Strategi Memulai Bisnis Online Tepercaya dengan Modal Minim

Strategi Memulai Bisnis Online Tepercaya dengan Modal Minim

Banyak calon pembeli yang sering menganggap sebelah mata bisnis online yang baru berjalan, biasanya mereka merasa kurang percaya ke bisnis tersebut. Meski begitu, kamu bisa tetap membuat strategi bisnis online tepercaya, bahkan dengan modal minim.

Internet merupakan salah satu platform yang saat ini digemari masyarakat untuk memasarkan produk dan bisa membangun kepercayaan. Disinilah kamu bisa “mencetak” uang hanya bermodal ponsel pintar dan kuota. Tidak perlu sewa toko yang biayanya sangat besar.

Hanya bermodal produk dan nama brand, kamu bisa berjualan di media sosial (Facebook, Instagram), marketplace (Tokopedia, Shopee, Lazada), membuat e-commerce sendiri, atau melalui layanan pesan (WhatsApp, LINE). Kamu juga bisa menggunakan semua platform tersebut.

Membuat brand dan berjualan sangat mudah, tapi bagaimana memenangkan hati pelanggan dan bisa menjadi bisnis online terpercaya? Produk kamu bagus, kamu pun jujur, tetapi apa yang kamu jual agar pelanggan percaya ke bisnis online-mu? Disinilah kamu perlu strategi agar kamu punya bisnis online terpercaya.

Ketahui Siapa Pelanggan Kamu?

Sebelum kamu menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk atas bisnis, kamu harus mengetahui terlebih dulu siapa target audience kamu, kepada siapa kamu menawarkan jasa atau produk tersebut. Cobalah untuk mengetahui kebiasaan mereka, apa yang mereka sukai, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis.

Ini juga berlaku ketika kamu menjalankan bisnis secara online atau membuka toko online. Di mana, dengan mengetahui siapa audiencenya, kamu bisa dengan mudah menentukan media dan konten apa yang sebaiknya kamu berikan kepada calon pelanggan.

Tentukan Tujuan Pemasaran yang Ingin Kamu Capai

Tidak akan ada yang bisa berjalan dengan baik ketika kamu menjalankan bisnis tanpa tujuan. Sama halnya dengan bisnis, kegiatan promosi ataupun pemasaran kamu juga harus dilakukan dengan tujuan. Jadi, setelah kamu menentukan siapa pelanggan kamu, cobalah tentukan juga apa target yang ingin kamu capai, apakah untuk meningkatkan awareness dari seluruh target pasar kamu di Indonesia, meningkatkan penjualan, dan sebagainya.

Misalnya, ketika kamu ingin meningkatkan penjualan, kamu bisa menggunakan strategi promosi seperti memberikan diskon, hadiah spesial, dan sebagainya. Namun akan berbeda ketika kamu ingin memberikan awareness, di mana kamu harus memberikan beberapa konten informatif sesuai kebutuhan dan masalah konsumen.

Info Produk Lengkap

Salah satu hal yang memanjakan pelanggan adalah info produk selengkap-lengkapnya. Misalnya produk dress, minimal kamu harus menulis ukuran (lingkar dada, panjang baju, dan lainnya), jenis kain, warna, dan harga. Sebagai referensi, kamu bisa lihat akun Instagram @silir_. Nah, kalau sistem bisnis kamu dropshipping, pilih mitra bisnis tepercaya, baik dari layanan ke pelanggan, produk asli (no kw kw), dan pengemasan aman sampai tangan pelanggan.

Manfaatkan Lintas platform

Dalam memasarkan produk, manfaatkan semua platform selama gratis. Misalnya Garnier Indonesia punya fanpage di Facebook dan akun di Instagram untuk mengenalkan produk, plus menjual produknya di Shopee. Dan membuat website untuk memperkenalkan brand secara lebih jelas dan detail kepada calon pelanggan.

Buat Content Marketing yang Menarik

Bukan hanya menjual produk, kamu juga harus memberikan konten yang menarik dan bisa membuat pelanggan maupun target audience kamu tertarik, sehingga bisa menjadi lebih loyal terhadap bisnis. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat konten yang menarik, mulai dari membuat artikel, tips, video, gambar, dan sebagainya.

Konten ini juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Misalnya, ketika kamu menjadi salah satu bisnis online yang menjual makanan sehat atau healthy food. kamu bisa mulai memberikan konten tips memilih makanan healthy food yang bagus, fakta menganai makanan sehat, dan sebagainya.

Membuat Video Tutorial

Semua orang tahu, Gojek punya beragam TV Commercial (TVC) atau video iklan. Padahal mereka menjual jasa transportasi bukan produk. Tetapi lewat TVC, perusahaan mengedukasi pengguna baru agar bisa memesan layanan antar makanan. Kamu bisa contek strategi bisnis Gojek buat brand-mu.

Pasang Iklan

Dengan modal minim, kamu bisa mendapatkan label bisnis online tepercaya dari calon pelanggan. Kamu bisa memasang iklan di media sosial dengan harga terjangkau dan mengatur kriteria pelanggan agar iklan diterima oleh target market yang sesuai dengan brand-mu. Selain itu, kamu bisa ikut program free ongkir atau flash sale. Pasang iklan di marketplace juga perlu kamu coba. Kalau modal minim, jangan coba-coba endorse selebgram, apalagi selebgram yang engagement-nya tidak kamu ketahui.

Membuat Website

Strategi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuat blog atau website untuk menawarkan produk yang kamu jual. Dengan adanya website inilah kamu bisa menuliskan informasi secara detail tentang produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah memberikan beberapa tips atau trik yang menarik dan mampu ‘menggiring’ user atau pengunjung website untuk membeli produk tersebut.

Survei dan Review

Berterima kasih lah kepada pelanggan yang sudah memercayakan dirinya ke brand-mu. Karena mereka sudah rela meluangkan waktu dan uang untuk membeli produk, mereka juga berhak me-review produk dan layanan kamu, apakah memuaskan, apa harus menambah item produk, atau perlu perbaikan. Dengan menanyakan review kepada pelanggan, kamu bisa meningkatkan brand agar menjadi bisnis online tepercaya. Alternatif lain, kamu membuat survei dan kirimkan ke pelanggan atau orang-orang terdekat. Berikan mereka hadiah free ongkir atau diskon produk bagi pengisi survei yang beruntung.

Engagement

Ini yang tidak kalah penting, engagement atau komunikasi antara penjual dan pembeli. Kalau produkmu sudah lintas platform, gunakan media sosial untuk memberikan tips (lihat @mediheal_idn) atau lakukan giveaway dengan berkolaborasi dengan brand lain. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti tren atau yang sedang viral di media media, karena memanfaatkan momen bisa membuat kamu makin untung.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan engagement dengan seluruh pelanggan ataupun target market kamu dengan menggunakan e-mail marketing. Pastikan kamu mengirimkan email marketing ini minimail 1 bulan sekali. Dengan begitu, konsumen akan lebih merasa diperhatikan dan bisa membuat mereka lebih loyal terhadap produk yang kamu jual.

Membuat E-book

Ketika kamu menjalankan bisnis jasa, ada strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan ataupun mencari pelanggan baru yaitu dengan cara membuat e-book. Di mana, dalam ebook ini, kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual secara soft selling. Misalnya, ketika kamu menjual jasa digital marketing, kamu bisa membuat ebook dengan topik “Tips memasarkan bisnis online terbaik melalui social media” atau “Cara mudah bisnis online tanpa modal bagi pemula”, atau “Cara mendapatkan keuntungan tambahana dengan Google Adsense”, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk mencoba strategi tersebut, pastikan kamu telah melakukan analisis terhadap produk yang kamu jual, misalnya mengenai siapa pelanggan kamu, siapa target, di mana kamu memasarkannya, dan sebagainya. Itu semua harus kamu lakukan dengan benar-benar demi mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait