5 Pertanyaan yang Perlu Anda Tanyakan kepada Penasihat Keuangan Anda

test alt text
Menggunakan penasihat keuangan adalah ide baik jika Anda tidak yakin bagaimana mengelola portofolio Anda atau tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan uang dalam jumlah besar yang tiba-tiba Anda dapatkan baik itu dari warisan atau lotre. Namun, tidak semua penasihat keuangan sama, dan beberapa mungkin mencoba untuk melapisi kantong mereka sendiri dengan penjualan produk berbasis komisi daripada memberi Anda nasihat terbaik untuk investasi dan pensiun Anda.
Bergantung pada seberapa kompleksnya kebutuhan investasi Anda, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan perencana keuangan atau mengandalkan platform investasi online untuk mengotomatisasi investasi Anda.
Mungkin sebelum Anda mulai bertanya kepada penasihat keuangan Anda, Anda harus menjawab pertanyaan berikut: Apakah Anda benar-benar membutuhkan perencana keuangan? Jika jawabannya adalah iya, Anda bisa mulai mengikuti daftar pertanyaan berikut.
# Bagaimana Penasihat Keuangan Anda Berinvestasi?
Anehnya, sangat sedikit individu yang akan mengajukan pertanyaan tentang penasihat mereka ini. Namun, ini dapat memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang bagaimana mereka mengelola portofolio Anda dibandingkan dengan mereka sendiri. Tentu saja, Anda tidak dapat mengharapkan penasihat Anda merilis portofolio pribadinya kepada Anda, tetapi jika dia bersedia berbagi strategi pribadinya untuk memastikan keberhasilan, maka mereka mungkin menerapkan strategi yang sama untuk portofolio Anda.
Anda juga dapat meminta penjelasan tentang strategi dan filosofi investasi. Jika Anda memiliki preferensi yang kuat untuk filosofi tertentu, tanyakan pada penasihatnya apa filosofi nya. Misalnya, jika Anda lebih suka membeli saham-saham murah atau saham yang kapitalisasinya besar.
# Berapa Banyak Biaya yang Penasihat Anda Tagih?
Adalah ide yang baik untuk mengetahui berapa biaya penasihat Anda sebelum Anda mulai menggunakan jasa mereka. Minta penasihat Anda untuk menjelaskan rincian biaya mereka dan apakah itu tergantung pada faktor-faktor tertentu. Misalnya, jika penasihat Anda menginvestasikan uang Anda, apakah ia akan mengambil bagian dari keuntungannya? Atau adakah biaya tetap untuk menyediakan layanan konsultasi?
Jika penasihat Anda tampaknya lebih tertarik untuk mendorong berbagai produk bahkan sebelum mencoba memahami apa yang Anda inginkan, itu adalah tanda bahaya. Penasihat keuangan yang baik selalu berusaha memahami apa yang Anda inginkan dan merekomendasikan produk yang sesuai dengan tujuan Anda.
Jika penasihat Anda dibayar biaya dan tidak mendapat komisi atas produk yang akan ia pilih, maka Anda dapat yakin mereka akan bertindak demi kepentingan terbaik Anda alih-alih hanya menjadi penjual. Ingatlah bahwa sebagian besar profesional mengenakan biaya 1% dari investasi yang dikelola setiap tahun dan investasi apa pun yang Anda lakukan melalui penasihat dapat mencakup komisi penjualan yang diatur dengan perusahaan dana.
Memperjelas tentang biaya ini sangat penting karena Anda harus nyaman saat membayarnya. Ini juga akan membantu Anda memahami dan menilai kinerja penasihat.
# Apa Kualifikasi Penasihat Anda?
Pelajari sertifikat apa yang dipegang penasihat Anda. Banyak perusahaan hanya akan meminta penasihat mereka untuk mengambil kursus minimal atau membayar biaya. Anda ingin menghindari penasihat ini. Sebaliknya, cari satu dari tiga penasihat ini: Certified Financial Planner (CFP), Chartered Financial Analyst (CFA) atau Certified Public Accountant (CPA).
# Apa Jenis Klien Yang Biasa Anda Tangani?
Memilih penasihat yang memiliki setidaknya pengalaman berurusan dengan klien yang memiliki profil yang mirip dengan Anda minimal selama satu dekade juga merupakan hal yang baik. Anda juga ingin penasihat Anda memiliki catatan bersih, yang berarti mereka tidak memiliki masalah dengan regulator atau hukum.
Dalam hal ini, Anda mungkin juga ingin bertanya tentang keahlian penasihat dan berapa banyak klien yang mereka terima setiap tahun. Ini akan membantu Anda merasakan segmen pasar yang menjadi fokus penasihat jika ada dan luasnya nasihat investasi yang mereka tawarkan.
# Apa Ruang Lingkup Pekerjaan Penasihat Anda?
Apakah perencana keuangan Anda akan hanya memberi Anda rencana atau akankah ia akan membantu Anda menerapkannya juga? Penasihat Anda idealnya harus menjelaskan strategi dan pendekatan yang memaparkan investasi Anda. Jika mereka hanya memberikan nasihat, maka mereka harus menjelaskan mengapa mereka merasa bahwa strategi mereka efektif. Penasihat Anda harus, idealnya, mendidik Anda tentang mengambil keputusan keuangan yang lebih baik.
Anda tidak akan memilih sembarang orang untuk mengawasi anak-anak Anda, terutama tanpa terlebih dahulu mewawancarai mereka dan memeriksa latar belakang mereka. Karenanya, Anda tidak boleh mempercayai uang Anda atau tabungan pensiun Anda begitu saja. Seorang penasihat adalah orang kepercayaan yang harus mengutamakan kepentingan Anda. Jadi, penting bagi penasihat Anda untuk memahami situasi keuangan Anda saat ini dan tujuan masa depan Anda dengan baik. Jangan takut untuk bertanya dan melakukan riset. Ini bisa menentukan investasi Anda dalam jangka panjang.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com