Patut Dicoba, Ini Manfaat dari Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis
studi kelayakan bisnis

Bisnis merupakan salah satu usaha untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Namun, sebelum memulainya, kamu harus melakukan studi kelayakan bisnis. Apa sih itu?

Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan. Begitulah menurut Kasmir dan Jakfar.

Sementara Menurut Umar H, Studi kelayakan bisnis merupakan penelitian sebuah rencana bisnis yang bukan hanya menganalisis layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan, tetapi juga mengontrol kegiatan operasional secara rutin dalam rangka pencapaian tujuan serta keuntungan yang maksimal.

Dalam pengertian di atas, dapat disimpulkan, studi kelayakan bisnis merupakan pertimbangan awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis. Ini perlu kamu lakukan untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

Lalu, apa sih manfaat dari studi kelayakan bisnis? Umumnya, manfaat dari studi kelayakan bisnis adalah menghindari resiko kegagalan besar dari kegiatan yang tidak menguntungkan.

Ada lima manfaat dari studi kelayakan bisnis sebelum melakukan sebuah proyek atau usaha, apa saja itu?

Menghindari Resiko Kerugian

Tujuan pertama yaitu, untuk meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. Kondisi masa yang akan datang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil resiko

Mempermudah Perencanaan

Dengan adanya ramalan untuk masa yang akan datang, maka mempermudah perencanaan. Perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan.

Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

Perencanaan yang disusun dapat mempermudah penerapan nya, proses bisnis dapat dilakukan secara tersusun sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan, sehingga rencana bisnis dapat tercapai sesuai dengan apa yang di rencanakan.

Memudahkan Pengawasan

Dengan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah. Pengawasan dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Memudahkan Pengendalian

Bila terjadi penyimpangan, akan mudah untuk memperbaikinya dan dapat langsung untuk dikendalikan sehingga tidak terlalu jauh penyimpangan yang terjadi.

Contoh Aplikasi Aspek Studi Kelayakan

Dalam praktiknya, mungkin tidak harus semua aspek kita munculkan dalam proposal. Namun, hal-hal krusial yang butuh perhatian khusus tentunya harus kita sertakan.

Dalam hal ide bisnis sepeda listrik misalnya, aspek linkungan tidak perlu lagi ditinjau panjang lebar karena memang dari sisi lingkungan pasti dapat diterima.

Namun, dari aspek ukuran pasar, apakah peminat sepeda listrik sudah cukup banyak? Berapa jumlahnya? Jika kamu hanya bisa meraih 1 persen pelanggan dari seluruh peminat sepeda di daerahmu apakah itu potensial sebagai bisnis?

Nah, seputar itulah cara kamu harus meninjau aspek-aspek kelayakan bisnis. Setiap sektor bisnis punya cara khas masing-masing bagaimana meninjau kelayakannya. Semakin sering dan semakin banyak pengalaman bisnis kamu di lapangan, tentunya semakin mudah untuk memperkirakan mana ide bisnis yang layak dijalankan dan mana yang tidak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait