Bisnis & Kerja Sampingan

Peluang Bisnis Online yang Mendatangkan Untung Besar

Peluang tidak datang di depan mata, tetapi harus diciptakan. Seperti menciptakan peluang bisnis online untuk mendapat untung besar. Saat ini, menciptakan peluang bisnis online tidaklah sulit. Dengan modal minim, kamu bisa menjalankan bisnis online di rumah hanya bermodalkan handphone/laptop dan kuota internet, kamu bisa mulai berbisnis. Kalau sudah siap, kamu bisa menciptakan peluang bisnis online.

Kamu tidak perlu berpikir, “bisnis apa, ya?” atau “apa bisnis yang menjanjikan untung besar?”. Karena kamu bisa menciptakan bisnis berdasarkan skill, pengalaman, atau dari hal-hal yang kamu suka, sehingga kamu lebih memahami bidang tersebut. Fyi, menciptakan peluang usaha online ini bisa untuk side job atau pilot project di CV kamu, loh.

Menjadi Reviewer

Di Instagram, tidak sedikit reviewer memenuhi kolom explore. Mereka me-review makanan, restoran, skincaremake up, hingga hotel. Namun review tersebut tidak hanya diulas di Instagram, ada juga yang menulis di blog atau website pribadi dan membuat konten video untuk diunggah ke Youtube.

Kalau kamu suka makan, kenapa tidak mulai membuat review? Tulis atau buat video review-mu dan berikan informasi soal menu makanan serta minuman, nama rumah makan, harga, lokasi, sampai pelayanannya. Lakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin kamu bisa jadi seperti akun @anakjajan atau @jwestbros. Dari sanalah, kamu bisa menerima endorsement dan mendapatkan untung besar.

Untuk menjadi Youtuber atau Selebgaram seperti mereka, kamu bisa mulai dengan membuat kontens sendiri, hindari untuk mengcopy video orang, karena ini hanya akan menjadi pekerjaan yang sia-sia di kemudian hari. Selain melakukan review dan mendapatkan keuntungan dari endorsement, kamu juga bisa mendapatkan komisi dari iklan YouTube yang tayang di akun kamu. Jadi? Terus semangat untuk membuat video kamu ya!

Bekerja Sesuai Hobi

Ada yang bilang hobi cuma bisa menghabiskan uang. Eits, tunggu dulu. Justru dari hobi, kamu bisa menciptakan peluang bisnis online. Salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan sesuai hobi misalnya, otak-atik mesin, menjahit baju, menggambar atau sketsa, atau berburu foto. Dari hobi tersebut kamu bisa menawarkan jasa melalui media sosial. Dari hobi foto, kamu bisa menjadi fotografer pre-wedding atau acara konferensi. Dari gemar menjahit menjadi penjual baju hasil karya sendiri atau dari ngoprek mesin motor bisa menjual sparepart. Semua promosi dan penjualan, tentu dilakukan secara online.

Berangkat dari Kesulitan

Jangan berkecil hati kalau kamu tidak punya pengalaman apalagi skill tetapi ingin berbisnis. Kalau kamu jeli, lihat di sekitar kamu apa yang bisa dilakukan? Adakah kesulitan atau keterbatasan dalam kehidupan sehari-hari? Kalau ada, hal itu bisa kamu jadikan peluang bisnis online.

Angelinda Fransisca, pemilik The Bath Box mengawali bisnisnya dari kesulitan mencari sabun mandi. Pasalnya, kondisi kulitnya sensitif dan tidak bisa menggunakan sabun yang dijual di luar sana. Kala itu, ia menjual skincare impor dan banyak pelanggannya yang bilang tidak cocok. Berawal dari hal tersebut, Angelinda mempelajari bahan baku personal care dan melihat peluang usaha. Ia dan rekannya membuat The Bath Box dan menjualnya secara online. Sekarang ia sukses meraup untung besar lewat peluang bisnis online yang diciptakannya.

Bisnis yang Sedang Tren

Sambal berlevel, bubble tea, ayam geprek, kopi susu kekinian, dan brown sugar boba adalah produk yang sempat dan masih tren hingga saat ini. Produk tersebut mampu mendatangkan untung yang cukup besar, bahkan bisa membuat antrean ojek online mengular. Itu baru pesanan online, belum lagi pelanggan yang datang langsung ke gerai.

Pilihan bisnis yang sedang tren ini bisa kamu mulai dengan membuka gerai sendiri dari awal atau membeli franchise brand yang sudah terkenal. Tapi ingat, tren bisa meredup, begitu pula bisnis. Jadi kamu harus punya strategi agar bisnis tetap eksis. Perhatikan kualitas, inovasi, sampai pelayanannya.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis yang dilakukan dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa merchant atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

Nah, bagi kamu yang suka berinteraksi dengan orang lain dan punya sedikit keahlian menjadi seorang sales, pekerjaan ini bisa menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu memasarkan produk dari perusahaan tersebut, dan kamu akan mendapatkan imbalan dari setiap produk yang kamu jual.

Software Developer

Ini adalah peluang bisnis online yang cocok untuk software developer. Saat ini banyak perusahaan teknologi yang memburu ahli di bidang teknologi dan informatika. Seperti software developeranalisis sistem, teknisi softwaresecurity specialist, dan lainnya. Selain bekerja kantoran, kamu bisa berkolaborasi dengan teman-temanmu untuk membuat website perusahaan atau software per proyek untuk lembaga atau institusi atau perusahaan. Kamu dan teman-teman tidak perlu ngantor, karena pekerjaan bisa dilakukan di rumah dan hanya memerlukan internet.

Menjual Jasa Konsultasi

Salah satu peluang usaha yang bisa membantu kamu mendapatkan uang dengan mudah adalah menjadi seorang konsultan. Saat ini banyak orang yang membutuhkan konsultasi untuk segala masalah, mulai dari masalah keuangan, psikolog, bisnis, dan sebagainya. Dengan menjadi seorang konsultan, kamu bisa mengasah kemampuan dan skill yang kamu miliki, sekaligus membantu pengusaha atau orang lainnya keluar dari masalah yang saat ini mereka hadapi.

Menjadi Influencer

Sering menghabiskan banyak waktu untuk scrolling melalui social media dan menjadi pengguna internet aktif? Atau sering mengecek postingan yang sedang tren? Kamu bisa mencoba peluang bisnis yang memiliki keuntungan besar seperti menjadi seorang influencer.

Influencer adalah orang yang aktif di media sosial, khususnya Intagram dan memiliki jumlah pengikut atau followers yang cukup banyak dan memiliki pengaruh kuat bagi followers mereka. Umumnya, seorang influencer adalah artis, selebgram, atau youtuber.

Dengan bermodalkan followers yang banyak, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah. Bagaimana cara kerjanya? Biasanya seorang marketing dari perusahaan membutuhkan jasa influencer untuk mempromosikan produknya melalui social media, mereka akan mencari influencer yang sesuai dengan target audience produk tersebut.

Nah, tugas kamu sebagai influencer adalah mempromosikan produk tersebut dan membantu interaksi produk tersebut. Ini sesuai dengan goal perusahaan tersebut. Untuk kontennya sendiri, biasanya perusahaan akan memberikan kamu brief, dan kamu hanya perlu melakukan sesi foto dan menceritakan pengalaman kamu dengan produk tersebut.

Membuat Website

Bisnis online apapun pasti membutuhkan website sebagai tempat landing yang membantu bisnis untuk memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang mereka jual. Nah, ini adalah salah satu peluang bisnis yang cocok buat kamu yang suka melakukan coding dan memiliki pengalaman sebagai programming.

Untuk harganya pun biasanya berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan dari website itu sendiri. Akan lebih mahal jika di dalam website tersebut juga memiliki sistem untuk melakukan transaksi jual beli.

Tutor atau Guru Online

Punya banyak ilmu dan hobi belajar? Kini kamu bisa memulai bisnis melalui internet dengan menjadi seorang tutor. Kini, menjadi seorang guru tidak harus datang ke tempat les, kamu bisa menjadi guru les atau tutor kapan dan di mana saja melalui online, misalnya Ruang Guru.

Kamu hanya perlu membuat konten video atau audio. Umumnya, konten tersebut berupa ilmu-ilmu yang tengah banyak dibutuhkan. Ini akan sangat berguna dan banyak dicari, terutama bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kelas kursus.

Selain itu, kamu juga bisa membuka ebook sebagai bahan pembelajaran yang mempermudah kamu dalam memberikan materi melalui internet. Ebook inilah yang juga bisa memberikan kamu sedikit tambahan pendapatan. Bagaimana? Menarik bukan belajar bisa menghasilkan uang?

Menjual Produk yang Sedang Tren

Jenis bisnis online selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah menjual produk yang saat ini sedang tren dan digemari oleh banyak orang. Bagaimana caranya kamu bisa mengetahui produk apa yang sedang digemari? Kamu bisa mulai dengan menanyakan ini kepada orang sekitar atau cobalah membaca melalui internet, apa yang sedang banyak dibicarakan oleh banyak orang.

Setelah mengetahu produk dengan benar-benar, kamu bisa mulai menjual produk tersebut melalui toko online. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari membuat website sendiri untuk melakukan jual beli produk tersebut atau bisa juga kamu mendaftar di situs ecommerce pilihan untuk melakukan transaksi jual beli, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Jika kamu tidak memiliki produk sendiri, kamu juga tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan menjadi seorang dropshipper atau reseller. Hanya bermodalkan handphone/laptop, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini dan meraih keuntungan yang cukup besar.

Banyak hal di sekitarmu yang bisa menjadi peluang bisnis online. Semua keputusan ada di tanganmu, mau menciptakan peluang atau hanya menunggu peluang datang. Ketika kamu sudah mennetukan untuk memulai bisnis apa, hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana kamu menjualnya.

Tidak perlu bingung dan khawatir, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah tersedia. Mulai dari ecommerce sebagai media jual beli, WhatsApp business untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan kapan dan di mana saja, instagram untuk mempromosikan produk yang kamu jual, dan masih banyak lagi.

Jadi, mulai sekarang juga untuk berbisnis dan dapatkan keuntungan maksimal dengan menjual beli barang melalui online, kapan dan di mana saja!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait