Ini Dia Tipe Mitra Bisnis yang Perlu Kamu Pertimbangkan

tipe mitra bisnis
tipe mitra bisnis

Penting untuk tahu bagaimana dan apa saja tipe mitra bisnis yang baik untuk menjalin kerja sama. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan mengulasnya dalam paparan berikut ini.

Dalam dunia bisnis, mitra jadi salah satu faktor penentu kesuksesan dan keberhasilan kamu dalam berbisnis. Oleh karena itu menjalin kerja sama atau kemitraan sangat penting, karena dapat membawa angin segar bagi perkembangan usaha kamu dan penyelamat kondisi dari bisnis kamu.

Kemitraan bisnis ini bisa membawa kamu pada kejayaan dan juga bencana dalam bisnis. Idealnya, mereka yang menjalin kemitraan dengan kamu akan memberikan sumbangsihnya lewat beragam pengetahuan, keterampilan yang dimiliki untuk melengkapi kekurangan yang tidak bisa dicapai seorang diri.

Akan tetapi tidak semua mitra bisa sejalan satu misi dan visi yang berujung pada situasi konflik dan kehancuran. Banyak dari perusahaan terkenal pun dibangun melalui karena kerja sama 2 sampai 3 orang.

Selain itu tak sedikit pula perusahaan startup mengalami kegagalan akibat konflik yang terjadi diantara para pendirinya (co-founder). Keberhasilan dari kerja sama tim biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki pengalaman kerja sama sama di masa lalu.

Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan atau dasar pemikiran untuk memilih mitra bisnis. Pengalaman di lapangan justru berbeda dari hanya sekedar teori.

Tipe Mitra Bisnis yang Bisa Membawa Kesuksesan

Ada beberapa tipe mitra bisnis yang sebaiknya kamu ketahui, karena ini bisa jadi kunci untuk kemajuan bisnis kamu.

Trust atau Kepercayaan

Dalam mencari mitra bisnis, hal yang paling utama adalah kepercayaan. kamu perlu menanyakan pada diri sendiri, apakah orang tersebut bisa dipercayai dalam menjalin hubungan kerja sama bisnis? Jika tidak atau ragu-ragu, sebaiknya pikirkan kembali atau mencari tipe mitra bisnis lainnya.

Teman Baik

Boleh-boleh saja kamu menjalin kemitraan bisnis atas dasar persahabatan dengan teman baik kamu. Namun, pastikan kamu dan teman kamu memiliki tujuan, nilai, serta tanggung jawab yang searah. Jangan hanya mengambil keputusan dari asumsi bahwa kamu berteman dengan orang itu sudah sejak lama. Perhatikan bagaimana kehidupan pribadinya dalam bekerja.

Biasanya bisnis yang dibangun dari persahabatan punya tantangan terbesar, yakni muncul konflik karena masalah pribadi diantara kalian. Jika ingin benar-benar menjalin kerja sama bisnis yang maju, bersikaplah secara profesional. Kesampingan masalah ego dan pribadi masing-masing.

Memiliki Pengalaman yang Baik di Bidangnya

Cari mitra yang punya pengalaman baik dalam bekerja sama di tempat ia bekerja. kamu perlu mencari tahu apakah orang tersebut seorang yang bisa diandalkan dalam tim dan bagaimana reaksinya saat berada dalam tekanan yang sulit.

Apabila kamu belum berpengalaman dalam memilih mitra bisnis, bisa lakukan uji coba berjangka sebelum menentukan layak atau tidaknya orang tersebut untuk serius dalam menjalin kemitraan.

Saling Melengkapi dan Mengisi

Pilih mitra yang memiliki keahlian dan kemampuan yang berbeda dengan kamu. Hal ini untuk melengkapi dan mengisi keterampilan yang tidak bisa kamu lakukan.

Jika kamu punya kepandaian dalam penjualan, maka cari partner yang mampu mengeksekusi di tingkat operasionalnya. Dengan begitu akan lebih memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Kerja sama kamu dengan mitra pastinya akan saling menguntungkan.

Punya Tanggung Jawab yang Sama

kamu dan mitra harus sepakat apa yang menjadi tanggung jawab di perusahaan. Apabila satu orang berusaha untuk mengambil alih semua, atau memiliki tanggung jawab lebih sedikit. Maka bisa dipastikan kemitraan kamu tidak akan awet.

Perihal Uang

Uang selalu jadi masalah sensitif bagi siapapun, terutama dalam berbisnis. Oleh karena itu, diskusikan sedari awal dengan mitra kamu, bagaimana dana yang telah dikumpulkan akan dipakai dan didistribusikan. Selain itu berusahalah untuk selalu transparan satu sama lain. Karena kamu dan mitra pastinya harus tahu kemana saja dana itu mengalir.

Pertimbangan dalam Mencari Tipe Mitra Bisnis

Sangat penting bagi kamu untuk bisa memahami mitra yang bisa mendatangkan resiko dalam berbisnis. Untuk itu ada beberapa strategi yang jadi pertimbangan kamu dalam mencari partner bisnis.

Kekuatan Bersama

Jika bisnis ingin besar pastinya tidak bisa dijalankan seorang diri, kamu perlu mitra. Maka dari itu, di dalam profil perusahaan besar akan terdapat founder dan co-founder. Apabila perusahaan dijalankan oleh satu orang, akan terkendala ide yang terbatas. Jika dalam satu perusahaan memiliki lebih dari dua orang pendiri, beresiko terjadi konflik dan perselisihan sehingga memperlambat kinerja perusahaan.

Idealnya, perusahaan sebaiknya dipimpin oleh dua orang saja untuk mendukung keputusan lebih bulat. Di samping itu, adanya founder dan co-founder membuat langkah perusahaan lebih seimbang.

Mampu Berbagi Nilai

Suatu jalinan kemitraan yang sukses adalah mampu untuk saling sepakat tentang standar yang ditetapkan, serta apa yang menjadi hal baik dan buruknya. Nilai-nilai tersebut akan menjadi panduan dalam tindakan, penilaian, dan membentuk karakter pribadi, serta profesionalisme dalam bekerja. Dengan begitu mereka akan membawa emosional yang kuat sebagai mitra.

Nilai-nilai yang selaras bisa ditunjukkan dalam berbagi komitmen kepada keluarga, ambisi, etos kerja, kemakmuran, hingga persuasi politik. Maka, dalam kondisi apapun mereka akan tetap bersatu dan membuat keputusan bersama-sama.

Memiliki Motivasi yang Sama

Setiap tipe mitra bisnis punya karakter yang berbeda dalam membangun suatu motivasi berbisnisnya. Pastikan partner kamu memiliki motivasi bisnis yang searah sehingga perusahaan dapat berjalan lebih baik. Membangun visi dan misi yang sama sangat penting untuk saling menguatkan dalam menggapai cita-cita perusahaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait