dan menunggu pesanan datang.
  • Kamu bisa memilih antara berjualan produk, atau mengembangkan bisnis dengan cara merekrut anggota. Semuanya kembali kepada kamu sendiri.

Menjadi Penyelenggara Arisan

Arisan adalah kegiatan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Ternyata, menjadi penyelenggara arisan juga bisa mendatangkan banyak keuntungan loh. Kamu bisa bergabung dengan perusahaan yang memang bergerak di bidang arisan. Atau kamu juga bisa menjadi penyelenggara mandiri.

Arisan sebagai usaha sampingan modal kecil, bisa diselenggarakan di mana saja. Baik di kantor, bersama teman atau keluarga, atau membuat arisan online.

Tambah katalog produk sebanyak-banyaknya agar produk arisan lebih variatif. Dengan demikian, bisa menarik perhatian lebih banyak orang.

Beberapa jenis arisan berdasarkan penentuan pemenangnya adalah :

Arisan dengan kocokan di awal

Pada arisan jenis ini, kocokan arisan hanya dilakukan satu kali. Urutan pemenang sudah ditentukan saat pertama kali arisan diselenggarakan

Arisan reguler

Pemenang arisan ditentukan dengan kocokan rutin sesuai periode yang ditentukan

Arisan Hari Raya

Jenis arisan dimana anggota menyetorkan uangnya setiap bulan hingga Hari Raya tiba. Semua peserta akan mendapatkan produk arisan menjelang hari raya. Biasanya produk arisan merupakan kebutuhan hari raya.

Arisan Ulang Tahun

Pemenang arisan disesuaikan dengan bulan ulang tahun peserta arisan.

Berdasarkan produk arisan terdiri dari:

  • Uang
  • Emas atau perhiasan
  • Gadget
  • Produk fashion (baju, tas, sepatu)
  • Elektronik rumah tangga (mesin cuci, rice cooker, microwave dll.)
  • Perlengkapan rumah tangga (kompor, kitchen set, dinner set, bed cover dll)
  • Bingkisan sembako
  • Dan lain sebagainya.

Tentunya usaha sampingan modal kecil dengan menjadi penyelenggara arisan tidak harus membuat kamu merogoh kocek terlalu dalam. Bahkan bisa jadi tidak bermodal uang sama sekali.

Sebagai penyelenggara arisan, kamu juga harus bisa mengatur administrasi arisan. Selain itu, harus bisa dipercaya untuk memegang uang arisan milik banyak orang.

Bacaan menarik lainnya:

Prentice Hall. Kurtz, D. & L.E. Boone. (2006). Principles of Marketing. London: Thomson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait