Tips Memaksimalkan WhatsApp Bisnis Buat Usaha Sampingan

Tips Memaksimalkan Whatsapp Bisnis Buat Usaha Sampingan

Punya usaha sampingan tapi kamu juga kerja kantoran? Tenang. Ada WA Bisnis yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan usaha secara online.

Manfaatkan makin maraknya pengguna media sosial dan fitur dari WhatsApp messenger. Aplikasi yang biasa kita sebut WA ini merupakan salah satu sarana berkomunikasi simpel nan powerful. Dengan WA, kamu dan orang-orang terdekat bisa ngobrol, saling berkabar, kirim gambar hingga file, dengan cepat.

Seiring perkembangan dunia usaha dan teknologi, WA menjadi wadah memperkenalkan usaha oleh entrepreneur. Aplikasi rintisan Brian Acton dan Jan Koum akhirnya menelurkan “WhatsApp Business” atau WA Bisnis. WA Bisnis sangat membantu entrepreneur untuk mengelola usaha mereka.

Buat yang masih berstatus seorang pekerja, kamu tetap bisa menjalankan usaha sampingan. Memang, perlu waktu dan tenaga ekstra. Tetapi kalau mampu, kenapa tidak dilakukan? Di bawah ini ada lima tip memaksimalkan usaha sampingan sembari bekerja.

Manfaatkan media sosial

Kini semua brand menggunakan media sosial sebagai sarana mengenalkan produk atau jasa mereka. Mereka tak sekadar mengunggah foto produk atau jasa di media sosial. Tetapi ada beragam fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui pasar.

Hal itu cocok untuk buat bisnis rintisan yang kamu jalankan. Sepertifitur social media story (Instagram, Facebook), polling, info produk, sampai komunikasi antar pembeli dan penjual melalui kotak pesan. Jadi jangan khawatir kalau kamu tidak bisa membalas pesan calon pembeli dengan cepat. Jika tertarik, mereka akan meninggalkan komentar atau mengirim pesan lewat kotak pesan.

WA Bisnis

Manfaatkan WA Bisnis. Di dalam WA Bisnis terdapat beragam fitur, sehingga calon pembeli mendapatkan informasi soal produk. Untuk memiliki fitur tersebut, kamu cukup mengunduh WhatsApp Business (WA bisnis) di Play Store atau App Store.

Aplikasi ini memiliki logo yang hampir mirip dengan pendahulunya, hanya saja logo versi bisnis memiliki inisial huruf B. Ikuti petunjuk untuk membuat akun. Setelah akun terverifikasi, kamu bisa membuat pesan secara otomatis kepada calon pembeli.

Gunakan fitur Away Message (pesan buat konsumen ketika kamu tidak online atau libur atau informasi terkini tentang produk), Greeting Message, atau Quick Replies (jawaban cepat berdasarkan kata kunci yang muncul dari pembeli). Dengan fitur itu, kamu lebih menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan calon pembeli.

Paid promote

Selain media sosial dan WA Bisnis, kamu bisa mengambil layanan paid promote. Ini adalah layanan promosi berbayar yang disediakan oleh media sosial. Selama kamu punya anggaran promosi, gunakan buat iklan atau promosi di media sosial.

Modal Rp100.000 saja sudah bisa beberapa kali promosi produk sesuai target market. Alternatif lainnya adalah meng-endorse selebgram/influencer/figur publik, asal biaya promosi mencukupi.

Testimoni pelanggan

Kalau tidak ada biaya promosi, kamu bisa mengoptimalkan testimoni pelanggan. Seperti highlight atau unggah testimoni pelanggan tentang keberhasilan produk atau cerita bagaimana pelanggan mendapatkan produk, produk yang dibeli untuk kado ulang tahun sahabat. Atau ceritakan ketika kamu melakukan mengganti produk rusak karena kesalahan pengiriman.

Membantu pelanggan

Bagaimana pun pelanggan adalah raja. Layanan yang memanjakan mereka adalah suatu keharusan. Ketika membuka usaha, kamu tak hanya jual beli produk atau jasa. Kamu juga membuat jasa konsultan.

Seperti menjawab pertanyaan dengan sabar di media sosial, merekomendasikan produk sesuai keinginan, atau menginformasikan produk lewat WA Bisnis.

Tidak mudah membuat pelanggan percaya, apalagi kepada sebuah usaha yang baru, kan? Tetapi bantuan kamu kepada pelanggan bisa menciptakan word of mouth. Hal itu yang membedakan brand kamu dengan brand lain. Kalau pelanggan puas, kamu juga yang memetik hasilnya. Dan bukan tidak mungkin, beberapa tip di atas akan memaksimalkan usaha sampingan yang kamu miliki. Bahkan kamu bisa memiliki dua penghasilan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait